Sukses

Arti Bismillahirrahmanirrahim, Pahami Keistimewaan dan Manfaatnya Sehari-Hari

Bismillahirrahmanirrahim menjadi bagian dari zikir pada Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta Arti Bismillahirrahmanirrahim punya makna penting bagi umat Islam. Bismilah merupakan lafal yang diucapkan saat memulai suatu aktivitas. Arti Bismillahirrahmanirrahim menjadi bagian dari zikir umat Muslim pada Allah SWT.

Bismilah termasuk lafal yang sering diucapkan setiap hari. Penting untuk setiap Muslim mengetahui arti Bismillahirrahmanirrahim. Dengan mengetahui arti Bismillahirrahmanirrahim, kamu akan tahu manfaat dan keistimewaan lafal ini.

Arti Bismillahirrahmanirrahim dalam setiap aktivitas akan membawa kebaikan dan keberkahan. Arti Bismillahirrahmanirrahim punya tafsir yang sangat bermakna bagi kehidupan. Berikut arti Bismillahirrahmanirrahim dan keutamaannya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(14/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Arti Bismillahirrahmanirrahim

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Arti Bismillahirrahmanirrahim adalah "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang"

Dianjurkan bagi setiap umat Islam untuk membaca Bismilah setiap akan memulai kegiatan. Arti Bismillahirrahmanirrahim ini secara umum adalah untuk meniatkan segala sesuatu yang dilakukan atas nama Allah. Bismilah juga bisa berarti memohon restu atau kelancaran pada Allah.

Bismillahirrahmanirrahim merupakan lafal yang ada di semua surat Al-Quran, kecuali surat At-Taubah. Ada 144 lafal Bismillahirrahmanirrahim yang disebutkan di Al-Quran. Bismilah merupakan kalimat yang sangat dianjurkan diucapkan setiap kali hendak memulai sesuatu.

Bismillahirrahmanirrahim merupakan awalan isi surat yang dikirim oleh Nabi Sulaiman kepada Ratu Saba'. Ini dikisahkan dalam QS. An-Naml ayat 30 yang berbunyi:

“Sesungguhnya surat itu, dari Sulaiman dan sesungguhnya (isi)nya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.”

3 dari 6 halaman

Makna Bismillahirrahmanirrahim

Para ulama menafsirkan lafal Bismillahirrahmanirrahim menjadi empat hal penting. Ini meliputi:

- Awalan Bi, memiliki makna kekuasaan dan pertolongan. Orang yang melafalkan bismilah sebelum memulai seusatu meniatkan perbuatannya atas dasar kekuasaan dan pertolongan Allah.

- Bismillahirrahmanirrahim erat kaitannya dengan kalimat tauhid yaitu “la ilaha illa Allah”. Kalimat tauhid merupakan kalimat mulia yang membesarkan Allah. Dengan mengucapkan bismillah, seseorang senantiasa mengagungkan Allah di tiap tindakannya.

- Bismillahirrahmanirrahim diucapkan sebagai bentuk pengakuan bahwa Allah merupakan sang penguasa alam semesta yang agung.

- Bismillahirrahmanirrahim mengandung dua sifat Allah yaitu ar-rahman dan ar-rahim. Ar-rahman berarti Allah Maha Pengasih, dan Ar-rahim berarti Allah maha penyayang.

4 dari 6 halaman

Keutamaan membaca Bismilah

Kalimat Bismillahirrahmanirrahim sangat dianjurkan dilafalkan saat hendak memulai sesuatu. Ini bertujuan untuk memohon kebaikan dan keberkahan di setiap hal yang dilakukan. Keutamaan membaca Bismilah di antaranya adalah:

Pembatas dengan setan

Membaca Bismillah dapat membuat pembatas antara manusia dan setan. Dengan mengawali segala hal dengan Bismillahirrahmanirrahim, setan tidak dapat mengganggu aktivitas yang dilakukan. Dengan begitu, umat Muslim akan terhindar dari perlilaku buruk dan menyimpang dari agama.

Pembuka rezeki

Arti Bismillahirrahmanirrahim juga bisa menjadi pembuka pintu rezeki. Kalimat Bismillahirrahmanirrahim akan membuat segala tujuan bisa lancar dilakukan dan mendapatkan keberkahan di setiap langkahnya.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “ Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan ‘bismillahirrahmanir rahiim’, amalan tersebut terputus berkahnya.” (HR. Al-Khatib).

5 dari 6 halaman

Keutamaan membaca Bismilah

Mencegah musibah

Dari Ali bin Abi Thalib, Rasulullah SAW pernah bersabda, “ Wahai Ali maukah aku (Muhammad) ajarkan kepadamu kalimat menghadapi petaka?’ Ali kemudian mengiyakan. Rasulullah kembali melanjutkan sabdanya, “ Jika menghadapi petaka maka ucapkanlah: bismillahirrahmanirrahim wa la haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil adhim. Niscaya dengan kalimat itu, Allah akan menghilangkan petaka apapun yang Dia kehendaki.” (Imam Nawawi)

Dengan selau membaca Bismillahirrahmanirrahim, seorang Muslim akan senantiasa mendapat perlindungan dari Allah.

Melindungi tidur

Dilansir dari Dream, salah satu keistimewaan dari bacaan Bismillah, sebagaimana disampaikan Imam Muhammad Nawawi Al-Jawi yang menukil dari Imam Ahmad As-Showi dalam kitabnya “ Kasyifatussaja” berikut:

“ Di antara keistimewaan yang dimiliki basmalah, ketika seseorang membacanya sebanyak 21 kali sebelum tidur, maka pada malam itu ia akan terselamatkan dari gangguan setan, dari kemalingan, dari mati mendadak, dan bencana yang lainnya.”

6 dari 6 halaman

Keunikan kalimat Bismillahirrahmanirrahim

Dikutip dari Dream, ada keunikan sebagaimana diungkap oleh Ilmuwan Rusia, angka 19 juga terkait jumlah huruf dalam arti Bismillahirrahmanirahim sebagai berikut:

Bismillah yang mengawali semua surat terdiri dari 19 huruf, Jumlah surat 114 merupakan kelipatan 19 (19×6) dan Angka 19 menggambarkan angka 1 sebagai awal dan 9 sebagai akhir, sebagai konsep awalin dan akhirin segala sesuatunya. Turunnya Bismilah itu adalah perwujudan rahmat Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Keutamaan Bismillah banyak diriwayatkan diantaranya sabda Nabi:

Ketika ayat Bismillahirahmanirrahim diturunkan, awan-awan lari ke timur, angin tidak bergerak namun laut bergelombang, binatang-binatang dengan penuh perhatian mendengarkan apa yang terjadi, setan-setan dirajam atau dilempari panah api dari langit dan Allah bersumpah demi kemulianNya dan kebesaranNya bahwa menyebut namaNya atas sesuatu niscaya Allah limpahkan berkah pada sesuatu itu (HR Ibnu Marwah).

Hadis selanjutnya, sabda Nabi SAW:

"Siapa yang ingin supaya Allah selamatkan dia dari 19 malaikat penjaga neraka maka hendaklah membaca bismillahirrahmanirrahim niscaya Allah buatkan untuknya yang membaca dari setiap satu huruf itu dengan sebuah surga."

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini