Sukses

Apa Itu Introvert? Kenali Karakter Khusus yang Dimilikinya

Liputan6.com, Jakarta Jika muncul pertanyaan tentang apa itu introvert, jawabannya adalah jenis kepribadian yang bertolak belakang dengan ekstrovert. Ada karakter khusus bagi seorang introvert yang perlu dipahami terlebih dahulu.

Di masa lalu, seorang berkepribadian introvert dianggap sebagai parasit dan mengecewakan karena tidak pandai berkomunikasi. Apa itu introvert yang sebenarnya?

Seorang introvert memang identik pendiam dan pemalu, tetapi bukan berarti tidak pandai berkomunikasi. Apa itu introvert? Dia adalah seseorang dengan kepribadian yang tangguh.

Studi yang dipublikasikan di Harvard Business Review mengamati lebih dari 17.000 eksekutif tingkat C, termasuk 2.000 CEO dan menemukan lebih dari setengah CEO terbaik memiliki kepribadian yang introvert.

Berikut Liputan6.com ulas apa itu introvert dan karakternya dari berbagai sumber, Rabu (13/1/2021).

2 dari 6 halaman

Apa Itu Introvert?

Membicarakan masalah kepribadian memuat memunculkan serangkaian pertanyaan seperti, apa itu introvert? Seorang introvert dikenal memiliki kepribadian pemalu dan pendiam.

Apa itu introvert? Introvert adalah jenis kepribadian yang identik dengan pribadi yang tenang, pendiam, dan dan menutup diri. Pribadi introvert tidak terlalu menyukai kehidupan sosial yang penuh dengan keramaian.

Jawaban singkat atas pertanyaan apa itu introvert sangat sederhana, yakni tertutup. Introvert adalah orang yang tidak suka banyak mencari perhatian, suka bicara seperlunya, suka menyendiri, dan tidak suka memiliki banyak teman.

Menjadi seorang introvert bukanlah aib yang perlu ditutupi. Memahami apa itu introvert akan membuat seseorang mudah menghargai kepribadian orang lain. Sebab kepribadian setiap orang tidak bisa diubah dalam waktu singkat, menghargai adalah solusi yang tepat.

3 dari 6 halaman

Hari Introvert Sedunia

Tidak lagi menjadi pribadi yang bisa dihakimi begitu saja. Justru seorang introvert mulai diberikan tempat sendiri, bukan lagi dianggap sebagai parasit seperti sejarahnya.

2 Januari ditetapkan sebagai Hari Introvert Sedunia. Meskipun bukan hari libur resmi, Hari Introvert Dunia telah dirayakan oleh para introvert di seluruh dunia sejak 2011.

Bukan kebetulan bahwa Hari Introvert Dunia jatuh segera setelah Hari Tahun Baru: Idenya adalah bahwa para introvert membutuhkan waktu setelah menjalani musim liburan.

Tidak ada lagi obrolan basa-basi dengan rekan yang tak terlalu akrab atau berkumpul bersama keluarga yang bahkan tak tahu namanya.

Ini juga merupakan hari untuk membawa kesadaran pada para introvert dan mengingat mengapa menjadi sosok tersebut adalah sesuatu yang luar biasa, bukan sesuatu yang memalukan.

 

4 dari 6 halaman

Karakter Seorang Introvert

Suka Menyendiri

Pada orang introvert, berada di rumah sendiri bisa sangat mengasyikkan. Periode kesendirian ini sangat penting untuk kesehatan dan kebahagiaan seorang introvert. Menghabiskan waktu untuk beristirahat atau terlibat dalam suatu aktivitas akan sangat melegakan.

Lelah Berinteraksi

Introvert akan merasa lelah ketika berada dalam banyak interaksi sosial. Introvert tahu kapan mereka sudah maksimal dan perlu mengisi ulang tenaga mereka saat berinteraksi.

Bukan berarti semua introvert tidak suka keramaian seperti pesta. Mereka bisa dan benar-benar menikmatinya seperti ekstrovert. Tetapi di penghujung malam yang panjang, introvert perlu melarikan diri untuk mengisi ulang energinya.

Suka Bekerja Sendiri

Introvert sering kali bekerja paling baik saat sendiri. Isolasi memungkinkan introvert untuk fokus secara mendalam dan menghasilkan karya berkualitas tinggi. Ini tidak berarti bahwa introvert tidak bekerja dengan baik dengan tim. Mereka lebih suka fokus pada tugas yang ada, daripada menavigasi aspek sosial bekerja dalam kelompok.

Lingkaran Pertemanan Dekat

Faktanya, introvert adalah orang yang senang berbicara dan mengenal orang lain. Introvert juga lebih suka masuk dalam lingkaran pertemanan kecil. Hubungan berkualitas tinggi adalah kunci kebahagiaan bagi introvert.

