Sukses

8 Background Power Point Lucu, Bikin Presentasi Makin Menarik

Background Power Point Lucu ini tentunya tetap bergaya sederhana, tidak terlalu penuh dengan gambar-gambar.

Liputan6.com, Jakarta Background Power Point lucu bisa kamu gunakan saat presentasi. Walaupun presentasi merupakan kegiatan yang cukup formal, hal ini mungkin bisa kamu gunakan jika pendengarnya adalah anak-anak atau remaja.

Background Power Point Lucu ini tentunya tetap bergaya sederhana, tidak terlalu penuh dengan gambar-gambar. Dengan begitu, materi dari presentasi yang kamu sampaikan tetap dapat dibaca dan disimak isinya. 

Terkadang background Power Point lucu bisa membuat pendengar salah fokus selama kamu presentasi. Oleh karena itu, jangan gunakan background yang terlalu mencolok. Gunakan background Power Point lucu yang tidak terlalu mencolok, tapi tetap menarik dan enak dipandang.

Kualitas gambar, warna, font, dan penempatan kata-kata sangat penting diperhatikan dalam membuat Power Point. Hal ini akan mendukung presentasi kamu agar semakin menarik dan disimak para pendengar. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (11/1/2021) tentang Background Power Point lucu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Background Power Point Lucu Simpel

1. Background Power Point lucu buku dan alat tulis ini simpel tapi tetap menarik.

2. Background Power Point lucu satu ini tentunya akan digemari oleh penggemar Star Wars.

3 dari 6 halaman

Background Power Point Lucu Tema Tumbuhan

3. Background Power Point lucu bertema kaktus ini bikin pikiran tenang saat melihatnya.

4. Background Power Point lucu bertema dedaunan hijau ini juga enak dipandang, cocok untuk membuat presentasi kamu terasa lebih adem.

5. Background Power Point lucu bertema dedaunan berwarna merah muda dan biru muda ini juga bikin nyaman saat melihatnya.

6. Background Power Point lucu bertema natal dengan salju dan pohon, dan hadiah-hadian ini juga bisa kamu gunakan untuk menambahkan suasana yang nyaman.

4 dari 6 halaman

Background Power Point Lucu Sederhana

7. Background Power Point lucu yang sederhana ini tetap enak dilihat karena warna-warna yang menghiasinya, membuat pendengar akan fokus dengan presentasi kamu.

8. Background Power Point lucu sederhana berupa alat-alat tulis dengan warna yang bikin tenang menjadi pilihan tepat saat presentasi.

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Presentasi yang Baik dan Menarik

Meminimalkan Jumlah Slide

Cara membuat presentasi yang baik dan menarik tentunya harus efektif dalam penyampaianya. Untuk mempertahankan pesan yang jelas dan membuat audiens tetap penuh perhatian dan tertarik, pertahankan jumlah slide dalam presentasi kamu seminimal mungkin. 

Penyampaian dan penjelasan yang kamu berikan menjadi faktor yang sangat penting dalam hal ini. Kemampuan menarik minat audiens dibutuhkan untuk membuat presentasi kamu berhasil memikat banyak orang.

Pilih Font yang Mudah Dibaca Audiens

Selanjutnya, kamu harus bisa memilih font yang mudah dibaca oleh audiens. Memilih gaya font yang tepat, seperti Helvetica atau Arial, membantu menyampaikan pesan yang kamu bawakan dalam presentasi.

Hindari font yang sempit, seperti Arial menyempit, dan menghindari font yang menyertakan tepi mewah, seperti kali. Kamu juga harus memperhatikan apakah font yang kamu pilih bisa dibaca dari jarak yang jauh.

Pilih Ukuran Font yang Dapat Dibaca Audiens dari Kejauhan

Sama seperti pemilihan font, ukuran font juga memiliki peranan yang sangat penting sebagai cara membuat presentasi yang baik. Memilih ukuran font yang tepat membantu menyampaikan pesan dari presentasi kamu.

