Sukses

Arti Barakallah Fiikum Jami’an, Pahami Cara Menjawabnya yang Benar

Penjelasan singkat arti Barakallah Fiikum Jami'an.

Liputan6.com, Jakarta Memberikan ucapan doa dengan bahasa Arab rasanya sudah menjadi identitas umat muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Biasanya didasari dengan kata “Barakallah” dan hal ini yang menjadikan penting memahami arti Barakallah Fiikum serta arti Barakallah Fiikum Jami’an.

Untuk bisa memahami arti Barakallah Fiikum Jami’an, maka maksud Barakallah Fiikum harus diketahui terlebih dahulu. Secara harfiah “Baraka” adalah kebaikan, “Allah” merujuk pada Allah SWT, dan “Fiikum” adalah kalian.  

Nah, apabila ditambah dengan kata “Jami’an” maka artinya akan sedikit berlainan meskipun maknanya tidak jauh berbeda. Jami’an adalah menjadi jemaah Rasulullah SAW atau merujuk pada agama yang dibawa olehnya.

Maka dapat diambil kesimpulan bahwa arti Barakallah Fiikum Jami’an adalah semoga Allah memberkahi kalian dan menjadi jemaah Rasulullah SAW. Agar bisa lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas asal mulanya dari berbagai sumber, Kamis (14/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Arti Barakallah Fiik

Barakallah Fiik adalah ungkapan doa dan harapan baik yang menjadi dasarnya. Arti Barakallah Fiik bisa dipahami ketika dibedah menjadi dua bagian, yakni Barakallah dan Fiik.

Untuk Barakallah sendiri berasal dari 2 kata dasar. Pertama, “Baaraka” yang memiliki arti berkah, kemanfaatan, dan kebaikan. Kedua, “Allaah” yang artinya Allah SWT.

Penggabungan kedua kata dasar ini membuat arti Barakallahu menjadi “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah” atau “Semoga Allah Memberkahi.” Sementara dengan tambahan Fiik, maka arti Barakallahu Fiik menjadi “Semoga Allah Memberkahi Kepadamu”

Maksud dari Fiik di sini belum jelas tujuannya kepada siapa dan bisa dikatakan masih menjadi dasar pengucapan saja. Meski demikian, arti Barakallahu Fiik tetap ditujukan untuk mendoakan keselamatan, kesehatan, kebahagiaan, rezeki, dan berkah bagi orang lain.

3 dari 5 halaman

Arti Barakallah Fiikum

Jika pemahaman makna Barakallah Fiik sudah jelas, untuk mengerti arti Barakallah Fiikum perlu dikaji sedikit lagi. Fiik menunjukkan bahwa ada sesuatu yang mendasari pengucapan doa berkah tersebut.

Selain fiikum, ada dua jenis yang bisa digunakan. Fiikum sendiri memiliki arti untuk banyak orang atau kalian. Fiika artinya untuk pria dan fiiki artinya untuk wanita.

Apabila digabungkan dengan Barakallah Fiikum, maka kesimpulannya jelas. Arti Barakallahu Fiikum adalah semoga Allah SWT memberikan berkah kepada banyak orang atau kalian.

Fiik” dapat berubah menjadi tiga maksud. Pertama adalah Fiikum yang ditujukan untuk kalian atau banyak orang. Kedua adalah Fiika yang ditujukan untuk pria. Ketiga adalah Fiiki yang ditujukan untuk wanita.

Menggunakan akhiran yang tepat, akan membuat arti Barakallah Fiik lebih bermakna jelas dan pasti. Apabila ditujuan untuk sebuah doa, maka doa akan lebih cepat sampai kepada yang didoakan.

Jika ditulis secara lengkap beserta artinya, maka akan menjadi sebagai berikut:

- Arti Barakallah Fiik adalah semoga Allah memberkahimu.

- Arti Barakallah Fiikum adalah semoga Allah memberkahi kalian.

- Arti Barakallah Fiika adalah semoga Allah memberkahimu wahai pria.

- Arti Barakallah Fiiki adalah semoga Allah memberkahimu wahai wanita.

