Sukses

20 Makanan Khas Aceh yang Terkenal, Otentik Banget

Liputan6.com, Jakarta Mengunjungi provinsi Aceh, tidak akan lengkap rasanya tanpa mencicipi makanan khas Aceh. Apalagi Aceh adalah salah satu kawasan di bumi pertiwi yang kaya rempah. Tidak heran, berwisata kuliner di Aceh selalu bikin nagih para wisatawan yang datang ke sana.

Kawasan yang dekat dengan Kepulauan Andama dan Nikobar India ini membuat makanan khas Aceh lebih istimewa. Banyak yang menyebut bahwa makanan khas Aceh dipengaruhi oleh cita rasa India, Arab, Belanda, Spanyol, Siam, dan China.

Namun yang paling dominan adalah Arab dan India. Provinsi paling Barat Indonesia ini merupakan gerbang utama jalur perdagangan dunia. Hal ini yang membuat makanan khas Aceh banyak dipengaruhi budaya luar dan sampai sekarang justru rasanya semakin nempel di lidah orang Indonesia.

Berikut Liputan6.com ulas makanan khas Aceh dari berbagai sumber, Jumat (15/1/2021).

2 dari 7 halaman

Makanan Khas Aceh

Kari Kambing

Kari Kambing atau Sie Kameng adalah makanan khas Aceh yang terasa sedap dan kental kuahnya. Daging kambingnya yang empuk dan dipadu padankan dengan bumbu rempah membuat kari ini menjadi makanan wajib ketika ada acara hajatan. Biasanya yang memasak adalah sekumpulan laki-laki dengan belanga (kuali) super besar dengan kayu bakar.

Sambal Ganja

Nama sambal ini memang cukup kontroversi, namun bahan aslinya bukanlah terbuat dari ganja. Alasan pemberian namanya karena sambal ini membuat ketagihan siapa saja yang mencobanya. Asam Udeung atau sambal ganja berbahan dasar udang dengan cita rasa asam. Cara membuatnya juga terbilang sangat mudah seperti sambal pada umumnya.

Sate Matang

Di setiap sudut daerah di Aceh pasti ada gerobak yang berjualan sate ini. Dinamakan sate matang karena memang asal sate ini dari daerah Matang, Kabupaten Bireuen. Sate daging sapi ini terasa spesial karena dimakan dengan kuah soto yang isinya lemak sapi dan kuah kacang.

Dendeng

Dendeng Aceh menjadi makanan khas Aceh yang sering dijadikan oleh-oleh. Dendeng Aceh biasanya terbuat dari daging sapi atau daging rusa. Daging segar diiris tipis dan dikeringkan agar bisa bertahan lama.

3 dari 7 halaman

Makanan Khas Aceh

Eungkot Keumamah

Eungkot Keumamah merupakan makanan khas Aceh yang sangat lezat. Makanan ini berbahan dasar ikan tongkol yang telah direbus dan dikeringkan kemudian disuwir-suwir.

Makanan ini dimasak dengan santan kelapa, cabai hijau dan bahan rempah lainnya. Selama perang Aceh melawan Belanda, makanan ini menjadi andalan ketika bersembunyi karena awet tanpa perlu dipanaskan.

Asam Keueng

Asam Keueng berarti asam pedas. Makanan ini sangat terkenal di Aceh. Setiap rumah pasti ada yang memasak masakan ini. Cita rasanya yang asam dan pedas membuat siapa pun yang mencoba pasti ingin makan lagi.

Pliek U

Makanan ini terbuat dari berbagai sayuran dan dimasak dengan santan serta rempah-rempah. Pliek U melambangkan kekerabatan dan keanekaragaman dalam masyarakat Aceh. Makanan ini wajib dicoba, sebab jika kamu berada di Aceh sangat mudah untuk mendapatkannya.

4 dari 7 halaman

Makanan Khas Aceh

Ayam Tangkap

Ayam tangkap merupakan makanan yang terbuat dari ayam yang digoreng dengan cabai hijau dan daun temuru (salam koja atau daun kari). Rasanya memang seperti ayam goreng biasa, namun ada sensasi aroma rempah-rempah yang membuatnya istimewa.