Dirangkum dari Microsoft, kamu bisa berpatokan pada pengukuran berikut dalam menentukan ukuran font di layar komputer. Sebelumnya kamu harus mengaktifkan terlebih dahulu mode layar penuh pada tab tampilan, lalu dalam grup tampilan presentasi, klik peragaan slide.

- Huruf satu inci dapat dibaca dari 10 kaki.

- Huruf dua inci dapat dibaca dari 20 kaki.

- Huruf tiga inci dapat dibaca dari 30 kaki.

Pengukuran tersebut menunjukkan ukuran font pada layar komputer kamu, bukan saat diproyeksikan pada layar untuk audiens dalam mode layar penuh.

Membuat Teks Tetap Sederhana dengan Menggunakan Poin atau Kalimat Singkat

Cara membuat presentasi yang baik selanjutnya adalah membuat poin dan kalimat singkat saja. Gunakan poin atau kalimat singkat, dan cobalah untuk mempertahankan masing-masing satu baris artinya, tanpa kalimat-kalimat teks yang panjang.

Salah satu cara membuat presentasi yang baik ini bertujuan agar audiens mendengarkan kamu dalam menyampaikan informasi, dan tidak terlalu berfokus ke layar monitor. Kalimat yang panjang tentunya menganggu konsentrasi audiens dari mendengarkan kamu karena membaca kalimat di slide presentasi.

 

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Presentasi yang Baik dan Menarik

Menggunakan Grafik Dalam Membantu Menyampaikan Pesan Presentasi

Selanjutnya, kamu juga bisa memasukkan berbagai grafik art guna membantu menyampaikan presentasi. Cara membuat presentasi yang baik satu ini bisa digunakan grafik untuk membantu bercerita. Hal ini sangat baik untuk menarik minat audiens pada presentasi kamu.

Namun jangan membebani audiens dengan menambahkan terlalu banyak grafik ke slide. Hal ini tentunya membuat presentasi kamu menjadi membosankan.

Membuat Label untuk Bagan dan Grafik Agar Mudah Dimengerti

Selanjutnya, supaya presentasi kamu lebih mudah dimengerti, kamu bisa menggunakan teks yang cukup untuk membuat elemen label dalam bagan atau grafik dipahami. Dengan begitu, tidak hanya menarik, presentasi kamu juga akan lebih efektif tersampaikan kepada para audiens.

Membuat Latar Belakang Slide Tetap Halus dan Konsisten

Cara membuat presentasi yang baik selanjutnya adalah membuat latar belakang slide tetap halus dan konsisten. Hal ini dilakukan agar audiens lebih nyaman melihat presentasimu. Namun jangan pilih yang terlalu mencolok agar tidak mengaburkan pesan presentasimu.

Pilih templat yang menarik, konsisten, atau tema yang tidak terlalu menarik perhatian. Kamu tentunya tidak ingin latar belakang atau desain malah mengalihkan pesan presentasi.

Menggunakan Kontras Tinggi antara Warna Latar Belakang dan Warna Teks

Masih seputar warna dan latar belakang, kamu bisa menggunakan kontras tinggi antara warna latar belakang dan warna teks. Tema secara otomatis mengatur kontras antara latar belakang yang terang dengan teks berwarna gelap atau latar belakang gelap dengan teks berwarna terang. Hal ini sangat penting dalam cara membuat presentasi yang baik agar audiens tidak merasa terganggu saat melihat slide presentasi.

Memeriksa Ejaan dan Tata Bahasa

Selanjutnya, untuk mendapatkan dan mempertahankan rasa hormat dari audiens, selalu periksa ejaan dan tata bahasa dalam presentasi kamu. Hal ini kerap kali dianggap sepele, padahal adanya kesalahan kecil seperti ini sering sekali diperhatikan oleh audiens.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini