Sukses

12 Bahan Alami Pengusir Tikus, Ampuh dan Mudah Ditemukan di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Mendapati tikus di rumah sudah pasti mengganggu tuan rumah. Namun tenang, ada bahan alami pengusir tikus yang bisa digunakan untuk membasmi dan menjeratnya agar tidak kembali.

Selain menjadi pemicu masalah kesehatan karena urin, kotoran, dan kutunya, hewan pengerat ini hobi mencuri makanan di rumah. Tidak perlu repot-repot meracuninya dengan bahan kimia, karena bahan alami pengusir tikus ternyata banyak tersedia di dapur loh.

Bahan alami pengusir tikus ini terdiri dari tanaman herbal dan bumbu dapur. Kebanyakan bahan ini ampuh mengusir tikus karena bau khas menyengat dan racun yang terkandung di dalamnya.

Berikut Liputan6.com ulas bahan alami pengusir tikus dari berbagai sumber, Sabtu (16/1/2021).

2 dari 7 halaman

Bahan Alami Pengusir Tikus

Sage

Tanaman sage kerap ditemui sebagai tanaman hias yang mempercantik taman. Sage memiliki bau menyengat yang tak disukai tikus. Menanam sage di sekitar rumah akan menjauhkan tikus masuk ke dalam rumah. Sage putih atau hijau dapat ditanam untuk mengusir tikus karena aroma yang kuat dari kedua varietas.

Sage bukan tanaman pilih-pilih dan akan tumbuh dengan baik di semua jenis tanah selama ada drainase yang layak, dan harus ada sinar matahari hampir sepanjang hari. Daun sage dapat dikonsumsi dan memberi berbagai manfaat kesehatan.

Bawang

Bau yang dikeluarkan pada bawang merah dan bawang putih juga tak disukai oleh tikus. Bawang putih dan bawang merah ditanam dari umbi dan membutuhkan ruang dengan sinar matahari penuh dan tanah yang kering.

Tanamlah umbi bawang merah dan bawang putih di halaman rumah untuk menangkal tikus sekaligus memanennya untuk bahan dapur.

Mengusir tikus dengan bawang tanpa menanamnya juga bisa dilakukan. Taruh saja bawang merah dan bawang putih di sekitar rumah atau membuat cairan bawang. Tempatkan potongan bawang merah dan bawang putih dalam semprotan dan air. Semprotkan di sekitar fondasi atau di mana pun tikus akan lewat.

3 dari 7 halaman

Bahan Alami Pengusir Tikus

Buah Bintaro

Bintaro adalah tumbuhan pantai atau paya berupa pohon dengan ketinggian dapat mencapai 12m. Daunnya berbentuk bulat telur, berwarna hijau tua, yang tersusun berselingan. Bunganya harum dengan mahkota berdiameter 3-5cm berbentuk terompet dengan pangkal merah muda. Buah bintaro berbentuk telur, panjang 5-10cm, dan berwarna merah cerah saat matang.

Pohon bintaro dikenal dapat mengusir tikus karena kandungan racun dalam buahnya. Tikus cenderung takut dan menghindari buah ini karena bintaro mengandung racun yang aromanya hanya tercium oleh tikus. Letakkan buah bintaro di beberapa sudut rumah, misalnya halaman, garasi, dapur, dan area samping rumah untuk mencegah masuknya tikus.

Namun, penggunaan buah bintaro ini juga perlu diperhatikan bagi Anda yang memiliki anak kecil karena buah bintaro juga bisa beracun bagi manusia.

Kulit Durian

Buah yang satu ini rupanya bisa digunakan sebagai pengusir dan penjerat tikus yang berkeliaran di dalam rumah. Cara mengusir tikus dengan bahan alami ini adalah dengan menggunakan bagian kulitnya.

Caranya, potong kulit buah durian kemudian letakkan di tempat-tempat yang sering didatangi oleh tikus curut. Selain memiliki duri yang tajam, aroma buah durian yang menyengat ampun sebagai salah satu cara mengusir tikus.

4 dari 7 halaman

Bahan Alami Pengusir Tikus

Baking Soda

Baking soda bisa menjadi digunakan untuk mengusir kehadiran tikus. Cara mengusir tikus dengan baking soda adalah dengan mencampurkan baking soda ke makanan yang kerap diincar oleh tikus.

Memakan makanan yang sudah diberi soda akan menyebabkan badan tikus menggembung karena mereka tidak bisa mengeluarkan gas yang dihasilkan soda. Tikus tidak akan langsung mati di tempat, melainkan mereka akan lari ke ruang terbuka sebelum mati karena menahan gas tersebut.

Buah Mengkudu

Buah mengkudu sangat bermanfaat sebagai bahan alami pengusir tikus. Caranya sangat mudah yaitu dengan menghancurkan buah mengkudu kemudian larutkan pada air.

Semprotkan larutan tersbeut pada area yang sering dilalui oleh tikus atau semprotkan pada lubang tikus. Cara ini akan membuat tikus kabur dari rumah dan tidak berani datang lagi.

5 dari 7 halaman

Bahan Alami Pengusir Tikus

Kantung Teh

Untuk mengusir tikus dari dalam rumah ternyata bisa dengan menggunakan kantung teh. Peppermint dalam kantung teh akan bertugas mengusir tikus karena dapat menyebabkan iritasi pada hidung tikus.

Hal ini akan membuat indra pencium tikus tidak akan berfungsi lagi dengan baik dan hama kecil ini akan segera meninggalkan rumah. Caranya tempatkan beberapa bekas kantung teh di dekat sarang tikus atau area yang sering didatangi tikus dan lihat hasilnya.

Kulit Jengkol

Tak hanya sebagian manusia yang membenci aroma jengkol, ternyata tikus juga tidak menyukasinya. Aroma yang dikeluarkan jengkol akan membuat tikus kabur dan terusir.

Untuk mengusirnya, kamu perlu menghancurkan kulit jengkol dengan cara diblender. Lalu membuatnya menjadi cairan dalam wadah semprotan.

Selain kulit jengkol, mengusir tikus bisa dilakukan dengan kulit telur. Caranya haluskan kulit telur sampai menjadi bubuk. Taburkan bubuk kulit telur tersebut di tempat yang sering dilewati tikus.

6 dari 7 halaman

Bahan Alami Pengusir Tikus

Rempah

Hama satu ini sangat membenci aroma yang dikeluarkan cengkeh. Kamu bisa melapisi cengkeh dengan kain kasa dan letakkan di salah satu ruangan atau tempat yang kerap dilalui tikus.

Cara mengusir tikus dengan lada bubuk adalah dengan menaruh lada bubuk di tempat persembunyian tikus atau di tempat yang sering didatangi. Senyawa piperin yang ada pada lada sangat menyengat akan membuat tikus merasa terganggu dan pergi.

Daun Sirsak

Di dalam daun sirsak terdapat zat perangsang yang mengeluarkan bau, dan bau ini akan dihindari tikus. Karenanya cukup ampuh jika kamu menggunkan daun sirsak untuk mengusir tikus. Kamu perlu menghancurkan sobekan daun sirsak menjadi potongan-potongan kecil sebelum menaruhnya di area ruangan yang sering dilalui tikus.

Membasmi tikus di rumah memang perlu dilakukan. Pasalnya tikus tak hanya hobi merusak berbagai makanan dan peralatan di rumah, tikus juga bisa menjadi biang kerok dari penyebaran penyakit-penyakit berbahaya yang menyerang manusia.

7 dari 7 halaman

Bahan Alami Pengusir Tikus

Mint

Tanaman mint merupakan tanaman yang mudah tumbuh dan dibudidayakan. Anda dapat menanam mint di sekitar kebun untuk membantu mengusir tikus dan hama lainnya. Anda juga dapat menanam mint di pinggiran halaman untuk mencegah lubang tikus.

Ada banyak varietas mint yang berbeda, dan semuanya memiliki daun aromatik yang dapat mencegah serangga dan tikus. Seperti kebanyakan tanaman herbal lain, mint tidak membutuhkan kondisi pertumbuhan khusus dan akan tumbuh subur di tempat mana pun yang mendapat banyak sinar matahari.

Tak cuma menangkal hama, Anda juga akan mendapatkan mint segar setiap hari untuk digunakan dalam memasak dan membuat kue. Daun mint juga dapat dikeringkan dengan baik untuk teh atau memasak.

Lavender

Dilansir RexResearch.com tanaman lain yang mengusir tikus adalah lavender. Lavender yang dapat ditanam sebagai tanaman pendamping untuk mengusir sejumlah hama kebun, seperti ngengat dan kutu. Kebanyakan orang tidak membutuhkan alasan untuk menanam lavender.

Antara aroma yang indah dan bunga-bunga ungu yang cantik lavender cocok menjadi penghias halaman rumah. Lavender juga dapat dipotong menjadi tangkai dan dibiarkan di berbagai sudut dalam rumah untuk mengusir tikus. Tanaman lavender paling cocok ditanam pada suhu kering. Beri mereka banyak sinar matahari, cuaca hangat dan tak perlu repot dengan pupuk tambahan karena tanaman ini dapat dengan mudah berkembang.

Anda dapat membiarkannya tumbuh dan menciptakan penghalang tikus. Anda juga bisa memanen bunga ungu untuk diletakkan di dalam rumah yang akan menambah memberi keharuman dan menangkal hama dalam ruangan.