4 dari 5 halaman

Arti Barakallah Fiikum Jami’an

Apabila arti Barakallah Fiikum sudah dimengerti, kata tambahan selanjutnya “Jami’an”. Istilah Jami’an berasal dari bahasa Arab yang dapat diartikan menjadi jemaah Rasulullah atau Nabi Muhammad SAW.

Jika disatukan menjadi rangkaian, arti Barakallah Fiikum Jami’an adalah semoga Allah memberkahi kalian dan menjadi jemaah Rasulullah SAW. Berdasarkan arti Barakallah Fiikum Jami’an dapat disimpulkan bahwa ini adalah ucapan doa untuk sesama muslim.

Maksud dari “menjadi jemaah Rasulullah SAW” bisa dikaitkan dengan ajaran Islam yang menjadikannya seorang suri tauladan sesungguhnya. Begitu pun Rasulullah SAW selalu melindungi umatnya dari siksa api neraka dengan segala peringatannya semasa hidup.

Aisha berkata semua itu adalah doa-doa yang pantas diucapkan kepada orang yang telah melakukan perbuatan yang baik, dan kami pun telah melakukan ucapan itu. (HR. A Nasa’i di ‘Amalul Yaumi wal Lilah No. 303)

Cara Menjawab Ucapan Barakallah Fiikum Jami’an

Berdasarkan arti Barakallah Fiikum Jami’an, maka jawabannya perlu ditegaskan juga. Setiap doa baik akan selalu memiliki jawaban yang lebih baik.

Apalabila seorang muslim mendapat ucapan “Barakallah Fiikum Jami’an” maka wajib baginya memberikan jawaban “Barakallah Fiikum wa Baroka Alaikum”. Arti dari jawaban ini adalah semoga Allah SWT memberikan keberkahan kepada kalian dalam urusan agamaMu.

5 dari 5 halaman

Keutamaan Mengucapkan Barakallah

Ucapan Ulang Tahun

Jika mendapati seseorang sedang ulang tahun, kamu bisa mengucapkan kalimat "Baarakallah fii umrik" yang artinya semoga umurmu mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Ucapan Pernikahan

Dalam riwayat Imam Ahmad, Rasulullah mengucapkan kalimat “baarakallah" untuk mendoakan pengantin dengan ucapan:

"Baarakallahu Laka wa baaraka alayka wa jama'a baynakuma fii khoir"

Artinya “Semoga Allah menganugerahkan barakah kepadamu, semoga Allah juga menganugerahkan barakah atasmu, dan semoga Dia menghimpun kalian berdua dalam kebaikan” (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud)

Ketika Bertemu Sahabat atau Kerabat

Dalam sebuah riwayat hadis, para sahabat Nabi juga saling mengucapkan "barakallah" . Seperti yang dilakukan Abdurrahman bin Auf untuk Said bin Rabi’ al Anshari.

"Baarakallahu Laka Fii Ahlika wa Maalika"

Artinya: Semoga Allah menganugerahkan barakah kepadamu pada keluarga dan hartamu (HR. Bukhari)

Mendoakan Kesuksesan Orang Lain

Pengucapan Barakallah juga bisa digunakan untuk mendoakan kesuksesan orang lain.  Pada intinya, pengucapan Barakallah ini bisa digunakan agar kita bisa mendoakan keberkahan bagi orang yang kita temui. 

Mendoakan Orang yang Melahirkan

Ucapan "Baarakallah" juga bisa digunakan untuk mendoakan teman atau kerabat yang baru saja melahirkan. Kita bisa mengucapkan:

“Barokallahu laka fil mawhuubi laka wa syakarta al waahib, wa balagho asyuddahu, wa ruziqta birrohu”

Semoga Allah memberkahimu dan anak yang diberikan kepadamu. Semoga engkau pun bersyukur kepada Sang Pemberi, dan dia dapat mencapai dewasa, serta engkau dikaruniai kebaikannya.

Lalu jika diberi ucapan tersebut, hendaknya membalas dengan jawaban “Barokallahu laka wa baroka ‘alaika wa jazakallahu khoiron wa rozaqokallahu mitslahu aw ajzalallahu tsawabak”

Semoga Allah juga memberkahimu dan melimpahkan kebahagiaan untukmu. Semoga Allah membalasmu dengan sebaik-baik balasan, mengaruniakan kepadamu sepertinya dan melipatgandakan pahalamu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini