Sukses

Vitamin adalah Zat Gizi Penting bagi Tubuh, Kenali Jenis dan Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Vitamin adalah zat yang sangat penting bagi tubuh manusia dan hewan untuk pertumbuhan dan perkembangan. Berbagai jenis vitamin dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan. Hal ini disebabkan karena vitamin A, B, C, D, E, dan K memiliki manfaatnya masing-masing untuk tubuh.

Untuk mendapatkan macam-macam vitamin tersebut, kamu bisa mengonsumsi berbagai makanan sehat. Hal ini karena tubuh tidak dapat memproduksi vitamin sendiri. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan vitamin dari berbagai suplemen.  

Vitamin adalah zat gizi penting untuk tubuh yang harus selalu dipenuhi asupannya setiap hari. Vitamin memang memegang peranan penting bagi kesehatan tubuh, namun asupan vitamin juga harus sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (14/1/2021) tentang vitamin adalah.

2 dari 7 halaman

Vitamin A

Vitamin adalah zat yang sangat penting bagi tubuh, salah satu jenisnya adalah vitamin A. Vitamin A disebut juga dengan Retinol atau Karotenoid. Vitamin A ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk indra penglihatan, menjaga kesehatan kulit dan menjaga imunitas tubuh.

Jika kamu kekurangan vitamin A, kamu bisa mengalami berbagai penyakit, seperti rabun senja, katarak, hyperkeratosis (benjolan putih pada folikel rambut), hingga keratomalacia (Perusakan Kornea).

Kamu bisa mendapatkan vitamin A ini dari beberapa makanan seperti, buah-buahan berwarna merah dan kuning (wortel, cabai merah, pisang, pepaya), susu, margarin, hati dan ginjal, hingga sayuran berwarna hijau dan kuning.

3 dari 7 halaman

Vitamin B

Vitamin adalah zat yang memiliki beberapa jenis. Selain vitamin A, ada juga Vitamin B. Vitamin ini terbagi menjadi beberapa jenis lagi, sebagai berikut:

Vitamin B1, disebut juga dengan Tiamin. Vitamin ini memiliki fungsi untuk membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi, serta menjaga kesehatan kulit. Selain itu, vitamin ini penting juga untuk sistem saraf dan fungsi jantung.

Jika kamu kekurangan vitamin B1, kamu bisa mengalami berbagai penyakit, seperti daya tahun tubuh menurun, penyakit beri-beri, kurang nafsu makan, kulit kering, kulit bersisik, hingga sembelit.

Kamu bisa mendapatkan vitamin B1 ini dari beberapa makanan seperti, gandum, kacang hijau, kacang kedelai, daging, susu, roti, tepung, ikan, daging tanpa lemak, ayam dan lain sebagainya.

Vitamin B2, disebut juga dengan Riboflavin. Vitamin ini memiliki fungsi untuk membantu tubuh menghasilkan energi dari makanan, serta membantu sel tubuh membakar lemak dan menjaga kesehatan kulit, serta penting untuk pertumbuhan jaringan tubuh.

Jika kamu kekurangan vitamin B2, kamu bisa mengalami berbagai penyakit, seperti penyakit ariboflavinosis, turunnya daya tahan tubuh, kulit kering, kulit bersisik, mulut kering, hingga bibir pecah-pecah.

Kamu bisa mendapatkan vitamin B2 ini dari beberapa makanan seperti, susu, pisang, kacang hijau, asparagus, sayuran hijau yang berdaun, daging tanpa lemak.

Vitamin B3, atau Niacin. Vitamin ini memiliki fungsi untuk membantu sel-sel tubuh mengubah makanan menjadi energi, membantu sistem saraf, mencegah berkurangnya nafsu makan, serta menjaga kesehatan kulit.

Jika kamu kekurangan vitamin B3, kamu bisa mengalami berbagai penyakit, seperti penyakit pellagra (penyakit karena kurang makan), insomnia, mual-mual, badan lemas, otot mudah keram hingga kejang.

Kamu bisa mendapatkan vitamin B3 ini dari beberapa makanan seperti, telur, roti, daging ayam, daging sapi, ikan (tuna dan salmon), sayur-sayuran, berdaun, asparagus, hati, ragi, susu, avokado, brokoli.

Vitamin B5, disebut juga dengan Asam Pantotenat. Vitamin ini memiliki fungsi untuk membantu sel tubuh memproduksi asam lemak dan hormon.

Jika kamu kekurangan vitamin B5, kamu bisa mengalami berbagai penyakit, seperti penyakit paresthesia, otot mudah kram, sulit tidur, kulit kering dan bersisik.

Kamu bisa mendapatkan vitamin B5 ini dari beberapa makanan seperti, brokoli, avokado, daging, dan sayur-sayuran.

Vitamin B6, atau Piridoksin. Vitamin ini memiliki fungsi untuk membantu tubuh dalam menggunakan dan memproses cadangan gula menjadi energi, serta membantu produksi sel darah merah. Vitamin ini juga penting untuk kesehatan gigi dan gusi.

Jika kamu kekurangan vitamin B6, kamu bisa mengalami berbagai penyakit, seperti penyakit anemia (kekurangan darah) dan gangguan sistem saraf.

Kamu bisa mendapatkan vitamin B6 ini dari beberapa makanan seperti, daging, pisang, sayur-sayuran dan kacang-kacangan.

