Sukses

10 Potret Jokowi Disuntik Vaksin COVID-19 Buatan Sinovac, Pertama di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi orang pertama yang menerima vaksin COVID-19 di Tanah Air. Vaksinasi pertama yang diterima Jokowi dilakukan pada Rabu (13/1/2021) di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Proses penyuntikan vaksin disiarkan secara langsung melalui channel YouTube Sekretariat Presiden. Vaksin yang disuntikkan kepada Jokowi merupakan vaksin COVID-19 Sinovac asal China. Pada vaksinasi tahapan pertama ini pun hanya ditujukan pada kelompok usia 18 hingga 59 tahun saja.

Proses vaksinasi kepada Jokowi sendiri dilakukan oleh Tim Dokter Kepresidenan. Ada empat tahapan yang harus dilalui oleh Jokowi dan beberapa peserta penerima vaksin di Istana Presiden.

Pertama ialah meja pendaftaran serta verifikasi. Sedangkan tahap kedua ialah pemeriksaan kesehatan sederhana. Pada tahap ketiga ialah proses melakukan vaksinasi yang dilakukan oleh vaksinator. Dan pada tahap terakhir terdapat meja monitoring. Dimana para penerima vaksin harus menunggu sekitar 30 menit untuk melihat reaksi dari vaksin yang telah disuntikkan.

Presiden Joko Widodo sendiri menjadi peserta penerima vaksin COVID-19 untuk meyakinkan masyarakat akan keamanan dan halalnya vaksin tersebut. Dirangkum Liputan6.com dari channel YouTube Sekretariat Presiden, berikut ini beberapa potret Jokowi saat melakukan suntik vaksin COVID-19 pertama, Rabu (13/1/2021).

2 dari 11 halaman

1. Presiden Joko Widodo harus melakukan verifikasi dan pemeriksaan kesehatan sederhana sebelum menerima suntikan vaksin COVID-19.

3 dari 11 halaman

2. Jokowi pun harus menjalani tes suhu badan serta tekanan darah. Pasalnya, jika memiliki tekanan darah diatas 140 mmHg, maka Jokowi tak bisa mengikuti vaksinasi.

4 dari 11 halaman

3. Pihak tim vaksinasi COVID-19 juga turut menanyakan mengenai ada tidaknya penyakit bawaan ataupun gejala COVID-19 dalam satu minggu terakhir.

5 dari 11 halaman

4. Di tahap ketiga, Jokowi pun mulai bersiap menerima suntikan vaksin COVID-19 yang dilakukan tim vaksinasi dan tim dokter presiden.

6 dari 11 halaman

5. Petugas dari tim vaksinasi bahkan menunjukkan kotak berisi botal kaca atau glass visal yang berisi vaksin COVID-19.

7 dari 11 halaman

6. Sebelum melakukan vaksinasi, petugas juga memperlihatkan botol kaca vaksin COVID-19 yang masih tersegel.

8 dari 11 halaman

7. Hal tersebut dilakukan untuk meyakinkan masyarakat jika proses vaksin yang dilakukan oleh Jokowi akan sama seperti masyarakat nantinya.

9 dari 11 halaman

8. Proses suntikan vaksin COVID-19 pun dilakukan dengan cukup cepat.

10 dari 11 halaman

9. Bahkan, Presiden Jokowi terlihat cukup santai saat menerima vaksinasi.

11 dari 11 halaman

10. Pada tahapan akhir, Jokowi menerima kartu vaksinasi serta harus menunggu selama 30 menit untuk melihat reaksi yang bisa saja timbul setelah melakukan suntik vaksin.