Sukses

Dibuat dari Sarang Lebah Madu, Patung Ini Dibanderol Rp 649 Juta

Liputan6.com, Jakarta Lebah merupakan salah satu hewan yang memiliki banyak hal mengagumkan. Salah satunya ialah membuat sarang dengan berbentuk segienam yang memiliki luas maksimal untuk menampung madu.

Namun, pernahkah kamu berpikir jika sarang madu dari lebah bisa dibuat menjadi sebuah patung? Meski terdengar cukup mustahil, nyatanya hal tersebut bisa benar-benar dilakukan.

Dilansir Liputan6.com dari Boredpanda, Kamis (14/1/2021) seorang seniman berhasil membuat sebuah kreasi baru yang mungkin tak pernah terpikirkan sebelumnya. Seniman Tomas Libertiny asal Slovakia ini memang dikenal kerap menciptakan sebuah karya seni baru dengan mengeksplorasi keindahan alam serta mempelajari hubungan antara manusia dan alam.

Pada karya terbarunya, Libertiny bahkan berhasil membuat sebuah karya patung Ratu Nefertiti yang terbuat dari sarang lebah madu. Pria yang kini bekerja di Rotterdam, Belanda tersebut sukses mencuri perhatian dengan karya patung terbarunya yang tak biasa.

2 dari 3 halaman

Libatkan 60.000 lebah

Proyek pembuatan patung Ratu Nefertiti dari Mesir tersebut sekilas memang terlihat seperti sebuah patung lilin dengan detail sarang lebah. Namun, alih-alih menggunakan lilin untuk membuat patung, ia justru meminta bantuan pada sekumpulan lebah yang berjumlah sekitar 60.000 lebah. Hal ini pun membuat patung yang dibuat oleh Libertiny tampak sangat alami namun memiliki nilai seni dengan paduan strukturalnya.

Proses pengerjaan patung dari sarang lebah madu ini pun tidaklah singkat, Ia pun harus merancang kerangka untuk membangun sarang lebah secara khusus. Butuh waktu 2 tahun untuk merampungkan karya seni unik tersebut di sebuah museum.

3 dari 3 halaman

Dibanderol Rp 649 Juta

Karya seni Tomas Libertiny pun dibingkai dengan sangat cantik sebelum ditampilkan di Kunsthal Rotterdam pada pertengahan 2019 lalu. Namun, pada akhir 2020 lalu, patung tersebut resmi selesai dan dipamerkan di Galeri Rademakers, Amsterdam.

Ia menyebutkan jika patung sarang lebah tersebut menjadi sebuah bukti akan kekuatan dari alam serta mampu menggambarkan karakter kuno wanita kuat yang berkuasa melawan rintangan. Patung tersebut pun tak hanya bisa dilihat dalam sebuah museum saja. Namun rupanya kamu juga bisa membelinya.

Jika menginginkan patung tersebut ada di kediamanmu, maka kamu perlu merogoh kocok sebanyak kurang lebih 46.200 dollar atau sekitar Rp 649 Juta.