Sukses

8 Ciri-Ciri Kulit Wajah Sehat, Pahami Tips Mudah Memilikinya

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kulit wajah yang sehat adalah kunci kecantikan alami para wanita. Untuk itu, penting mengenali ciri-ciri kulit wajah sehat agar bisa lebih mudah memilikinya. Kulit wajah yang sehat akan memudahkan kulit menyerap berbagai nutrisi dari produk skincare yang digunakan.

Selain itu, penggunaan makeup bagi wanita menjadi lebih maksimal. Pemakaian pelembap, sunscreen, foundation, dan bedak dapat menempel dengan sempurna di kulit wajah yang sehat. Ciri-ciri kulit wajah sehat dapat diamati dari tekstur, warna, kelembapan, elastisitas, dan iritasi yang terjadi.

Memahami dan memiliki ciri-ciri kulit wajah sehat juga penting bagi pria. Menurut sebagian wanita, maskulinitas pria nampak dari visual kulit wajahnya. Pria dengan kulit sehat dan terawat, mencerminkan kepribadian yang selalu menjaga kebersihan serta telaten.

Agar bisa lebih mengenalinya, berikut Liputan6.com ulas ciri-ciri kulit wajah sehat dari berbagai sumber, Selasa (12/1/2021).

2 dari 7 halaman

Terhidrasi dengan Baik

Ciri-ciri kulit wajah sehat terlihat dari kelembapannya. Kelembapan ini biasanya dipengaruhi oleh hidrasi kulit yang baik. Kulit wajah yang terhidrasi dengan baik, akan memiliki tingkat kekenyalan yang tinggi sehingga tidak mudah keriput.

Untuk bisa memiliki kulit wajah yang lembap dan terus terhidrasi, menggunakan pelembap secara rutin adalah salah satu kuncinya. Gunakan secara rutin paling tidak pada pagi dan malam hari. Konsumsi air putih delapan gelas per hari, sayuran, dan buah-buahan dalam jumlah banyak.

Kulit yang tidak terasa kering dan berminyak merupakan salah satu tanda bahwa kulit terhidrasi dengan cukup baik. Kulit yang baik adalah kulit yang dapat menyerap produk skincare apapun. Terhidrasi sama dengan memaksimalkan penyerapan nutrisi kulit.

3 dari 7 halaman

Warnanya Merata

Kesehatan kulit wajah bukan terlihat dari warnanya, tetapi meratanya warna yang dimiliki. Ciri-ciri kulit wajah sehat ini menandakan bahwa kulit putih bukan termasuk kulit yang sehat kalau warnanya tidak merata. Perlu diberikan perhatian ekstra jika ada area wajah yang terlalu merah atau dark spots.

Salah satu penyebab warna kulit wajah tidak merata adalah paparan sinar matahari yang terlalu berlebihan. Hal ini yang menjadi alasan bahwa, menggunakan sunscreen dengan tingkat SPF tinggi dan mengaplikasikannya ulang setiap tiga atau empat jam sekali sangat direkomendasikan.

Selain sunscreen, gunakan juga produk skin care yang mengandung vitamin C dan glycolic acid untuk menghambat produksi melanin. Warna kulit yang tidak merata seperti bopeng akan mengganggu penampilan dan menandakan kulit wajah tidak sehat.

4 dari 7 halaman

Teksturnya Lembut

Mengenali ciri-ciri kulit wajah sehat dapat dirasakan dari tekstur yang dimilikinya. Tekstur kulit wajah halus dan lembut merupakan penandanya. Halus dan lembut dapat diartikan kondisi kulit yang tidak bersisik, tidak bertekstur kasar, dan lembap.

Untuk bisa mendapatkan kulit wajah halus dan lembut, coba terapkan eksfoliasi secara rutin. Kulit yang telah tereksfoliasi akan bebas dari sel kulit mati dan lebih mudah menyerap manfaat dari produk skin care.

Selain kulit kusam, sel kulit mati yang menumpuk akan membuat wajah menjadi kasar. Baiknya lakukan eksfoliasi dan menggunakan pelembap yang bisa membantu untuk mengatasi hal tersebut.

5 dari 7 halaman

Segar dan Bercahaya

Kulit wajah segar bercahaya adalah salah satu ciri-ciri kulit wajah sehat. Selain sehat, kondisi kulit yang demikian juga membuat penampilan seseorang menjadi lebih menawan.

Segar dan bercahaya menunjukkan bahwa kulit wajah memiliki kadar kelembapan seimbang dan bebas dari sel kulit mati yang bisa membuat wajah kusam. Salah satu cara ampuh untuk membuat wajah terus segar bercahaya adalah rutin membersihkan makeup hingga bersih.

Hindari kebiasaan membiarkan makeup tetap menempel di wajah saat tidur hingga meninggalkan residu serta membuat kulit wajah loyo dan berjerawat. Kulit kusam disebabkan karena banyaknya sel mati yang menumpuk. Baiknya lakukan eksfoliasi pada kulit wajah 1-2 kali dalam seminggu.

6 dari 7 halaman

Bebas Jerawat dan Keriput

Memiliki kulit wajah yang bebas jerawat dan keriput adalah ciri-ciri kulit wajah sehat. Kondisi kulit wajah yang bebas dari kedua masalah ini bisa didapatkan dengan perawatan yang tepat.

Tidak memiliki kulit wajah yang kemerahan karena jerawat dan bebas garis-garis halus. Garis-garis halus biasanya akan membuat tampilan makeup tidak maksimal. Tips penting menjaga kulit wajah bebas kerutan adalah menggunakan sunscreen agar terlindungi dari radikal bebas.

Kulit yang mengalami penuaan dini biasanya ditandai dengan munculnya kerutan atau keriput di wajah. Hal ini biasanya dialami oleh orang yang memasuki usia 20 tahun keatas.

Penyebab lainnya adalah terlalu sering begadang, stres dan bisa juga karena faktor keturunan. Gaya hidup yang kurang sehat juga bisa mempengaruhi kesehatan kulit, seperti mengonsumsi makanan yang manis, gorengan, alkohol dan merokok.

7 dari 7 halaman

Elastisitasnya Pas

Ciri-ciri kulit wajah sehat adalah memiliki elastisitas yang pas. Kulit wajah nampak bersinar dan berisi, serta tidak mudah berkerut seiring dengan ekspresi wajah. Kondisi kulit sehat ketika disentuh akan terasa segar dan kenyal.

Coba cubit kulit wajah perlahan, bila terasa kenyal berarti elastisitas kulit sudah pas dan sehat. Untuk memilikinya, pastikan kulit wajah tetap terhidrasi dengan baik dari kekeringan.

Cukupi cairan tubuh agar kulit bisa mempertahankan elastisitasnya. Tidak lain caranya adalah dengan memenuhi kebutuhan air tubuh, minum setidaknya delapan gelas air per hari. Konsumsi juga buah-buahan tinggi air secara rutin untuk menyegarkan kulit.

Selain air, lemak juga dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap lembab dan elastis. Penuhi kebutuhan lemak ini dari minyak esensial yang baik untuk kesehatan dan menunjang perbaikan dan pertumbuhan kulit, yaitu vitamin E dan omega-3.