Sukses

10 Cara Menghilangkan Bau Amis di Tangan, Ampuh Pakai Bahan Alami

Liputan6.com, Jakarta Bau amis umumnya berasal dari ikan atau daging. Selain alat makan dan alat masak, bau amis kerap menempel di tangan dan sulit dihilangkan dengan sabun serta air saja. Ketika hal ini terjadi, cara menghilangkan bau amis di tangan dengan bahan alami bisa dijadikan solusi.

Ikan dapat mengeluarkan bau amis yang lebih menyengat setelah dibunuh. Pada kondisi ini, ada bakteri dan enzim ikan yang mengubah Trimethylamine Oxide (TMAO) menjadi Trimethylamine (TMA). Nah, cara menghilangkan bau amis di tangan dengan bahan alami ini dapat membuat TMA mengikat air dan menjadikannya tidak stabil.

Selain bisa diterapkan sebagai cara menghilangkan bau amis di tangan, bahan alami ini bisa diterapkan di alat makan dan alat masak loh. Ada bubuk arang, garam, air lemon, air jeruk nipis, daun kemangi, kantung teh, jahe, cuka, sampai bubuk kopi.

Berikut Liputan6.com ulas cara menghilangkan bau amis di tangan dari berbagai sumber, Rabu (13/1/2021).

2 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bau Amis di Tangan

Bubuk Arang

Bubuk arang efektif digunakan untuk menghilangkan bau amis di tangan. Cara ini sudah terbukti sejak zaman dahulu. Selain bisa diterapkan pada tangan, bubuk arang juga bisa menghilangkan bau amis di talenan, pisau, dan alat makan.

Penerapannya sangat mudah, hanya perlu menyiapkan bubuk arang secukupnya. Lalu, lumuri tangan atau bagian yang memiliki aroma amis hingga rata.

Gosokkan secara perlahan sekitar lima menit atau sampai bau amisnya sudah tidak tercium lagi. Jika dirasa bau amisnya sudah hilang, bilas dengan air bersih yang sudah dicampur dengan sabun cuci piring.

Garam

Bumbu dapur yang satu ini memang dikenal cukup serba guna. Bisa bikin makanan jadi lezat dan nikmat. Begitu juga bisa menghilangkan bau amis yang menempel di tangan.

Selain di tangan, garam juga bisa menghilangkan bau di alat masak dan makan. Bahkan bau menyengat di kaki pun bisa dihilangkan dengan air rendaman air garam.

Cukup ambil satu sendok garam, gosokkan di telapak tangan, lalu bilas dengan air dan sabun cuci tangan. Cara ini juga berlaku untuk berbagai macam alat yang bau amis.

3 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bau Amis di Tangan

Daun Kemangi

Daun kemangi adalah jenis lalapan yang nikmat disantap bersama aneka macam seafood. Aromanya wangi dan bisa membuat mulut tidak bau menyengat karena ikan dan sambal. Selain bikin wangi mulut, kemangi bisa dipakai di tangan yang amis.

Hanya perlu menggosokkan kemangi di tangan secara merata, lalu bilas dengan sabun dan air bersih. Begitu juga pada pisau dan alat makan yang berbau amis. Bisa gunakan kemangi untuk mencuci dengan cara menggosokkan daun kemangi hingga bau amis menghilang.

Jika masih belum menghilang, rendam alat ini ke air yang sudah diberi campuran daun kemangi selama 10-20 menit. Lalu jangan lupa untuk bilas dengan air bersih.

Kantung Teh

Kantung teh bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis di tangan. Rendam kantung teh hitam dengan air secukupnya. Lalu rendam tangan atau bisa oleskan kantung teh yang sudah direndam di tangan. Selanjutnya, bilas dengan air bersih.

Bau amis di alat makan dan alat masak juga bisa direndam dengan air kantung the. Cukup gunakan dua kantung teh hitam, lalu rebus dengan satu liter air selama 15 menit. Setelah itu tambahkan 2 liter air dingin dan tuangkan dalam bak atau mangkuk besar.

Rendam alat makan dan alat masak selama 30 menit. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan teh. Terdapat antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri yang ampuh hilangkan bau amis di tangan dan berbagai macam alat.

4 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bau Amis di Tangan

Baking Soda

Baking soda lebih dikenal sebagai bahan pengembang kue. Akan tetapi, manfaat dari baking soda untuk membersihkan berbagai peralatan dapur tidak perlu diragukan lagi. Salah satunya dalam membersihkan bau amis yang menempel di pisau dan alat makan.

