Sukses

10 Masker Alami untuk Kulit Berminyak, Ampuh Menyerap Minyak Berlebih

Liputan6.com, Jakarta Masalah kulit wajah berminyak memang sulit dihindarkan, apalagi saat cuaca terasa sangat terik dan bagi pemilik pori-pori wajah yang besar. Pada kondisi seperti ini, masker alami untuk kulit berminyak perlu dijadikan solusinya.

Masker alami untuk kulit berminyak yang dimaksudkan adalah bahan alami yang dapat mengecilkan pori-pori kulit, melembapkan, menyerap minyak, dan mengangkat sel kulit mati. Bahan alami ini ada banyak sekali macamnya dan mudah ditemukan di rumah.

Menggunakan masker alami untuk kulit berminyak ini menjadi penting karena pori-pori yang besar, merupakan penyebab utama kulit wajah berminyak. Agar masalah minyak di wajah bisa maksimal diatasi, perhatikan juga penunjang lainnya.

Untuk menghindari masalah kulit wajah berminyak, mulai perhatikan juga pola makan. Hindari produk olahan susu dan perbanyak konsumsi buah serta sayuran. Mulai kelola masalah stres dan gunakan kosmetik tipis saja agar tidak menghalangi keluarnya keringat dari pori-pori.

Berikut Liputan6.com ulas masker alami untuk kulit berminyak dari berbagai sumber, Senin (11/1/2021).

2 dari 6 halaman

Masker Alami untuk Kulit Berminyak

Mentimun

Mentimun dikenal memiliki kandungan mineral cukup tinggi. Kandungan ini dipercaya dapat membantu menyegarkan dan mencerahkan kulit. Hal inilah yang menjadikan mentimun bisa mengatasi minyak berlebih.

Caranya:

- Iris Mentimun segar tipis-tipis.

- Tempelkan pada bagain hidung yang berminyak.

- Diamkan selama 15 menit.

- Ulangi cara ini secara rutin setiap malam sebelum tidur untuk hasil maksimal.

Putih Telur

Putih Telur bisa diandalkan sebagai penyerap minyak berlebih di wajah. Putih telur dikenal memiliki kandungan protein cukup tinggi. Kandungan inilah yang bisa membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah. Sekaligus juga membantu mengecilkan pori-pori besar sebagai penyebab utamanya.

Caranya:

- Siapkan Putih Telur seperlunya pada mangkuk kecil.

- Tambahkan sedikit perasan jeruk nipis untuk mengurangi bau amis.

- Aduk hingga tercampur rata, baru oleskan pada bagian hidung secara merata.

- Diamkan hingga mengering, baru bilas dengan air hangat hingga bersih.

- Lakukan secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil optimal.

3 dari 6 halaman

Masker Alami untuk Kulit Berminyak

Almond

Selain bisa diandalkan untuk meregenerasi sel kulit mati, almond juga bisa diandalkan untuk menghilangkan minyak. Terutama minyak berlebih yang terdapat pada T zone. Cara menghilangkan minyak berlebih dengan almond terbilang cukup ampuh.

Caranya:

- Haluskan almond mentah hingga menjadi 3 sendok teh.

- Tambahkan 2 sendok makan madu mentah.

- Oleskan ke wajah dengan lembut dalam gerakan memutar.

- Biarkan masker selama 10-15 menit.

- Bilas dengan air hangat dan keringkan.

Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan epigallocatechin. Kandungan ini dipercaya mampu mengatasi kulit yang berminyak seperti hidung. Bahkan, ada kandungan polifenol yang juga bisa mengurangi produksi sebum dan mengobati jerawat.

Caranya:

- Ambil beberapa kantong teh hijau bekas.

- Simpan kantong teh di lemari es selama beberapa waktu.

- Oleskan isi kantong teh dingin pada hidung.

- Biarkan selama 20-30 menit sebelum dibilas.

