Sukses

14 Bahan Alami Penyubur Rambut, Ampuh Panjangkan dan Lebatkan dengan Cepat

Liputan6.com, Jakarta Penyubur rambut nyatanya tidak hanya berasal dari produk kecantikan yang harganya mahal. Ada beberapa bahan alami penyubur rambut yang bisa diandalkan untuk memanjangkan, melebatkan, sekaligus menjaga kesehatannya secara alami.

Bahan alami penyubur rambut ini dapat bekerja seperti produk kecantikan rambut pada umumnya. Menutrisi sel kulit rambut, menguatkan akar dan batang rambut, melembapkan kulit kepala, dan mampu menghindarkannya dari berbagai masalah rambut. 

Untuk bisa merasakan manfaat dari bahan alami penyubur rambut, penerapannya bisa dilakukan dengan menjadikannya masker. Nutrisi penting dari bahan alami ini dapat dengan mudah terserap karenanya. Perawatannya juga enggak ribet, bisa dipraktikkan di rumah.

Berikut Liputan6.com ulas bahan alami penyubur rambut dari berbagai sumber, Kamis (14/1/2021).

2 dari 7 halaman

Bahan Alami Penyubur Rambut

Putih Telur

Putih telur dapat membantu menyuburkan rambut secara alami. Bahan ini dikenal dapat menutrisi kembali sel kulit rambut dan mengindarkannya dari berbagai masalah rambut.

Kandungan di dalam putih telur yang menjadikan rambut tumbuh lebih lembut dan berkilau. Batang dan akar rambut akan menjadi lebih kuat serta mempercepat proses pertumbuhan rambut.

Kentang

Rambut panjang yang sehat dan indah ternyata mudah untuk didapatkan. Bagi yang memiliki rambut pendek dan sedang mencari cara cepat memanjangkan rambut, tidak ada salahnya untuk menjatuhkan pilihan pada air kentang.

Membilas rambut menggunakan air kentang dapat membantu dalam memanjangkan rambut secara alami. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan vitamin B, A dan C yang penting dalam proses pertumbuhan rambut.

Minyak Esensial

Ingin memanjangkan rambut secara alami? Gunakan saja minyak esensial. Minyak yang biasa digunakan untuk melembapkan sel kulit tubuh tersebut juga ampuh dalam memanjangkan rambut.

Beberapa minyak yang dapat dijadikan pilihan misalnya saja seperti rosemary oil, cedarwood oil, thyme oil dan minyak zaitun.

Memiliki rambut panjang ternyata dapat dilakukan dengan mudah. Selain menggunakan produk rambut yang membantu rambut tumbuh lebih cepat, imbangi juga dengan sejumlah perawatan.

3 dari 7 halaman

Bahan Alami Penyubur Rambut

Makanan Berprotein

Menjaga kesehatan rambut ternyata tidak hanya dilakukan dengan mengaplikasikan produk khusus. Bisa juga menyiasatinya dengan mengontrol asupan makanan.

Bagi yang ingin memanjangkan rambut secara alami, tidak ada salahnya untuk memperbanyak penganan penuh protein, seperti telur, ikan, daging, produk susu dan kacang-kacangan. Bahan tersebut akan mempercepat proses pertumbuhan rambut.

Cuka Apel

Cuka sari apel bermanfaat untuk menghilangkan kotoran dan polusi yang menempel di rambut. Selain itu, bahan alami ini juga mampu menghilangkan residu yang ditinggalkan oleh produk perawatan rambut. Cuka sari apel tidak hanya membantu untuk cepat memanjangkan rambut, tapi juga berfungsi sebagai deterjen alami.

Cara memanjangkan rambut dengan cepat menggunakan cuka apel sangat mudah. Tambahkan dua sendok makan cuka ke dalam 1 liter air, lalu bilas rambut dengan larutan tersebut. Lakukan perawatan ini sebagai langkah terakhir dari rutinitas keramas atau pengkondisian rambut.

Jika tidak suka dengan bau cuka, tambahkan beberapa tetes minyak esensial favoritmu ke dalam cuka sari apel (seperti minyak esensial mawar). Alternatif lainnya, kamu juga bisa mencampur jus lemon dengan air, dengan proporsi yang sama, daripada menggunakan cuka sari apel.

4 dari 7 halaman

Bahan Alami Penyubur Rambut

Lidah Buaya

Lidah buaya sejak dulu dikenal memiliki manfaat yang baik untuk rambut. Pasalnya, lidah buaya mengandung zat-zat yang penting untuk kesehatan dan kesuburan rambut, seperti kalsium, fosfor, vitamin A, B1, karbohidrat, lemak, dan protein.

Selain dapat menebalkan rambut, lidah buaya juga mampu menghitamkan, menghaluskan serta menyehatkan rambut. Untuk menggunakan lidah buaya sebagai cara memanjangkan rambut dengan cepat, caranya cukup mudah.

