Sukses

18 Makanan Khas Jawa Barat yang Paling Terkenal, Wajib Dicicipi dan Dibawa Pulang

Liputan6.com, Jakarta Provinsi Jawa Barat memang cukup populer dengan kawasan wisata yang menyejukkan. Selain tempat wisata, banyak pengunjung yang ketagihan datang karena makanan khas Jawa Baratnya, loh.

Mengenali makanan khas Jawa Barat bisa dilihat dari bahan baku dan rasanya. Ciri-ciri makanan khas provinsi ini banyak menggunakan sayuran mentah, dominan ikan, serta memiliki cita rasa yang pedas dan asam. 

Ketika menggunjungi tanah Pasundan, jangan sungkan untuk mencicipi makanan khas Jawa Barat. Makanan yang paling terkenal di Jawa Barat kebanyakan sudah melegenda, harganya murah meriah, dan mudah ditemukan di berbagai daerahnya.

Berikut Liputan6.com ulas makanan khas Jawa Barat yang paling terkenal dari berbagai sumber, Kamis (14/1/2021).

2 dari 7 halaman

Makanan Khas Jawa Barat yang Paling Terkenal

Brayot

Brayot merupakan kue basah yang dibuat dengan berbahan tepung beras, gula merah, dan kacang tanah ini memiliki rasa yang unik. Perpaduan rasa manis legit dari gula merah, gurih lembut dari kacang tanah. Bertekstur empuk karena digoreng singkat, sangat cocok untuk disajikan bersama teh atau kopi di sore hari.

Burayot khas berasal dari wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat ini termasuk makanan khas Sunda yang unik dari segi nama, rasa, dan teksturnya. Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, kata Burayot artinya menggantung. Disebut demikian karena dalam proses penirisannya harus digantung ke sebuah tusuk bambu kecil.

Nasi Timbel

Nasi Timbel merupakan hidangan khas Sunda yang dibuat dari beras bagolo atau beras merah campuran yang dimasak dengan bungkus daun pisang. Nasi ini biasanya ditemani daging atau ikan, tahu, tempe serta sambal dan lalapan.

Karedok

Karedok adalah makanan khas Sunda yang unik dari segi pengolahan. Karedok disebut mirip dengan gado-gado. Jika gado-gado dibuat dengan sayuran matang dan sudah diolah, karedok tidak.

Karedok disajikan dari sayuran yang mentah dan tidak diolah. Karedok memiliki yang rasa unik karena perpaduan dari kencur dan saus kacang yang menjadi satu.

Sayur-sayuran yang digunakan untuk membuat karedok cukup beragam, seperti timun, tauge, kacang-kacangan, terong hijau kecil, kubis, basil, dan beberapa jenis sayuran lagi yang bisa ditambahkan sesuai selera pembuatnya.

3 dari 7 halaman

Makanan Khas Jawa Barat yang Paling Terkenal

Ulukutek Leunca

Ulukutek Leunca merupakan oleahan leunca (ranti) yang dimasak bersama dengan sambal oncom. Ada rasa pedas sekaligus pahit, serta terasa gurih dan renyah di mulut.

Batagor

Batagor merupakan kependekan dari bakso tahu goreng yang dimakan dengan saus sambal kacang yang terbuat dari kacang tanah, cabai, dan bawang putih. Makanan ini juga merupakan salah satu makanan khas Bandung yang paling populer.

Rasanya yang enak dan harganya yang murah membuat banyak orang sangat menyukai makanan khas Bandung ini. Batagor dibuat dengan tepung tapioka kemudian digoreng membentuk bulat seperti bakso, namun biasanya ditambah dengan tahu pada satu paket batagor yang dipotong seperti dadu kecil.

Bagi yang ingin membawa pulang batagor sebagai oleh-oleh, dapat memilih batagor beku yang telah disediakan oleh para penjual batagor di Bandung. Biasanya, batagor beku akan dilengkapi dengan bumbu terpisah sehingga lebih awet dibawa bepergian.

Ambokueh

Ambokueh merupakan salah satu kuliner Bandung hasil alkulturasi budaya Tiongkok. Ambokueh terdiri dari telur, tahu goreng, lapicong atau sosis daging babi, dan bawang putih yang disiram dengan kuah berbahan tepung tapioka. Ambokueh juga bisa terdiri dari sosis daging sapi atau ayam.

4 dari 7 halaman

Makanan Khas Jawa Barat yang Paling Terkenal

Rujak Cuka

Rujak cuka merupakan olahan rujak sayur hingga buah dengan cita rasa asam, pedas, dan manis. Rujak cuka menggunakan kuah yang lebih cair dari rujak pada umumnya. Kuah asam yang digunakan untuk membumbuinya dibuat dari bumbu halus dengan rempah cabai merah, cabai keriting merah, terasi, garam, dan ebi kering.

Peuyeum

Peuyeum adalah makanan khas Bandung yang sangat terkenal. Makanan yang satu ini hampir mirip dengan tape yang banyak ditemui di daerah lain, tetapi peuyeum lebih berair dan agak encer.

Peuyeum mendapat julukan jajanan sejuta umat lantaran harganya yang murah meriah, enak dan juga tahan lama. Makanan khas Bandung yang satu ini merupakan oleh-oleh yang paling banyak dicari karena mudah ditemui dan harganya murah.

Selain dibuat dengan ketela pohon, ada juga peuyeum yang terbuat dari beras ketan hasil fermentasi seperti kebanyakan peuyeum yang ditemui. Di pusat oleh-oleh makanan khas Bandung, Anda bisa mendapati banyak sekali penjual peuyeum. Biasanya peuyeum dijajakan dengan cara digantung dengan tali dalam jumlah banyak.

Colenak

Colenak merupakan olahan peuyeum bakar yang disantap dengan dicocolkan pada gula jawa cair yang dicampur dengan serutan kelapa. Makanan ini termasuk makanan khas Bandung yang sangat legendaris.

5 dari 7 halaman

Makanan Khas Jawa Barat yang Paling Terkenal

Tahu Susu Lembang

Kalau Anda berkunjung ke Bandung, jangan lupa untuk mendatangi daerah Lembang. Ada satu makanan khas Bandung yang banyak ditemui di sana, yaitu tahu susu. Tahu susu Lembang ini sangat terkenal dengan teksturnya yang lembut dan kenyal. Oleh karena itu, tidak heran jika makanan khas Bandung yang satu ini sering cepat habis karena banyak yang membelinya.

Sesuai dengan namanya, makanan khas Bandung ini dibuat menggunakan kedelai kemudian ditambah dengan susu murni yang menciptakan rasa gurih dan lembut saat masuk ke mulut.

Tidak hanya itu, tahu ini pada bagian dalamnya lebih padat sehingga lebih mengenyangkan saat dimakan, berbeda dengan tahu Sumedang yang di dalamnya tak ada isiannya. Untuk dapat menikmatinya, tahu ini bisa langsung dinikmati atau digoreng terlebih dahulu, dan lebih enak jika dicocol sambal.

Surabi

Surabi merupakan olahan adonan tepung beras yang dimasak dengan tungku. Di Bandung, serabi biasa dijajakan di pagi hari dan dimasak menggunakan tungku sehingga menghasilkan rasa yang khas.

Ongol-Ongol

Kue ongol-ongol dikategorikan sebagai makanan khas Sunda yang unik karena bentuk dan namanya. Kue ini berbentuk kubus dengan balutan kelapa parut. Wajib dicicipi jika berkunjung ke wilayah Jawa Barat bagian utara seperti Indramayu dan Cirebon.

Ongol-ongol merupakan kue yang memiliki tekstur kenyal, manis, gurih, dan warnanya cokelat. Konon katanya, kue ini sudah ada sejak tahun 1200-an. Bahan dasar pembuatan kue ongol-ongol adalah tepung singkong dan hunkue.

6 dari 7 halaman

Makanan Khas Jawa Barat yang Paling Terkenal

Gepuk Daging

Gepuk daging sapi adalah makanan yang cukup populer di tanah Pasundan. Termasuk menu makanan yang wajib dicicipi ketika mengunjungi Provinsi Jawa Barat. Gepuk daging merupakan makanan khas Sunda yang unik dari segi pembuatan dan nama.