Mawas Diri dan Ingin Tahu

Introvert memiliki proses berpikir batin yang sangat aktif. Itu juga menuntun mereka menuju refleksi diri dan penelitian. Orang yang introvert seringkali melamun atau mengerjakan sesuatu di benaknya jauh sebelum membuat tindakan.

Introvert berdedikasi untuk mengejar minatnya. Saat dihadapkan pada peluang baru, atau keputusan besar apa pun, introvert mungkin menghabiskan banyak waktu untuk memikirkannya sebelum membuat rencana untuk melanjutkan.

5 dari 6 halaman

Karakter Seorang Introvert

Suka Menulis daripada Berbicara

Orang dengan kepribadian introvert lebih nyaman menuliskan pemikirannya daripada berbicara, terutama saat mereka tidak siap. Introvert lebih suka memikirkan tanggapannya karena gaya komunikasi terfokus dan perhatian.

Introvert mungkin dapat melanjutkan percakapan. Tetapi jika keputusan diperlukan, ia mungkin memerlukan lebih banyak waktu untuk mempertimbangkan pilihannya sehingga ia merasa yakin dengan pilihan tersebut.

Pandai Soal Visualisasi

Introvert sering menghabiskan banyak waktu di kepala mereka. Teman dan orang terdekat mungkin menganggap ia selalu berada di dunianya sendiri. Tapi dunia tersebut adalah tempat para introvert melakukan pekerjaan terbaiknya.

Berbagi pikiran dan perasaan itu dengan lantang mungkin tidak mudah bagi introvert. Tetapi mungkin tampak sangat wajar untuk menulis, mengilustrasikan, atau menggambarkannya ke dalam musik.

Pendengar Baik

Introvert lebih suka mendengarkan dan menyerap apa yang terjadi di sekitarnya. Saat di tempat kerja, di antara teman, atau di lingkungan sosial lainnya, introvert biasanya duduk dengan nyaman di belakang. Introvert mendengarkan dan menimbang ide dengan cermat. Ketika dimintai pendapat, ia sering kali memiliki ide berkualitas untuk disumbangkan.

Suka Menghindari Konflik

Secara umum, orang yang introvert cenderung tidak memulai percakapan dengan orang yang tidak mereka kenal baik, atau bahkan dengan orang yang mereka kenal baik.

Ini bisa berhubungan dengan preferensi untuk dialog internal dan refleksi. Tapi ketidaksukaan pada konflik juga bisa berperan. Penelitian menunjukkan bahwa introvert seringkali memiliki kepekaan yang lebih tinggi terhadap umpan balik negatif.

Membatasi Diri

Introvert sering kali “melarikan diri” dari suatu situasi dengan membatasi diri atau membuat zonanya sendiri. Bagi introvert, ini mungkin cara untuk meninggalkan situasi yang terasa terlalu kacau atau tidak nyaman; itu semacam mekanisme bertahan hidup. Tetapi bagi orang lain, introvert mungkin tampak tidak fokus.

6 dari 6 halaman

Karakter Seorang Introvert

Berpikir Sebelum Berbicara

Mereka yang memiliki kepribadian introvert suka berpikir terlebih dahulu sebelum menjawab. Mereka suka memikirkan apa yang ingin dikatakan dan mencari fakta sebelum menyampaikan pendapat.

Ada bukti bahwa para perempuan umumnya lebih tertarik pada pria yang menggunakan kata-kata yang lebih pendek dan berbicara dalam kalimat yang pendek.

Selektif secara Seksual

Studi menunjukkan bahwa orang-orang ekstrovert lebih sering bercinta daripada mereka yang introvert. Data menunjukkan pria ekstrovert melakukan hubungan seks 5.5 kali dalam sebulan, sedangkan pria introvert hanya 3 kali dalam sebulan.

Pandai Mengambil Keputusan

Menurut studi yang dilakukan oleh Harvard University pada tahun 2012, pribadi introvert memiliki materi abu-abu yang lebih besar dan lebih tebak di korteks prefrontal otak mereka. Ini adalah area otak yang terkait dengan pemikiran abstrak dan pengambilan keputusan.

Pribadi yang Kuat

Studi yang dipublikasikan di Harvard Business Review mengamati lebih dari 17.000 eksekutif tingkat C, termasuk 2.000 CEO dan menemukan lebih dari setengah CEO terbaik memiliki kepribadian yang introvert. Menurut sebuah studi, orang-orang introvert tidak terlalu terkesan dengan kinerja rekan-rekan mereka yang ekstrovert.