Sukses

18 Jenis-Jenis Aglaonema yang Banyak Dicari, Pencinta Tanaman Hias Wajib Tahu

Liputan6.com, Jakarta Jenis-jenis aglaonema kini banyak dicari pencinta tanaman hias. Aglaonema atau Chinese Evergreen juga dikenal dengan nama Sri Rejeki. Tanaman ini sudah lama dijadikan tanaman hias rumahan.

Aglaonema tumbuh lambat, menarik, dan merupakan tanaman dedaunan yang sangat cantik. Jenis-jenis aglaonema memiliki daun oval yang besar, ramping, dan mengkilap dengan batang pendek. 

Kini popularitas jenis-jenis aglaonema makin melesat. Penggemar tanaman hias mencarinya karena tanaman ini memiliki daun dengan warna yang indah. Variasi varna dari jenis-jenis aglaonema seperti dari hijau tua hingga perak, dan beberapa dengan sedikit warna merah dan kuning.

Aglaonema juga termasuk tanaman hias yang cukup terjangkau. Beberapa jenis-jenis aglaonema bisa didapat dari harga kurang dari Rp 100 ribu. Jenis-jenis aglaonema bisa menambah dekorasi rumah agar lebih cantik dan segar.

Berikut jenis-jenis aglaonema yang paling banyak dicari, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (12/1/2021).

2 dari 7 halaman

Jenis-jenis aglaonema yang banyak dicari

Aglaonema Widuri

Aglaonema Widuri merupakan jenis aglaonema yang sangat populer. Aglaonema ini memiliki warna daun hijau, kemerahan, dan kekuningan lengkap dengan urat yang berwarna merah cerah. Tulang daun aglaonema widuri berwarna merah menyala yang indah. Bentuk daunnya pun oval sedikit cekung di bagian tengahnya. Harga aglaonema widuri berada pada kisaran Rp 75 ribuan.

Aglaonema bidadari

Jenis-jenis aglaonema yang populer selanjutnya adalah aglaonema bidadari. Aglaonema satu ini memiliki warna daun dengan perpaduan kuning, jingga, merah muda, dan hijau. Tanaman ini begitu cantik sebagai dekorasi rumah. Aglaonema bidadari dibanderol pada kisaran Rp 100 ribuan.

Aglaonema legacy

Aglaonema legacy memiliki warna daun berupa bercak hijau dengan warna merah terang mendominasi. Ciri khas dari jenis aglaonema ini adalah ujung daunnya yang runcing. Aglaonema legacy biasanya dihargai pada kisaran Rp 95 ribuan.

3 dari 7 halaman

Jenis-jenis aglaonema yang banyak dicari

Aglaonema moonlight

Aglaonema moonlight memiliki bentuk daun yang bulat menyerupai mangkok. Tulang daun dari aglonema moonlight berwarna merah dan sangat terlihat bila dilihat dari dekat. Aglaonema moonlight dibanderol mulai dari Rp 100 ribu.

Aglaonema Pride of Sumatera

Jenis aglaonema ini ditemukan di Sumatera dan menjadi tanaman hias mahal sejak 1993. Daunnya memanjang dengan perpaduan warna merah dan hijau gelap. Pada daunnya terdapat bercak kekuningan yang indah. Tanaman berukuran kecil saja bisa dibanderol mulai dari Rp 50 ribu.

Aglaonema Adelia

Nama Aglaonema Adelia didapat dari nama seorang kolektor aglaonema bernama Adelia. Jenis aglaonema ini bisa tumbuh hingga 30 cm jika ditanam di tanah subur. Bentuk daunnya melebar dari pangkal batang dan merucing di bagian ujung. Warna daunnya hijau dengan bercak merah yang tidak rata. Aglaonema Adelia bisa didapat mulai dari harga Rp 60 ribu.

4 dari 7 halaman

Jenis-jenis aglaonema yang banyak dicari

Aglaonema Claudia

Aglaonema Claudia dikenal sebagai jenis aglaonema dengan warna hijau pucat dengan tulang daun berwarna merah. Aglaonema ini merupakan jenis yang berasal dari Thailand. Jenis aglaonema ini biasanya dipatok harga pada kisaran Rp 135 ribu.

