Sukses

Viral, Video Ijab Kabul Salah Baca Kalimat Ini Bikin Geleng Kepala

Liputan6.com, Jakarta Sebelum menjadi pasangan suami istri yang sah, di agama Islam tentu pasangan pengantin harus dinikahkan oleh penghulu dan disaksikan oleh beberapa saksi. Dalam momen ini pengantin pria pun akan mengucapkan kalimat ijab kabul di depan penghulu.

Namun terkadang, mengucapkan kalimat untuk ijab kabul ini tidak mudah bagi setiap pengantin pria. Pasalnya, para mempelai pria sering kali merasa gugup, akibatnya kalimat ijab kabul bisa lupa dan bahkan salah.

Seperti yang terjadi pada pengantin pria yang video viral di media sosial TikTok. Video ini diunggah oleh akun TikTok @sjgilrz.1709. Pengantin pria yang mengenakan busana serba putih ini pun salah ucap kalimat ijab kabul dan malah membaca doa lain.

Berikut ulasan video ijab kabul salah baca kalimat yang Liputan6.com kutip dari TikTok @sjgilrz.1709, Jumat (8/1/2021).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Salah ucap kalimat ijab kabul dengan doa Idul Fitri

@sjgirlz.1709

#fyp #kalonggesrek

♬ original sound - KGF🦇SJ GIRLZ - KGF🦇SJ GIRLZ

Dalam momen ijab kabul di depan penghulu dan para saksi, tentu yang dirasakan pengantin pria adalah perasaan campur aduk antara bahagia dan gugup. Dalam momen ini pun tidak boleh salah sampai tiga kali agar pernikahan ini sah. Maka dari itu terkadang setiap penghulu pun mempersiapkan contekan sebelum memulainya.

Namun yang terjadi pada pengantin pria ini saat hendak menjawab kalimat ijab kabul, ia pun malah salah ucap kalimat doa Idul Fitri. Sontak penghulu dan saksi pun kaget dan tertawa. Lalu terlihat orang di belakang penghulu pun memberikan secarik kertas contekan.

3 dari 3 halaman

Komentar netizen

Dalam video tersebut, penghulu menikahkan pasangan tersebut menggunakan Bahasa Arab. Ada pula Bahasa Indonesia yang lebih mudah namun ada beberapa pengantin pria tetap memilih Bahasa Arab.

Kemungkinan karena gugup, pengantin ini pun malah salah saat jawab kalimat ijab kabul dengan doa Idul Fitri. Banyak netizen pun membanjiri komentar pada video tersebut.

"lagian ngapain pakek bhasa Arab segala..kan gak semua orang bisa bhsa Arab..kasihan kan jadi maluu" tulis akun purwati8633

"kasihan jangan sampe sala 3 X lho. ggl nikah tu nnti" tulis akun UTIX NEVVA

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.