Kuah Sie Itek

Kuah Sie Itek merupakan olahan gulai bebek yang berasal dari Bireueun. Ada dua jenis Kuah Sie Itek yang bisa ditemui, Kuah Sie Itek merah dan putih. Kuah Sie Itek merah dibuat dengan campuran cabai merah. Sementara Kuah Sie Itek dibuat menyerupai opor.

Nasi Gurih

Nasi Gurih merupakan olahan nasi yang mirip dengan nasi uduk dan nasi liwet. Nasi gurih dimasakan dengan santan kelapa dan rempah khas aceh. Nasi ini biasa disantap bersama lauk seperti telur dadar, ikan, dan sambal.

5 dari 7 halaman

Makanan Khas Aceh

Mi Aceh

Mi Aceh menjadi makanan khas Aceh yang sangat populer di Indonesia. Mi Aceh biasa disajikan dengan digoreng, ditumis atau direbus. Mi Aceh berisi mi kuning tebal dengan irisan daging sapi, daging kambing atau makanan laut. Mi Aceh disajikan bersama sup atau kuah sejenis kari yang gurih dan pedas.

Bubur Kanji Rumbi

Bubur Kanji Rumbi mirip dengan bubur ayam, namun dengan cita rasa rempah yang khas. Bubur ini sering menjadi kudapan saat Ramadan tiba. Bubur Kanji Rumbi bisannya akan dilengkapi dengan udang dan potongan daging.

Kuah Beulangong

Kuah Beulangong merupakan olahan daging sapi atau kambing yang dimasak di dalam belanga besar. Makanan khas Aceh ini juga diberi tambahan nangka muda yang menambah nikmat cita rasanya.

6 dari 7 halaman

Makanan Khas Aceh

Eungkot Paya

Makanan khas Aceh selanjutnya adalah Eungkot Paya. Eungkot Paya merupakan olahan ikan payau yang biasanya hidup di sungai. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan gabus, lele, atau seungkoe. Eungkot Paya punya citar rasa asam dan rempah yang khas.

Kuah Masam Keu-eung

Kuah Masam Keu-eung merupakan olahan ikan dengan rasa asam, asin, dan pedas dalam kuah kekuningan. Selain ikan, Kuah Masam Keu-eung juga berisi udang atau daging. Kuah masam keu-eung ini memiliki cita rasa unik tersendiri.

Tasak Telu

Tasak Telu merupakan makanan khas Aceh Tenggara. Tasak Telu biasanya merupakan olahan ayam yang dimasak dengan tiga jenis bumbu yaitu cabe rawit, batang serai, dan bawang merah.

7 dari 7 halaman

Makanan Khas Aceh

Gulai Kambing

Gulai kambing menjadi makanan khas Aceh yang enaknya kebangetan selanjutnya. Rasa gulai ini cukup khas jika dibandingkan dengan gulai-gulai dari daerah lain di Indonesia.

Ini mengingat gulai kambing khas Aceh dengan penyajian yang masih panas, dagingnya empuk dan tidak bau, ada tambahkan bawang dan cabai cingcang di dalamnya.

Rujak Aceh

Makanan khas Aceh yang kelima ada rujak Aceh. Sebenarnya, rujak ini hampir sama dengan rujak-rujak di daerah lain di Indonesia. Yang membedakan adalah, rujak Aceh disajikan bersama parutan buah rumbia khas Aceh yang memiliki cita rasa khas dan menggugah selera.

Pisang Sale

Pisang sale merupakan makanan khas Aceh sejak zaman dahulu. Disebut sebagai makanan ringan, pisang ini berwarna coklat karena dioleskan gula tebu dan diasapkan. Aromanya yang manis membuat kamu ingin mencicipinya.

Sie Reuboh

Sie Reuboh merupakan makanan khas Aceh yang sangat terkenal. Sie Reuboh terbuat dari rebusan daging sapi yang dibumbui dengan rempah dan cuka.