Ambil satu tangkai lidah buaya. Kemudian belah menjadi dua. Lalu, usapkan gel lidah buaya ke seluruh bagian rambut. Setelah itu, diamkan sekitar 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Kemiri

Minyak kemiri tak hanya baik untuk bayi. Minyak ini juga cocok digunakan sebagai masker penumbuh rambut alami orang dewasa. Minyak kemiri dipercaya memiliki kandungan penyubur rambut.

Siapkan 5 butir kemiri, bisa lebih sesuaikan dengan kebutuhan. Tumbuk halus kemiri, lalu rebus dengan sedikit air. Sebentar saja, jika sudah nampak minyak yang keluar langsung angkat.

Setelah hangat kuku, ratakan pada kulit kepala dan rambut. Biarkan semalaman atau 2 jam saja, lalu bilas dengan shampo hingga bersih.

5 dari 7 halaman

Bahan Alami Penyubur Rambut

Bawang Merah

Bumbu masakan satu ini adalah obat penumbuh rambut di daerah kebotakan. Hal ini karena bawang merah mempunyai kandungan sulfur yang tinggi, yang menjadi stimulator alami. Selain itu, ia juga memiliki anti-bakteri yang membantu mengobati kebotakan.

Cara menumbuhkan rambut dengan cepat menggunakan bawang merah adalah haluskan 1 siung bawang merah dan usapkan di daerah kebotakan secara teratur dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Hal ini juga dapat digunakan sebagai agen penumbuh rambut alami.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun cukup dikenal memiliki segudang manfaat dalam bidang kecantikan. Salah satunya dalam hal perawatan rambut. Hal ini karena minyak zaitun tinggi akan kandungan vitamin E.

Nah, cara menumbuhkan rambut dengan cepat adalah dengan rutin mengolesi minyak zaitun di rambut dan kulit kepala. Dengan melakukan perawatan ini secara rutin, maka perlahan-lahan daerah di kepala yang botak akan mulai kembali ditumbuhi rambut.

6 dari 7 halaman

Bahan Alami Penyubur Rambut

Seledri 

Tanaman seledri terkenal akan kandungan vitamin A, B, serta mineral natrium dan kalsium yang mampu merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat. Ambil beberapa helai daun seledri segar lalu bersihkan. Kemudian haluskan daun seledri dengan cara menumbuknya atau menggunakan blender dengan campuran sedikit air bersih.

Setelah itu, oleskan daun seledri ke rambut dan kulit kepalamu secara merata. Untuk menghindari kontaminasi kuman dan bakteri, lebih baik bersihkan rambut terlebih dahulu sebelum menggunakan maskernya.

Lalu diamkan selama 45 menit-1 jam agar vitamin dan mineral yang ada pada daun seledri dapat terserap dengan sempurna oleh kulit kepala dan rambut. Lalu bersihkan kembali rambut dengan air bersih dan tanpa menggunakan shampoo.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang berfungsi sebagai cara menumbuhkan rambut dengan cepat. Selain itu, jeruk nipis juga dipercaya mampu menghilangkan ketombe yang seringkali menjadi penyebab rambut rontok.

Ambillah beberapa tetes jeruk nipis dan campurkan dengan sedikit air bersih. Lalu oleskan pada rambut dan kulit kepalamu secara merata, terutama pada daerah yang botak. Diamkan beberapa saat lalu bersihkan.

7 dari 7 halaman

Bahan Alami Penyubur Rambut

Pisang

Pisang termasuk buah yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. Buah ini pun cocok dijadikan masker penumbuh rambut alami karena kandungan yang dimilikinya. Terdapat kalium, antioksidan, minyak alami, dan vitamin. Mampu mencegah kerusakan dan mencegah kebotakan.

Campur 2 pisang matang, minyak zaitun, minyak kelapa dan madu masing-masing 1 sendok makan. Haluskan bahan-bahan ini hingga membentuk konsistensi pasta. Balurkan campuran ke kulit kepala dan rambut sampai menutupi semuanya. Biarkan selama lima menit dan bilas dengan air hangat.

Teh Hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan dan obat yang sempurna untuk rambut rontok yang disebabkan oleh radikal bebas. Teh hijau kaya akan katekin. Katekin ini membantu menekan DHT atau dihidrotestosteron, yang merupakan penyebab utama kerontokan rambut.

Campur 1 kuning telur dan 2 sendok teh teh hijau hingga mendapatkan tekstur krim. Oleskan campuran ini ke rambut dan kulit kepala menggunakan kuas. Biarkan selama 15 hingga 20 menit. Bilas dengan air dingin sebelum keramas.

Alpukat

Selain pisang, buah alpukat juga bisa dipakai sebagai masker penumbuh rambut alami. Hal ini disebabkan karena alpukat kaya asam lemak omega-3, yang mampu mendorong pertumbuhan rambut dan meningkatkan kesehatan rambut.

Cara menerapkannya dengan blender 1 alpukat matang kecil dan 1/2 cangkir susu. Tambahkan 1 sendok makan minyak zaitun dan almond. Blender sampai campuran menghasilkan konsistensi yang halus. Balurkan campuran ini mulai dari akar hingga ujung rambut. Biarkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air dingin.