Sukses

6 Manfaat Sari Kacang Hijau dan Cara Membuatnya

Liputan6.com, Jakarta Mungkin manfaat sari kacang hijau belum banyak diketahui banyak orang. Dengan rasa yang nikmat dan segar membuat sari Kacang Hijau menjadi pilihan masyarakat Tanah Air. Bahan baku utama dari minuman sari kacang hijau sudah tentu dihasilkan dari ekstrak kacang hijau.

Manfaat sari kacang hijau sendiri bersal dari kandungan protein tinggi dan bermutu. Di beberapa negara, sari kacang hijau juga biasa disebut dengan susu kacang hijau karena memang didapatkan dari proses yang sama dengan pembuatan susu kacang-kacangan jenis lainnya, seperti susu kedelai.

Jenis kacang hijau termasuk ke dalam kacang-kacangan yang dikenal sangat tinggi akan kandungan protein. Di dalam kacang hijau terdapat berbagai kandungan asam amino esensial, asam folat, dan serat yang juga dikenal sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian bagi tubuh.

Selain itu, cara membuat minuman sari kacang hijau tersebut juga terbilang mudah dan murah. Bahan baku berupa kacang hijau bisa dengan mudah Anda dapatkan di pasar tradisional. Proses pembuatannya juga tidak rumit.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai manfaat sari kacang hijau yang baik bagi tubuh serta proses pembuatannya yang bisa Anda coba sendiri di rumah, Sabtu (9/1/2021).

2 dari 8 halaman

1. Menjaga Sistem Pencernaan

Manfaat sari kacang hijau yang pertama yaitu mampu menjaga sistem pencernaan. Manfaat sari kacang hijau ini tidak lain berasal dari kandungan serat yang terkandung dalam kacang hijau. Dengan asupan serat yang cukup, akan mebantu dalam menjaga sistem pencernaan agar tidak mengalami masalah serius.

Memiliki sistem pencernaan yang sehat adalah kunci dari metabolisme tubuh yang lancar serta terjaga. Apabila tubuh kekurangan asupan serat, maka pencernaan pastinya akan terganggu serta metabolisme tubuh juga akan semakin kacau.

Jenis kandungan serat yang ada di dalam adalah serat larut (pektin) yang bisa membantu kerja saluran cerna, sehingga sisa makanan yang Anda konsumsi tidak akan memiliki masalah sampai akhirnya tiba pada saluran pembuangan akhir.

3 dari 8 halaman

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat sari kacang hijau untuk kesehatan yang selanjutnya yaitu efektif dalam bantu turunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat di dalam tubuh. Kandungan kolesterol tinggi juga akan menyebabkan terjadinya penumpukan timbunan lemak di arteri sehingga akan mengganggu aliran darah menuju jantung serta otak yang bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

4 dari 8 halaman

3. Mencegah Diabetes

Manfaat sari kacang hijau yang juga dipercaya sangat ampuh untuk mencegah adanya penyakit diabetes. Konsumsi sari kacang hijau akan membantu tingkat kadar gula darah tetap rendah. Pasalnya, kadar gula darah yang terlalu tinggi menjadi salah satu penyebab diabetes.

Di dalam kacang hijau terdapat kandungan serat dan protein yang akan membantu memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah sehingga akan mencegah diabetes serta membantu penderita diabetes dalam mengontrol kadar gula darah.

Akan tetapi, perlu diingat jika Anda sudah menderita penyakit diabetes, ada baiknya untuk tidak menambahkan gula pada olahan sari kacang hijau yang Anda konsumsi.

5 dari 8 halaman

4. Mencegah Heat Stroke

Berikutnya, manfaat sari kacang hijau mampu mencegah kondisi heat stroke. Heat stroke sendiri adalah sebuah kondisi di mana tubuh mengalami kenaikan temperatur sangat tinggi akibat sengatan matahari disertai dengan timbulnya rasa haus yang berlebihan.

Cara pencegahannya, yaitu Anda dapat mengonsumsi sari kacang hijau yang akan berfungsi untuk menghidrasi tubuh supaya tidak mengalami serangan panas tersebut.

Manfaat sari kacang hijau tersebut tidak lain juga dipengaruhi kandungan antioksidan dalam kacang hijau yang berupa viteksin dan isoviteksin. Kedua jenis antioksidan ini sangat mampu melawan pengaruh radikal bebas yang bisa menyebabkan tubuh terserang heat stroke.

6 dari 8 halaman

5. Melindungi Kesehatan Janin

Adanya kandungan asam folat dalam sari kacang hijau juga sangat dibutuhkan karena dapat melindungi janin dari kerusakan saraf janin, mencegah kelahiran prematur, keguguran, dan berat badan lahir rendah. Satu cangkir kacang hijau sendiri mampu menyediakan sekitar 10 persen kebutuhan asam folat harian serta 6 persen zat besi.

7 dari 8 halaman

6. Mencegah Radikal Bebas

Selanjutnya, manfaat sari kacang hijau mampu mencegah radikal bebas. Di dalam sari kacang hijau terdapat beberapa jenis antioksidan, antara lain asam fenolik, flavonoid, asam kafeat, serta asam sinamat. Antioksidan akan membantu menetralkan radikal bebas dan molekul berbahaya.

Kandungan antioksidan di dalam kacang hijau juga akan menetralkan kerusakan sel yang diakibatkan radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab pertumbuhan kanker di sel paru-paru serta organ lambung.

8 dari 8 halaman

Cara Membuat Sari Kacang Hijau

Bahan:

- 150 gram kacang hijau

- 150 gram gula merah, sisir

- 1/2 ruas jahe, kupas kulitnya

- 250 gram gula pasir

- Garam secukupnya

- 4 liter air

 

Cara membuat sari kacang hijau:

1. Cuci bersih kacang hijau lalu rendam dengan air hingga pecah kira-kira selama 1 jam.

2. Rebus 2 liter air sampai mendidih, lalu masukkan rendaman kacang hijau dan tunggu sampai melunak.

3. Kemudian masukkan gula merah lalu aduk hingga gula larut. Matikan api dan tunggu hingga dingin.

4. Setelah dingin, saring kacang hijau dan sisihkan air rebusan kacang hijau dalam panci lain.

5. Blender kacang hijau dan tambah air, jahe serta gula pasir secukupnya.

6. Jika sudah selesai diblender saring dalam panci berisi rebusan air kacang hijau tadi.

7. Blender lagi ampas kacang hijau, tambah air serta gula. Ulangi langkah tadi hingga air serta gula habis.

8. Selain itu, bisa juga dengan merebus air sari kacang hijau, masukkan garam secukupnya lalu tunggu sampai mendidih.

9. Jika sudah mendidih, tuang air rebusan sari kacang hijau ke dalam gelas.

10. Konsumsi selagi hangat.