Sukses

5 Manfaat Acar untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya yang Benar

Liputan6.com, Jakarta Manfaat acar untuk kesehatan tergantung pada bahan pembuatnya. Biasanya makan satu ini dibuat dari berbagai bahan seperti, timun, wortel, cabai, bawang, tomat, dan sebagainya. Acar pada umumnya dibuat dari mentimun dan jenis sayuran lain yang direndam dalam cuka.

Kamu bisa membuat acar timun dan wortel yang kerap dijadikan pelengkap nasi goreng, sate, atau masakan lainnya. Seperti sayuran pada umumnya, kandungan air pada acar sangat tinggi dan memiliki sedikit lemak dan protein. 

Manfaat acar untuk kesehatan dipengaruhi oleh berbagai kandungannya tersebut. Acar juga tinggi konsentrasi vitamin karena campuran cuka dan garam mengeluarkan air dari sayuran yang menjadi bahan utamanya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (15/1/2021) tentang manfaat acar.

2 dari 4 halaman

Manfaat Acar untuk Kesehatan

Sumber Antioksidan

Sama halnya dengan buah dan sayuran lainnya, acar mengandung antioksidan. Buah atau sayur mentah yang disimpan tanpa dimasak telebih dahulu memiliki banyak kandungan antioksidan. Hal ini disebabkan karena proses memasakmakanan dapat menghilangkan nutrisi yang sensitif terhadap panas, termasuk antioksidan. Jadi, kandungan antioksidan pada acara masih terjaga.

Studi di laboratorium telah menunjukkan bahwa antioksidan dapat menangkal efek radikal bebas. Radikal bebas adalah bahan kimia dalam tubuh yang dapat berperan dalam pengembangan berbagai masalah kesehatan. Masalah-masalah ini termasuk kanker, peradangan, penyakit jantung, dan berbagai penyakit kronis. Jadi, manfaat acar untuk kesehatan sangatlah besar.

Mengontrol Gula Darah

Acar yang menggunakan air garam berbasis cuka dapat membantu mengontrol glukosa darah. Kadar glukosa darah yang stabil dapat membantu mencegah perasaan lapar yang hebat. Mencegah lonjakan glukosa darah juga penting untuk kesehatan penderita diabetes.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi acar yang dibuat menggunakan cuka dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Menurut American Diabetic Association, cuka membantu meningkatkan sensitivitas insulin pada orang dengan resistensi insulin atau diabetes tipe 2, terutama setelah mereka mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi.

Manfaat acar bisa didapatkan karena asam asetat pada cuka dapat membantu orang yang memiliki masalah kesehatan ini. Namun, tingkat konsumsi acar tetap harus dijaga untuk menghindari kelebihan asupan garam karena dapat meningkatkan tekanan darah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Acar untuk Kesehatan

Sumber Vitamin dan Mineral yang Baik untuk Tubuh

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, manfaat acar untuk kesehatan dipengaruhi oleh kandungannya. Acara mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, seperti vitamin C, vitamin K, vitamin A, folat, zat besi, potasium, hingga kalsium.

Mengonsumsi acar tidak hanya lezat, tetapi juga memberikan vitamin dan mineral yang merupakan mikronutrien yang sangat dibutuhkan tubuh. Dengan begitu, kamu akan terlindungi dari penyakit, imunitas menguat, tulang menjadi kuat, dan lain sebagainya.

Memulihkan Keseimbangan Elektrolit

Elektrolit adalah garam yang dibutuhkan tubuh untuk fungsi kesehatan. Ketika seseorang mengalami dehidrasi, mereka juga dapat kehilangan elektrolit. Manfaat acar untuk kesehatan dapat memulihkan kembali keseimbangan elektrolit ini.

Acar mengandung natrium dan elektrolit yang tinggi. Secara teoritis, ini menunjukkan bahwa jus acar mungkin menjadi pilihan untuk mengembalikan elektrolit ke orang yang mengalami demam, muntah, atau dehidrasi.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Selain itu, manfaat acar untuk kesehatan juga baik untuk pencernaan. Probiotik merupakan jenis bakteri yang ramah pada sistem pencernaan dan membantu kamu untuk memproses makanan. Acar yang telah difermentasi dengan garam membentuk bakteri probiotik yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Acar Timun dan Wortel yang Sehat dan Segar

Setelah mengenali berbagai manfaat acar untuk kesehatan, tentunya kamu ingin mencoba mengonsumsinya. Kamu bisa membuat makanan sehat satu ini dengan mudah. Kamu tinggal mengumpulkan bahan-bahannya dan mengikuti langkah-langkah yang tidak begitu sulit.

Berikut cara membuat acar timun dan wortel yang sehat:

Bahan-bahan:

- 2 buah mentimun

- 2 buah wortel

- 7 siung bawang merah

- 5 buah cabai rawit

- 2 sdm cuka makan

- 1 sdm gula pasir

- 4 sdm air hangat

Cara membuat acar timun dan wortel:

1. Kupas mentimun, buang bijinya, dan potong sepanjang korek api.

2. Kupas wortel dan potong sepanjang korek api sama seperti mentimun.

3. Potong-potong bawang merah dan cabai rawit. Campurkan dengan mentimun dan wortel.

4. Tambahkan gula, cuka dan air hangat. Aduk rata. Masukkan ke dalam kulkas hingga kurang lebih 4 jam, baru acar bisa disantap dengan rasa yang lebih menyatu dan segar.

5. Acar siap sajikan sebagai pendamping masakan berat seperti nasi goreng, mie goreng, martabak, sate dan lain sebagainya.