Sukses

Tips Mengurangi Kebiasaan Lapar Mata, Kenali Penyebapnya

Liputan6.com, Jakarta Tips mengurangi kebiasaan lapar mata mungkin perlu diketahui oleh kamu yang sering mengalaminya. Lapar mata merupakan kebiasaan menginginkan sesuatu atau belanja barang hanya karena melihatnya. Jadi, lapar mata bukanlah lapar yang sesungguhnya.

Kebiasaan lapar mata ini bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan bila terlalu sering kamu alami. Keadaan di mana kamu tidak benar-benar sedang lapar, tapi hanya ingin mengunyah makanan ini memang tidak baik untuk kesehatan. 

Tips mengurangi kebiasaan lapar mata ini juga sangat perlu diketahui oleh kamu yang sedang menjalankan program diet. Bisa-bisa program diet yang kamu jalankan gagal jika kebiasaan lapar mata tidak dapat kamu atasi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (11/1/2021) tentang tips mengurangi kebiasaan lapar mata.

2 dari 4 halaman

Penyebab Lapar Mata

Sebelum mengenali tips mengurangi kebiasaan lapar mata, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Biasanya kondisi ini kerap kali muncul saat kamu sedang stres, adanya perubahan hormon dalam tubuh, atau saat kamu sedang melihat gambar makanan enak di internet.

Walaupun lapar mata bukanlah gangguan kesehatan yang dapat berakibat fatal, kamu perlu mengenali dampak serius yang dapat muncul pada kesehatan. Lapar mata lebih berkaitan dengan psikis emosi seseorang. Hal ini ditunjukkan dengan keinginan yang sekilas untuk mencoba suatu makanan, yang sebenarnya bukanlah lapar secara fisik atau lapar sebenarnya.

Lapar mata ini dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti, kenaikan berat badan. Jika kamu terus mengalaminya, hal ini bisa berkembang menjadi obesitas dan membahayakan tubuh. Selain itu lapar mata juga dapat menyebabkan kamu mengalami kenaikan gula darah.

Orang yang lapar mata biasanya akan memilih makanan tidak sehat, seperti junk food, kue atau dessert manis, bahkan snack kemasan. Ketika mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah banyak dan sering, bisa timbul kondisi resistensi insulin yang memicu terjadinya penyakit diabetes.

Makan berlebihan juga bisa menyebabkan metabolisme tubuh menurun. Akibatnya, kamu berisiko mengalami ketidakseimbangan elektrolit yang membuat tubuh gampang lelah dan sulit mencerna makanan. Ketika metabolisme tubuh tidak bekerja dengan baik, maka kamu juga berisiko mengalami gangguan pencernaan, seperti perut kembung, mag, atau sembelit.

3 dari 4 halaman

Tips Mengurangi Kebiasaan Lapar Mata

Minum banyak air putih. Seperti yang diketahui, sepertiga dari perut kamu adalah tempat untuk air. Sehingga, jangan lupa untuk minum 2-3 gelas air setelah makan. Sama halnya dengan saat mulai merasakan lapar lagi padahal belum waktunya makan. Minum air putih untuk menekan hasrat lapar mata setelah waktu makan akan sangat efektif.

Gunakan piring kecil. Selain itu, cara lain yang juga dianjurkan adalah memilih piring yang kecil untuk porsi yang lebih sedikit. Jadi, kamu masih memiliki ruang lebih dalam perut untuk camilan. Terutama, saat kamu benar-benar tidak bisa menahan lapar mata.

Istirahat. Saat sedang sendirian, rasanya hampa tanpa adanya makanan. Maka dari itu, untuk menghindari lapar mata saat sendirian, kamu bisa istirahat atau ngobrol dengan teman atau keluarga.

Jalan-jalan atau kegiatan lainnya. Kamu juga bisa mengalihkan kebiasaan lapar mata dengan aktivitas lain. Misalnya saja dengan jalan-jalan yang membantu menurunkan kalori. Dengan begitu kamu tidak punya waktu lagi untuk memikirkan makanan. Cari kegiatan lain yang bisa mengalihkan kamu dari lapar mata misalnya, seperti olahraga, menonton televisi, atau mendengarkan lagu.

Tidur. Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan tidur. Salah satunya untuk mengalihkan perhatian untuk ingin terus makan. Terutama saat malam hari dan jam sudah menunjukkan di atas jam 8 malam.

Jika rasa lapar mata tidak tertahankan, kamu bisa makan buah atau camilan sehat seperti kacang-kacangan.

4 dari 4 halaman

Tips Mengurangi Kebiasaan Lapar Mata dengan Pengaturan Makanan

Dilansir EPA, berikut beberapa cara yang dapat kamu ikuti untuk mengurangi kebiasaan lapar mata:

- Buat daftar makanan yang akan dimakan dalam satu hari. Dengan membuat daftar, maka pola makan jadi lebih teratur dan kebiasaan lapar mata jadi berkurang.

- Rencanakan menu makan yang akan kamu dikonsumsi selama satu minggu ke depan sebelum berbelanja ke pasar atau supermarket.

- Hanya masak makanan dengan bahan yang sudah dibeli dan sudah direncanakan sebelumnya.