Sukses

10 Manfaat Jus Labu Kuning yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Labu kuning mungkin sangat identik dengan perayaan Halloween. Biasanya labu kuning dijadikan bahan ukiran yang digunakan sebagai dekorasi rumah ketika perayaan tersebut. Namun, ternyata manfaat labu kuning selain berguna sebagai hiasan, jika diolah menjadi minuman seperti jus, ada manfaat labu kuning juga sangat banyak bagi kesehatan tubuh.

Manfaat jus labu kuning bagi kesehatan tubuh tidak lepas dari kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Di dalam jus labu kuning terkandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti kalsium, zat besi, kalium, zinc, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, karbohidrat kompleks, air, protein, serta serat.

Manfaat jus labu kuning bisa dirasakan apabila mengonsumsinya secara teratur. Tapi, apa saja manfaat jus labu kuning yang dimaksud? Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai manfaat jus labu kuning yang baik bagi kesehatan tubuh, Rabu (13/1/2021).

2 dari 6 halaman

Manfaat Jus Labu Kuning

1. Sumber Tenaga dan Nutrisi

Manfaat jus labu kuning yang pertama tentu sangat berguna bagi tubuh. Sempat disinggung di awal tadi, bahwa labu kuning setidaknya memiliki 19 jenis vitamin dan mineral yang berperang penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Di dalam jus labu kuning juga terdapat serat, protein, kalium, kalsium, magnesium, dan antioksidan.

Bagi ibu hamil tentu juga sangat membutuhkan asupan kalsium, karena kalsium dari tubuh ibu hamil dapat diserap oleh janin.

Selain itu, labu kuning juga punya kandungan kalori yang rendah gula, sehingga aman bagi penderita diabetes dan bagi Anda yang tidak ingin mengalami kenaikan berat badan berlebih. Asupan kalori yang tepat dari jus labu kuning bisa menjadi sumber energi, serta ampuh mencegah dehidrasi.

 

2. Stabilkan Tekanan Darah

Jika Anda menderita masalah tekanan darah tinggi, maka tidak ada salahnya merasakan manfaat jus labu kuning ini. Dengan kandungan kalium yang ada di dalam jus labu kuning, sangat dipercaya mampu membantu menstabilkan tekanan darah.

3 dari 6 halaman

Manfaat Jus Labu Kuning

3. Menjaga Sistem Pencernaan

Manfaat jus labu kuning untuk kesehatan yang selajutnya mampu memperlancar sistem pencernaan. Pasalnya, di dalam jus labu kuning terkandung serat yang sangat tinggi. Di sisi lain, konsumsi jus labu kuning juga dapat membantu untuk membunuh cacing serta parasit yang berasang di dalam usus dan limpa tubuh. Manfaat jus labu kuning juga mampu mencegah agar sistem pencernaan tidak akan terganggu. Apabila sistem pencernaan lancar, maka risiko mengalami sembelit, wasir, serta perut kembung berkurang.

Kemudian, jika Anda memang ingin menjaga berat badan, konsumsi jus labu kuning juga bisa memberi manfaat, yaitu membuat perut terasa kenyang lebih lama dan mencegah konsumsi makanan berlebihan.

 

4. Menjaga Penglihatan

Di dalam jus labu kuning sangat kaya akan kandungan vitamin A yang diketahui sangat bagus dalam menjaga kesehatan mata. Asupan vitamin A tersebut juga dapat membantu mata dalam menyerap serta memproses cahaya.

Bahkan, jika dikonsumsi dengan teratur, maka jus labu kuning juga sangat baik dalam mencegah timbulnya katarak serta memperlambat degenerasi makula yang diakibatkan rusaknya retina.

4 dari 6 halaman

Manfaat Jus Labu Kuning

5. Menjaga Kadar Gula dan Cegah Diabetes

Manfaat jus labu kuning sangat baik untuk menurunkan kadar gula dalam darah serta mampu mengontrol insulin yang ada di dalam tubuh. Dengan kata lain, konsumsi labu kuning akan sangat berguna dalam mencegah diabetes. Kadar gula dalam labu kuning juga sangat rendah sehingga aman untuk dikonsumsi. Tapi ingat, agar kandungan gula dalam jus labu kuning tetap minimal, jangan tambahkan gula ketika membuatnya.

 

6. Tingkatkan Daya Ingat

Dengan kandungan lutein yang ada di dalam jus labu kuning, juga berguna untuk bantu meningkatkan daya ingat serta konsentrasi. Kandungan lutein dalam jus labu kuning juga bermanfaat dalam meningkatkan fungsi kognitif serta kemampuan mengingat.

5 dari 6 halaman

Manfaat Jus Labu Kuning

7. Menjaga Kesehatan Otot

Mengonsumsi jus labu kuning bisa menjaga kesehatan otot yang sering digunakan dalam berbagai aktivitas. Di dalam labu kuning terkandung vitamin C, vitamin E, dan zinc yang sudah pasti mampu menjaga kesehatan dan perkuat otot serta tulang.

 

8. Menurunkan Risiko Bayi Lahir Cacat

Manfaat jus labu kuning ini cocok dikonsumsi oleh ibu hamil. Pasalnya, manfaat jus labu kuning ini karena ada kandungan asam folat di dalamnya yang dapat mencegah bayi lahir cacat. Asam folat memiliki peran penting dalam menjaga pertumbuhan saraf. Selain itu, apabila nutrisi asam folat tercukupi, maka risiko bayi lahir cacat juga dapat menurun.

6 dari 6 halaman

Manfaat Jus Labu Kuning

9. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Kemudian, manfaat jus labu kuning untuk kesehatan selanjutnya yaitu ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, di dalam buah labu kuning sendiri sudah mengandung antioksidan, vitamin A, serta vitamin C, yang bisa menangkal virus, bakteri, serta jamur penyebab penyakit. Maka dari itu, dengan mengonsumsi labu kuning sangat diyakini mampu mencegah penyakit seperti flu maupun diare.

 

10. Cegah Peradangan Kulit

Selain berbagai manfaat jus labu kuning di atas, buah labu ternyata punya sifat mendinginkan dan dapat dimanfaatkan dalam pengobatan luka bakar serta peradangan pada kulit. Selain itu kandungan antioksidan dalam bentuk vitamin A, vitamin C, dan vitamin E di dalamnya juga membantu proses penyembuhan kulit.