4 dari 6 halaman

Masker Alami untuk Kulit Berminyak

Cuka Apel

Selain dikenal bisa mengobati jerawat yang membandel, cuka apel juga bisa digunakan untuk mengatasi minyak berlebih. Cara menghilangkan minyak berlebih di kulit dengan cuka apel juga aman. Iritasi juga lebih minim terjadi. Meski begitu, jangan berlebihan menggunakannya ya.

Caranya:

- Oleskan Cuka Apel pada hidung dengan menggunakan kapas wajah.

- Biarkan selama 15 menit, baru bilas wajah dengan air hingga bersih.

- Ulangi cara ini setiap hari saat malam sebelum tidur untuk hasil yang lebih cepat.

Lemon

Lemon bisa diandalkan untuk menyerap minyak berlebih di kulit wajah dengan mengecilkan pori-pori wajah. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan vitamin yang dimiliki lemon. Lemon juga bisa membantu mengatasi masalah jerawat.

Caranya:

- Peraskan air Lemon seperlunya pada mangkuk kecil.

- Oleskan air Lemon pada hidung yang berminyak dengan menggunakan kapas wajah.

- Biarkan hingga mengering selama beberapa menit.

- Jika sudah kering dan meresap, bilas dengan air hingga bersih.

- Lakukan cara ini secara teratur cukup 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang diinginkan.

5 dari 6 halaman

Masker Alami untuk Kulit Berminyak

Tomat

Tomat mengandung asam salisilat, yang merupakan solusi jerawat yang umum. Asam dalam tomat dapat membantu menyerap minyak kulit berlebih dan menutup atau mengecilkan pori-pori.

Asam salisilat yang terdapat dalam tomat bekerja sebagai exfoliant alami yang membantu menghilangkan racun, kotoran, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit.

Anda bisa menggunakan tomat untuk mengatasi kulit berminyak dengan menempelkan langsung potongan tomat pada kulit, menjadikannya masker, scrub, atau toner.

Oatmeal

Oatmeal dipercaya bisa membantu menenangkan kulit yang meradang dan menyerap minyak berlebih. Oatmeal juga membantu pengelupasan kulit mati. Oatmeal bisa dikombinasikan dengan yogurt, madu, atau buah yang dihaluskan seperti pisang, apel, atau pepaya.

Caranya:

- Campurkan 1/2 cangkir oatmeal dengan air panas untuk membentuk pasta.

- Campurkan 1 sendok makan madu.

- Pijatkan campuran oatmeal ke wajah selama sekitar tiga menit.

- Bilas dengan air hangat, dan keringkan.

6 dari 6 halaman

Masker Alami untuk Kulit Berminyak

Madu

Madu bisa digunakan untuk menghilangkan minyak berlebih di wajah. Berkat kemampuan antibakteri dan antiseptiknya, madu dapat mengatasi kulit berminyak dan rawan jerawat.

Madu juga merupakan humektan alami, sehingga membantu menjaga kulit tetap lembab tetapi tidak berminyak. Madu bertindak sebagai emolien alami. Madu dapat melembapkan kulit dan mengurangi sekresi minyak secara alami.

Caranya:

1. Siapkan 2-3 sendok teh madu mentah.

2. Cuci tangan sampai bersih, dan bersihkan wajah dari debu dan kotoran.

3. Gunakan ujung jari, pijatkan madu mentah ke wajah.

4. Biarkan selama 20-30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Bengkoang

Banyak sekali produk kecantikan yang mengandung bengkoang sebagai pemutih. Namun tidak hanya berguna sebagai pemutih, bengkoang juga merupakan efektif untuk menghilangkan minyak berlebih di wajah dengan mengecilkan pori-pori.

Hal ini dikarenakan bengkoang kaya akan vitamin B dan C yang sangat berperan penting bagi kesegaran wajah. Caranya mudah saja. Parut bengkoang lalu peras dengan menggunakan air. Gunakan sarinya sebagai masker wajah alami