Sukses

6 Makanan Korea Selatan yang Halal dan Terpopuler, Lezat

Simak makanan Korea Selatan yang ramah muslim berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Kalau kamu penggemar drama Korea atau sering nonton tayangan reality show mereka, pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai menu makanan Korea Selatan. Bahkan, kesempatan berlibur ke Korea Selatan jadi dambaan banyak orang.

Jauh-jauh ke Korea Selatan, tentu tidak lengkap kalau melewatkan kuliner khasnya. Banyak ragam makanan Korea Selatan yang patut dicicipi. Tapi, terkadang tidak mudah mendapatkan makanan Korea Selatan yang bisa dikonsumsi wisatawan muslim.

Namun, seiring perkembangan wisatanya, sudah banyak restoran yang ramah pelanggan muslim karena menyajikan makanan Korea Selatan yang halal. Itaewon bisa jadi salah satu kawasan yang banyak makanan Korea Selatan yang halal, begitu pula dengan Myeong-dong, Dongdaemun, serta kawasan Nami Island.

Supaya tidak semakin penasaran apa saja makanan Korea Selatan yang ramah muslim tersebut, berikut ini Liputan6.com sudah merangkumnya dari berbagai sumber, Jumat (15/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Yangnyeom Gejang, Ganjang Gejang

Salah satu makanan Korea Selatan ini mungkin sering kamu temui dalam drama Korea. Bahan utama dari makanan Korea Selatan ini berupa kepiting rajungan mentah yang dimarinasi. Umumnya, kepiting akan dimarinasi dengan kecap asin, namun bisa juga dengan saus pedas khas Korea.

Selanjutnya, makanan Korea Selatan ini akan semakin nikmat ketika disantap bersama nasi hangat lalu dibungkus menggunakan lembaran rumput laut kering. Di Korea sendiri, cara penyajiannya ada dua macam, yaitu premium dan buffet. Makanan Korea Selatan ini bisa dengan mudah ditemui di daerah Dongdaemun.

3 dari 7 halaman

2. Dakgalbi

Selanjutnya, dakgalbi adalah sejenis menu oseng ayam yang dibumbui dengan saus khas Korea dengan cita rasa pedas. Selanjutnya, makanan ini disantap berdampingan dengan sayuran seperti kimchi serta daun selada. Bahan utama yang digunakan dalam masakan ini sering menggunakan daging ayam bagian paha agar mendapatkan tekstur daging yang lebih lembut ketika digigit.

makanan Korea Selatan ini umumnya akan disajikan di dalam wajan panas. Uniknya, jika terdapat bumbu sisa, masih dapat digunakan sebagai bahan membuat nasi goreng. Jika suka, biasanya hidangan ini jauh lebih nikmat apabila ditambahkan keju mozarella maupun sejenisnya. Untuk menikmati menu ini, bisa dengan mudah ditemui di restoran kawasan Nami Island, di Cuncheon, namun banyak juga di kawasan Seoul.

4 dari 7 halaman

3. Chadol Baegi

Makanan Korea Selatan ini merupakan beef brisket atau daging sapi yang diiris tipis, kemudian dimasak di atas panggangan. Saat mengonsumsinya, akan diberi pendamping berupa saus samjang atau bisa juga dengan kecap asin serta cabai, selanjutnya dibungkus dengan lembaran sayur selada.

Ada salah satu restoran yang bisa dibilang cukup terkenal menyajikan makanan Korea Selatan ini, yaitu restoran milik celebrity chef, Baek Jong Won.

5 dari 7 halaman

4. Bulgogi

Kemudian, makanan Korea Selatan ini tentunya sudah tidak lagi asing bagi masyarakat Tanah Air. Pasalnya, di Indonesia sendiri, banyak restoran yang menjual makanan Korea Selatan ini dan cukup banyak penggemarnya. Maka, ketika berkunjung ke Korea Selatan, bulgogi bisa menjadi salah satu pilihan terbaik bagi wisatawan muslim.

Salah satu yang membuat unik Korea Selatan, yaitu restoran di sana biasanya hanya fokus pada satu menu. Salah satunya restoran bulgogi yang hampir 90 persen menunya menjual menu bulgogi  adalah Dokkaebi, yang merupakan salah satu restoran bulgogi paling terkenal seantero Korea Selatan.

6 dari 7 halaman

5. Samgyetang

Cuaca Korea Selatan yang terkadang sangat dingin, tentu akan sangat cocok jika mengonsumsi makanan hangat. Makanan Korea Selatan ini, selain dihidangkan hangat, juga sangat sehat. Sebab, samgyetang sebenarnya merupakan sejenis sup ayam khas Korea Selatan yang dimasak menggunakan ginseng.

Kandungan gingseng tersebut tentunya menajadi alasan mengapa makanan Korea Selatan ini bisa memberi manfaat bagi tubuh. Bahan yang digunakan di dalam sup ini berisi ayam muda yang utuh, kemudian dilakukan perebusan selama beberapa jam menggunakan api kecil. Tujuannya tidak lain untuk menghasilkan daging yang empuk ketika akan disantap.

Salah satu yang unik, hampir sebagian besar orang Korea Selatan sering menyantapnya di kala musim panas. Pasalnya, menurut mereka, ketika memakan makanan Korea Selatan ini di cuaca yang panas, membuat keringat banyak keluar, hingga pada akhirnya suhu tubuh akan turun dengan sendirinya setelah menyantap hidangan panas tersebut.

7 dari 7 halaman

6. Gopchang, Daechang, Makchang

Selanjutnya, makanan Korea Selatan ini dibuat dari bahan berupa jeroan. Namun, ada baiknya untuk memastikan jika jeroan yang dijual adalah jeroan sapi. Untuk menikmati menu ini biasanya dapat disajikan dengan metode dipanggang atau bisa juga dijadikan sup menggunakan kuah kaldu yang pekat.

Kendati menu utamanya jeroan, umumnya orang Korea Selatan juga sering menikmatinya menggunakan pendampin berupa sayuran, seperti kucai maupun umbi-umbian. Hal tersebut bisa membuat makanan Korea Selatan ini tetap sehat untuk dikonsumsi. Untuk bisa menikmati hidangan ini, bisa dengan mudah ditemukan di kawasan Daegu.

Namun, meski banyak makanan Korea Selatan yang ramah muslim di atas, ada baiknya memastikannya melalui tanda halal yang biasanya terpampang di restoran atau toko yang menjual makanan Korea Selatan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini