Sukses

12 Gambar Animasi Keren, Pahami Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Berpikir bahwa gambar animasi keren mirip dengan kartun, tidak ada salahnya meskipun kurang tepat. Animasi berasal dari kata “anima” yang artinya hidup atau nyawa.

Sementara kartun identik dengan sesuatu yang lucu dan bisa dikaitkan dengan animasi. Gambar animasi keren tipe kartun biasa jadikan film untuk dinikmati dalam sinema dan acara televisi.

Ada dua bentuk gambar animasi keren yang selama ini kerap digunakan, yakni model 2 dimensi (2D) dan 3 dimensi (3D). Untuk jenis-jenis animasi sendiri ada banyak dan karakternya sangat beragam.

Berikut Liputan6.com ulas gambar animasi keren, pengertian, dan jenis-jenisnya dari berbagai sumber, Jumat (8/1/2021).

2 dari 6 halaman

Gambar Animasi Keren

The Making of Animation, 2004 mengatakan bahwa animasi diambil dari bahasa latin, “anima” yang artinya jiwa, hidup, nyawa,dan semangat. Animasi adalah gambar 2 dimensi yang seolah-olah bergerak, karena kemampuan otak untuk selalu menyimpan/mengingat gambar sebelumnya.

Maestri & Adindha, 2006 mengatakan animasi dijelaskan sebagai seni dasar dalam mempelajari gerak suatu objek, gerakan merupakan pondasi utama agar suatu karakter terlihat nyata. Gerakan memiliki hubungan yang erat dalam pengaturan waktu dalam animasi.

Adinda & Adjie, 2011 mengatakan bawah animasi merupakan serangkaian gambar gerak cepat yang countine atau terus-menerus yang memiliki hubungan satu dengan lainnya. Animasi yang awalnya hanya beruapa rangkaian dari potongan-potongan gambar yang digerakkan sehingga terlihat hidup.

3 dari 6 halaman

Gambar Animasi Keren

Jenis-jenis animasi ada animasi 2D. Animasi 2D biasa disebut dengan film kartun. Kartun berasal dari kata cartoon yang artinya gambar yang lucu. Dan film kartun ini kebanyakan film yang lucu.

Ada beberapa contoh film kartun lucu yang tayang di televisi maupun bioskop. Misalnya: Shincan, Looney Tunes, Pink Panther, Tom and Jerry, Scooby Doo, dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis animasi berdasarkan karakternya ada stop motion animation. Animasi ini juga dikenali sebagai claymation kerana animasi ini menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek yang di gerakkan.

Teknik pembuatan jenis animasi ini pertama kali di perkenalkan oleh Stuart Blakton pada tahun 1906. Teknik ini seringkali digunakan dalam menghasilkan visual effect bagi film-film era tahun 50an dan 60an. 

4 dari 6 halaman

Gambar Animasi Keren

Jenis-jenis animasi ada animasi 3D. Berkat perkembangan teknologi dan komputer, membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang dan maju pesat. Animasi 3D merupakan pengembangan dari animasi 2D.

Animasi 3D memiliki karakter yang memperlihatkan hasilnya semakin hidup dan nyata, mendektai wujud manusia aslinya. Semenjak muncuknya Toy Story buatan Disney (Pixar Studio), maka berlomba¬lombalah studio film dunia memproduksi film sejenis.

Ada jenis film animasi 3D lainnya yang populer seperti Bugs Life, AntZ, Dinosaurs, Final Fantasy, Toy Story 2, Monster Inc., Finding Nemi, dan masih banyak lagi. Beberapa film animasi 3D tersebut biasa disebut dengan animasi 3D atu Computer Generated Imagery (CGI).

Jenis-jenis animasi berdasarkan karakternya ada animasi Jepang (anime). Anime merupakan sebutan untuk film animasi di Jepang. Anime memiliki karakter yang berbeda dibandingkan dengan animasi buatan Eropa.

Salah satu film animasi terkenal adalah Final Fantasu Advent Children dan Jepang sudah banyak memproduksi anime. Berbeda dengan animasi Amerika, anime Jepang tidak semua diperuntukkan untuk anak-anak, bahkan ada yang khusus orang dewasa.

5 dari 6 halaman

Gambar Animasi Keren

Jenis animasi karakter biasanya digunakan dalam film kartun berbasis 3 dimensi. Oleh karena itu, ada juga yang menyebutnya sebagai animasi 3D. Pada animasi ini setiap karakter memiliki ciri dan gerakan yang berbeda, tetapi bergerak secara bersamaan.

Pada proses pengerjaannya, animasi jenis ini sangat mengandalkan komputer. Hanya pada permulaan saja menggunakan teknik manual, yaitu pada saat pembuatan sketsa model atau model patung yang nantinya di-scan dengan scanner biasa atau 3D Scanner.

Jenis animasi path adalah animasi dari objek yang gerakannya mengikuti garis lintasan yang sudah ditentukan. Contoh animasi jenis ini adalah animasi kereta api yang bergerak mengikuti lintasan rel.

Biasanya dalam animasi path diberi perulangan animasi, sehingga animasi terus berulang hingga mencapai kondisi tertentu. Dalam Macromedia Flash, animasi jenis ini didapatkan dengan teknik animasi path, teknik ini menggunakan layer tersendiri yang didefinisikan sebagai lintasan gerakan objek.

6 dari 6 halaman

Gambar Animasi Keren

Metode animasi sprite menjadikan objek “sprite” dapat bergerak secara individual, dimana objek yang lainnya hanya sebagai latar belakang yang  tidak bergerak. 

Prosesnya adalah mebuat gambar sprite dengan latar belakang warna hitam, lalu dibuat juga sprite yang sama tetapi berwarna hitam dan latar belakangnya adalah warna tertinggi. 

Kemudian ditempatkan dengan pertama-tama menyimpan background yang akan ditimpa oleh sprite dan ditempatkan sprite dengan Xor dan ditimpa dengan warna tertinggi secara Xor. 

Animasi frame merupakan animasi yang paling sederhana, dimana animasinya didapatkan melalui rangkaian gambar yang bergantian ditunjukan. Pergantian gambar ini diukur dalam satuan frame per second atau fps.

Contoh animasi ini adalah ketika kita membuat rangkaian gambar yang berbeda pada tepian sebuah buku, kemudian kita buka buku tersebut sedemikian rupa menggunakan jempol, maka gambar akan terlihat bergerak.

Animasi clay dibuat dengan menggerakkan objek atau model dari boneka ataupun bahan elastis yang terbuat dari clay atau tanah liat atau tanah liat sintetis.

Lalu obyek digerakkan sedikit demi sedikit dan kemudian diambil gambarnya satu per satu. Setelah diedit dan disusun, akan memberikan efek seolah-olah boneka atau model tersebut bergerak.