Sukses

6 Tanaman Pengusir Nyamuk di Dalam Ruangan, Tidak Hanya Hiasan

Liputan6.com, Jakarta Tanaman pengusir nyamuk di dalam ruangan mungkin perlu kamu kenali agar bisa menanamnya segera. Apalagi di musim hujan sekarang ini nyamuk merajalela dan dapat mengganggu kenyamanan kamu selama di rumah.

Tidak hanya membuat kamu menjadi gatal-gatal dan kulit kemerahan, gigitan nyamuk kadang juga menimbulkan penyakit berbahaya, seperti Demam Berdarah dan Malaria. Menggunakan tanaman pengusir nyamuk bisa jadi solusi aman dibandingkan dengan obat berbahan kimia. 

Tanaman pengusir nyamuk di dalam ruangan juga bisa berfungsi sebagai tanaman hias. Jadi, tidak hanya membuat kamu terhindar dari gigitan nyamuk yang mengganggu, menanam tanaman-tanaman ini juga dapat memperindah ruangan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (14/1/2021) tentang tanaman pengusir nyamuk di dalam ruangan.

2 dari 4 halaman

Tanaman Pengusir Nyamuk di Dalam Ruangan

Lavender

Lavender memiliki bau harum yang menghalangi serangga, khususnya nyamuk. Lavender dapat mengusir serangga seperti nyamuk, lalat, kecoa, ngengat, bahkan agas. Wangi yang dihasilkan tanaman ini membuat serangga enggan dekat-dekat dengannya. Minyak lavender juga sudah banyak digunakan dalam produk-produk pembasmi serangga. Jadi tak ada salahnya memiliki versi alami pembasmi serangga ini.

Tanaman pengusir nyamuk ini sangat tangguh dan tahan kekeringan. Tanaman ini hanya membutuhkan sinar matahari penuh dan drainase yang baik. Meski cocok ditanam pada iklim apapaun, tanaman lavender dapat tumbuh subur di daerah yang lebih hangat.

Aroma harum lavender juga membantu siapa saja yang menghirupnya rileks. Aroma ini bisa menghilangkan stres, dan membantu tidur yang sehat. Kamu bisa menaruh tanaman lavender di ruang tamu, sudut rumah, atau jendela kamar tidur.

Rosemary

Tanaman pengusir nyamuk lainnya adalah rosemary. New York Botanical Garden dan PlantShed merekomendasikan tanaman ini untuk menjauhkan serangga dari rumah. Rosemary cocok ditanam di iklim panas dan kering. Tanaman ini juga ideal dikembangkan dalam pot sebagai tanaman penghias ruangan.

Rosemary dapat dengan mudah dipangkas dalam segala macam bentuk dan ukuran. Aroma yang dikeluarkan tanaman ini juga bisa mengarumkan ruangan. Bahkan, kamu juga bisa membuat semprotan rosemary sederhana untuk mengusir kecoa. Cukup cincang daun rosemary dalam jumlah yang sama dalam air suling, biarkan selama 30 menit pada suhu kamar. Saring dan masukkan ke dalam botol semprot. Semprotan juga mendesinfeksi udara.

Rosemary kering yang terbakar mengeluarkan aroma kuat untuk menghalangi serangga masuk rumah. Melambaikan bungkusan rosemary kering yang terbakar di ruangan mampu mengusir berbagai serangga.

3 dari 4 halaman

Tanaman Pengusir Nyamuk di Dalam Ruangan

Geranium

Geranium atau yang biasa dikenal dengan tapak dara sedikit beraroma lemon dan dapat menjauhkan beberapa serangga seperti nyamuk dan kecoa dari rumah. Tanaman pengusir nyamuk ini memiliki bunga-bunga indah dan hadir dalam warna-warna cerah yang membuatnya bagus untuk dekorasi.

Geranium dapat ditanam di dalam pot ditaruh pada sudut rumah. Tanaman ini tumbuh cepat di area dengan iklim hangat, cerah, dan kering. Ekstrak geranium juga dikatakan dapat mengusir nyamuk dan merupakan bahan yang populer di banyak semprotan anti nyamuk alami.

Geranium yang ditaman di pekarangan juga bisa mengusir hama umum yang dapat merusak tanaman, seperti kumbang atau belalang. Hal inilah yang membuat tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman pendamping untuk banyak buah-buahan dan sayuran, termasuk kol dan tomat, serta mawar.

Horsemint

Horsemint adalah tanaman pengusir nyamuk yang mirip dengan sereh. Horsemint mengeluarkan aroma yang kuat, aroma seperti dupa yang dapat menutupi bau lainnya, sehingga dapat mengusir nyamuk. Pertumbuhan horsemint cukup cepat dan biasa ditanam di pot. Daun horsemint juga bisa dikeringkan dan dimanfaatkan untuk membuat teh herbal.

4 dari 4 halaman

Tanaman Pengusir Nyamuk di Dalam Ruangan

Krisan

Bunga Krisan juga berkhasiat untuk mengusir nyamuk, kecoak, semut, kutu, ngengat, dan serangga lain di dalam rumah. Krisan juga bisa membuat ruang terlihat cantik, jadi jangan takut menempatkannya di seluruh rumah. Pyrethrum dalam krisan merupakan pestisida alami.

Minyak yang diproduksi oleh tanaman pengusir nyamuk ini adalah salah satu penolak serangga alami yang paling kuat. Faktanya, sebagian besar penolak alami memiliki minyak esensial sebagai bahan aktif utamanya. Seperti banyak tanaman ini, Krisan adalah tanaman pengusir serangga yang relatif mudah dirawat.

Basil

Tanaman pengusir nyamuk selanjutnya adalah basil atau kemangi. Bau menyengat yang diberikan daun kemangi membuat hama tidak tahan. Kemangi dapat bekerja sebagai pengusir nyamuk dan serangga, jadi jangan ragu untuk menjelajahi dan menemukan jenis kemangi yang tepat untuk ditanam di rumah.

Tanaman kemangi harus dijaga agar tetap lembap, membutuhkan drainase yang baik, dan menikmati banyak sinar matahari. Kamu dapat menanam kemangi dalam wadah polybag atau di kebun, sendiri atau dengan bunga-bunga yang lain. Kemangi adalah racun bagi larva nyamuk, jadi kamu bisa meletakkannya di dekat genangan air untuk mencegah nyamuk bertelur.