Aglaonema cinta

Jenis aglaonema ini dinamakan cinta karena bentuknya yang menyerupai hati. Tak jarang, orang menjadikan tanaman ini sebagai bentuk kasih sayang. Aglaonema cinta memiliki warna daun dengan perpaduan warna merah muda, kuning, dan hijau, serta sedikit oren. Aglaonema cinta memiliki harga pada kisaran Rp 150 ribuan.

Aglaonema lipstik

Aglaonema lipstik memiliki pinggiran warna merah di daunnya. Ini imembuatnya disebut sebagai aglaonema lipstik. Warna merah ini ada di setiap sisi daun aglonema yang berwarna hijau. Bentuk daunnya pun lebar dan memanjang. Harga aglaonema lipstik berada pada kisaran Rp 20 ribuan.

5 dari 7 halaman

Jenis-jenis aglaonema yang banyak dicari

Aglaonema red kochin

Aglaonema red kochin memiliki ciri khas dominasi warna merah pada daunnya. Jenis aglaonema memiliki sangat sedikit bercak hijau. Aglaonema red kochin dibanderol pada kisaran harga Rp 85 ribuan.

Aglaonema tiara

Aglaonema tiara termasuk jenis aglaonema dengan harga yang tinggi. Satu pot aglaonema tiara bisa dibanderol mulai dari harga Rp 100 ribu sampai Rp 300 ribu.

Aglaonema silver queen

Jenis aglonema memiliki daun yang lebar dan dominasi warna perak yang jauh lebih banyak dibandingkan warna hijaunya. Aglaonema silver queen termasuk salah satu jenis aglonema yang banyak dicari. Aglaonema silver queen bisa didapat dengan harga pada kisaran Rp 200 ribuan.

6 dari 7 halaman

Jenis-jenis aglaonema yang banyak dicari

Aglaonema Silver king

Beda dengan jenis aglonema sebelumnya, aglonema ini punya daun yang tidak terlalu lebar dan warna daunnya masih cukup didominasi warna kehijauan. Tanaman ini mirip dengan tanaman silverqueen, hanya saja motif di daunnya bercak dan tidak beraturan. Harga jenis aglaonema ini cukup terjangkau yaitu pada kisaran Rp 50 ribuan.

Aglaonema harlequin

Jenis aglonema ini akan menyesuaikan warna daunnya sesuai dengan jumlah cahaya yang diterima. Semakin banyak terkena cahaya matahari, maka warna dari daun aglonema ini akan berubah menjadi kuning cerah yang sedap untuk dipandang. Warnanya bisa terdiri dari kombinasi warna pink, hijau dan oranye. Harga aglaonema juga cukup bersaing, berkisar pada Rp 150 ribu sampai jutaan rupiah.

Aglaonema Cutlass

Jenis aglonema disebut juga tanaman pisau. Aglaonema Cutlass memiliki daun melancip seperti sebilah pisau. Jenis aglaonema ini memiliki perpaduan warna daun hijau yang didominasi warna putih. Aglaonema Cutlass bisa didapat dengan harga pada kisaran Rp 100 ribuan.

7 dari 7 halaman

Jenis-jenis aglaonema yang banyak dicari

Aglaonema modestum

Jenis aglonema ini termasuk dalam tanaman terbaik untuk meningkatkan kualitas udara. Aglaonema modestum memiliki daun berwarna hijau keputihan yang berasal dari batang utamanya. Tidak sulit mendapatkan jenis tanaman ini. Harga Aglaonema modestum berada pada kisaran Rp 35 ribuan.

Aglaonema Emerald bay

Aglaonema Emerald bay memiliki susunan daun yang cenderung lebih rapat dan cukup tebal. Hal tersebut memberi daya tarik tersendiri, sebab kerapatan susunan daun tersebut menjadikannya sangat indah apabila diletakkan di dalam rumah. Daun aglaonema ini berwarna hijau dengan aksen perak. Jenis aglaonema ini juga cukup terjangkau harganya yaitu mulai dari Rp 20 ribuan.

Aglaonema nitidum

Jenis aglonema ini memiliki warna daun hijau gelap dan cukup mampu tumbuh di ruangan yang minim akan cahaya. Tak seperti aglaonema lainnya, aglaonema nitidum tidak memiliki bercak atau motif pada daunnya. Jenis aglaonema satu ini juga termasuk jenis yang sangat terjangkau. Aglaonema nitidum dibanderol mulai dari Rp 20 ribuan.