Selain di peralatan, baking soda bisa dioleskan di tangan menjadi pasta untuk menghilangkan bau amis. Oleskan baking soda pada tangan dengan tambahan sedikit air, lalu bilas dengan air bersih.

Untuk penerapan pada alat, campurkan baking soda dengan air secukupnya. Lalu, lumuri larutan tersebut ke alat yang berbau amis hingga benar-benar rata. Setelah itu, gosok perlahan dan diamkan selama 15 menit, sebelum akhirnya di bilas dengan air bersih.

Jahe

Jahe memiliki efek positif sebagai bahan alami untuk menghilangkan bau amis dari ikan atau daging. Ketika memasak atau makanan bau amis pasti menempel di tangan. Nah, solusi menghilangkan bau ini pun bisa dengan jahe.

Tidak hanya mampu menciptakan rasa yang enak, menghilangkan racun, dan menghilangkan alergen pada seafood. Jahe bisa dilumurkan pada tangan untuk menghilangkan bau amis ikan dan daging yang menempel.

5 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bau Amis di Tangan

Lemon

Lemon dan jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang efektif menghilangkan bau amis. Selain bisa diterapkan pada ikan secara langsung dan bikin rasanya makin sedap, lemon dan jeruk nipis bisa digunakan pada tangan dan alat lainnya.

Untuk memanfaatkan lemon atau jeruk nipis tersebut, cukup siapkan perasan jeruk nipis atau lemon. Lalu oleskan perlahan di tangan atau alat yang memiliki bau amis. Pada tangan, langsung basuh dengan air mengalir.

Untuk alat bisa menunggu 5 hingga 10 menit hingga bau amis yang menempel pada pisau sudah benar-benar hilang. Lakukan cara menghilangkan bau amis pada alat ini selama beberapa kali. Jika sudah hilang seluruhnya, cuci dengan sabun sampai bersih.

Air Cuka

Air cuka dapat dijadikan salah satu bahan alami untuk menghilangkan bau amis. Bahkan, cuka dapat membantu menurunkan sekitar 50% bau amis dari ikan.

Selain bisa diterapkan langsung pada ikan, air cuka bisa langsung dioleskan pada tangan yang bau amis. Cara kerja cuka dalam menghilangkan amis sama dengan jeruk nipis dan lemon.

Pada tangan, oleskan air cuka pada tangan secara merata lalu bilas dengan air bersih. Sementara pada ikan, campurkan cuka dengan air segar untuk merendamnya sekitar lima menit. Setelah itu, bilas dan tiriskan sebelum dimasak.

6 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bau Amis di Tangan

Pasta Gigi

Biasanya, ketika selesai mengonsumsi makanan dengan aroma kuat, bau mulut akan terasa kurang sedap. Menggosok gigi menjadi solusi yang praktis untuk menghilangkan bau tak sedap tersebut.

Cara ini juga berlaku saat bau tak sedap seperti amis menempel di tangan. Oleskan pasta gigi di tangan secara merata, lalu bilas dengan sabun dan air bersih. Sementara untuk alat makan dan alat masak, caranya sedikit berbeda.

Oleskan pasta gigi ke seluruh permukaan pisau. Setelah itu, gosokkan dengan spons cuci piring. Dan, diamkan 2-5 menit sebelum dibilas bersih.

Bubuk Kopi

Bubuk kopi biasanya digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap dari petai atau jengkol. Pemanfaatan kopi untuk menghilangkan bau tidak sedap tersebut tidak lepas dari aroma kopi yang memang sangat kuat dan mampu menetralisir bau lainnya.

Hal ini bisa diberlakukan untuk tangan yang terkena bau amis dari ikan atau daging. Hanya perlu mengoleskan bubuk kopi yang dicampur sedikit air secara merata. Lalu bilas dengan sabun dan air bersih.

Selain tangan, berbagai macam alat makan dan masak yang bau amis bisa dihilangkan dengan bubuk kopi juga. Cukup rebus kopi, lalu saring dan ambil ampasnya.

Setelah itu, ampas kopi tersebut di gosokkan ke alat makan dan masak, diamkan 10-15 menit. Lalu, air rebusan kopi bisa gunakan untuk membilas sedikit demi sedikit hingga aroma amis pada alat menghilang.