Pembuatan gepuk daging sapi sudah direpresentasikan dari namanya. Gepuk dibuat dari sayatan tipis daging sapi yang dipukul-pukul alias digepuk sampai gepeng dan dimasak bersama lumuran bumbu bercita rasa manis.

Setelah daging gepeng dan dibumbui, daging diungkep hingga bumbu meresap sampai ke tiap serat daging. Daging yang telah diungkep biasanya memiliki tekstur yang empuk. Setelah daging bertekstur empuk, empal akan digoreng hingga kering atau bisa langsung disantap tanpa harus digoreng lagi.

Jojorong

Jojorong merupakan makanan khas Sunda yang unik dan lezat alias bikin ketagihan ketika dimakan. Kue Jojorong terbuat dari tepung kanji, tepung beras, dan isiannya gula merah cair. Sepintas kudapan legit ini mirip dengan puding namun lebih lembut dengan tambahan santan diatasnya.

Kue yang diwadahi daun pisang mungil ini menjadi kudapan yang cukup popular di kawasan Rangkasbitung, Banten. Jojorong memiliki arti nama didorong/jorong sesuai dengan cara makannya yang harus didorong menggunakan sendok agar mudah diambil.

Tekstur kue jojorong basah dan lengket. Tekstur ini yang membuat jojorong tidak bisa tahan lama. Jika dibuat pagi, kue jojorong hanya bisa bertahan sampai sore hari pada suhu ruang.

Mi Kocok

Mi kocok mudah sekali ditemukan di kawasan Bandung, Jawa Barat. Mi ini termasuk makanan khas Sunda yang unik karena pengolahannya.

Terbuat dari mi kuning, tauge, bakso, dan kiki yang disiram dengan kuah kaldu sapi. Biasanya, mi kocok disajikan dengan tambahan daun seledri, daun bawang, dan bawang goreng.

Asal mula nama mi kocok adalah dari proses memasaknya. Mi ini dimasak dengan cara mengocok-ngocok mi-nya dalam wadah khusus sembari dicelupkan ke dalam air panas.

Mi kuning yang digunakan mempunyai ukuran yang pipih dengan tekstur lembut. Agar menyantap mie kocok menjadi lebih istimewa, sebagian orang biasanya memberikan kecap manis dan sambal pada kaldu kuahnya.

7 dari 7 halaman

Makanan Khas Jawa Barat yang Paling Terkenal

Bakakak Hayam

Dilihat dari namanya, makanan khas Sunda ini sudah nampak unik. Bakakak hayam adalah menu masakan unggulan yang mudah dijumpai di tanah Sunda. Masyarakat Sunda khususnya daerah Pandeglang, makanan ini biasa digunakan untuk kegiatan pesta adat, seperti pernikahan, sunatan dan upacara adat lainnya.

Bakakak hayam sendiri merupakan masakan yang menggunakan bahan utama berupa ayam yang diberikan bumbu khas Sunda. Ayam ini tidak digoreng, melainkan diolah dengan cara dipanggang. Bakakak hayam bisa disajikan bersama dua macam pilihan sambal, seperti sambal merah dan sambal hijau.

Cuanki

Cuanki mirip dengan sajian bakso Malang atau bakwan Kawi. Satu porsi cuanki terdiri dari aci, siomay, bakso, pangsit rebus, pangsit goreng dan bakso goreng serta kuah kaldu panas yang segar. Cuanki biasa disajikan bersama taburan seledri dan daun bawang.

Cireng

Cireng adalah makanan khas Bandung yang dibuat menggunakan tepung kanji yang digoreng dan biasanya disajikan dengan saus. Makanan khas Bandung ini sangat digemari banyak orang karena rasanya yang gurih, kenyal dan lezat.

Makanan khas Bandung ini akan sangat mudah ditemukan di jalan-jalan umum di sepanjang jalur tempat wisata di Kota Bandung. Cireng sangat cocok untuk dijadikan salah satu oleh-oleh dari Bandung karena mudah didapat dan tahan lama.

Ada beberapa varian cireng yakni rasa original dan ada juga varian lain yaitu cireng salju dan kerupuk cireng yang sama-sama dipadukan dengan bumbu atau sambal rujak. Cireng biasanya dijual dengan harga yang beragam, mulai dari 7 ribu sampai ada yang 21 ribu dalam satu kemasan.