Vitamin B7, disebut juga dengan Biotin. Vitamin ini memiliki fungsi untuk membantu produksi asam lemak dan asam amino ketika dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin ini juga dapat membantu reaksi biokimia pada tubuh seperti transfer karbondioksida dan metabolisme karbohidrat dan lemak.

Jika kamu kekurangan vitamin B7, kamu bisa mengalami berbagai penyakit, dermatitis, rnteritis, depresi, nusea, anemia dan kerontokan rambut.

Kamu bisa mendapatkan vitamin B7 ini dari beberapa makanan seperti, daging, kuning telur, pisang, kacang-kacangan, ragi dan gandum.

Vitamin B9, atau Asam Folat. Vitamin ini memiliki peran penting dalam proses pembelahan sel, terutama pada ibu hamil, sehingga dapat meminimalkan risiko terjadinya kelainan bawaan pada janin. Selain itu, asam folat juga bisa membantu tubuh dalam proses metobolisme protein yang berlangsung, membangun sel-sel darah merah yang sehat, hingga menurunkan resiko penyakit jantung.

Jika kamu kekurangan vitamin B9, kamu bisa mengalami berbagai penyakit, seperti kecacatan pada janin.

Kamu bisa mendapatkan vitamin B9 ini dari beberapa makanan seperti, bayam, kacang polong, biji bunga matahari, kentang, tomat, jeruk, telur dan hati.

Vitamin B12, disebut juga dengan Kobalamin. Vitamin ini memiliki fungsi untuk membantu pembentukan sel darah merah, serta memelihara fungsi saraf.

Jika kamu kekurangan vitamin B12, kamu bisa mengalami berbagai penyakit, seperti anemia (kurang darah) hingga cepat lelah.

Kamu bisa mendapatkan vitamin B12 ini dari beberapa makanan seperti, ikan, daging, telur, susu, hati.

4 dari 7 halaman

Vitamin C

Vitamin C disebut juga dengan Asam Askorbat. Vitamin C ini memiliki fungsi memproduksi kolagen, membentuk sel-sel tubuh dan pembuluh darah, dan meningkatkan daya tahan tubuh, sebagai antioksidan.

Jika kamu kekurangan vitamin C, kamu bisa mengalami berbagai penyakit, seperti anemia, gusi berdarah, gangguan sistem saraf, penurunan massa otot, serta membuat luka sulit sembuh dan rentan terinfeksi.

Kamu bisa mendapatkan vitamin C ini dari beberapa makanan seperti, jeruk, tomat, arbei, stroberi, asparagus, kol, susu, mentega, dan ikan. Vitamin adalah zat penting bagi tubuh yang asupannya harus dipenuhi setiap harinya.

5 dari 7 halaman

Vitamin D

Vitamin D memiliki fungsi untuk membantu penyerapan kalsium guna pertumbuhan tulang, terutama pada anak-anak. Selain itu, vitamin D juga membantu sistem imun dalam melawan infeksi.

Jika kamu kekurangan vitamin D, kamu bisa mengalami berbagai penyakit, seperti rheumatoid arthritis (radang sendi), penyakit osteomalasia (hilangnya unsur fosfor dan kalsium secara berlebihan), diabetes, hingga penyakit rakitis.

Kamu bisa mendapatkan vitamin D ini dari beberapa makanan seperti, ikan, telur, hati, jamur, kedelai, susu, udang, tiram. paparan sinar matahari. Vitamin adalah zat yang bisa didapatkan tidak hanya dari makanan, namun juga sinar matahari seperti vitamin D ini.

6 dari 7 halaman

Vitamin E

Vitamin adalah suatu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses kegiatan tubuh. Vitamin E merupakan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melindungi sel-sel dari kerusakan. Selain itu, vitamin E juga memiliki fungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu pembentukan sel darah merah, memperlambat penuaan, serta mengurangi risiko penyakit katarak dan radang sendi.

Jika kamu kekurangan vitamin E, kamu bisa mengalami berbagai penyakit, seperti kemandulan, gangguan saraf dan otot, ataupun anemia hemolitik, walaupun jarang terjadi.

Kamu bisa mendapatkan vitamin E ini dari beberapa makanan seperti, minyak sayur, gandum, padi-padian, lettuce, ikan, ragi, kuning telur.

7 dari 7 halaman

Vitamin K

Vitamin adalah zat yang jika makhluk hidup tidak mendapatkannya, maka ia tidak akan dapat melakukan aktivitas sehari-hari dan tentunya akan terserang berbagai penyakit.

Vitamin K berperan penting dalam proses pembekuan darah, dan menjaga kekuatan tulang. Selain itu, vitamin K ini juga dapat membantu metabolisme tubuh dan mencegah penyakit diabetes.

Jika kamu kekurangan vitamin K, kamu bisa mengalami berbagai masalah, seperti menghambat pembekuan darah, menurunnya kepadatan tulang.

Kamu bisa mendapatkan vitamin K ini dari beberapa makanan seperti, sayuran berdaun hijau, avocado, kiwi, dan peterseli (parsley).

Itulah beberapa jenis dan manfaat vitamin untuk kesehatan. Dengan mengenali berbagai jenis dan manfaatnya tersebut, kamu sekarang mengerti bahwa vitamin adalah zat yang sangat penting untuk tubuh.