Sukses

12 Makanan untuk Lawan Kecanduan Gula, Lebih Sehat

Kecanduan gula bisa sebabkan berbagai masalah.

Liputan6.com, Jakarta Makanan manis termasuk favorit banyak orang. Mulai dari aneka kue hingga beragam bentuk permen, makanan manis selalu sukses memanjakan lidah. Saking nikmatnya, makanan manis ini kerap dikonsumsi secara berlebihan.

Akibatnya, ketagihan makanan manis jadi tak bisa dihindari. Ini membuat seseorang bisa mengalami sugar craving, atau mengidam gula terus menerus. Mereka yang mengidam gula merasakan dorongan yang kuat untuk makan sesuatu yang manis. Ini membuatnya sulit mengontrol dirinya saat sedang makan.

Sugar craving bisa menimbulkan konsumsi kalori berlebihan. Pada akhirnya, ketagihan gula menimbulkan masalah seperti kelebihan berat badan, diabetes, hingga kerusakan gigi. Untungnya, ada cara untuk membantu menghentikan keinginan untuk makan gula.

Beberapa makanan sehat bisa membantu mengalihkan diri dari konsumsi gula yang tidak sehat. Makanan-makanan ini mengandung gula alami yang jauh lebih sehat. Berikut 12 makanan yang bisa membantu melawan kecanduan gula, dirangkum Liputan6.com dari Healthline, Minggu (17/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Makanan untuk Lawan Kecanduan Gula

Cokelat hitam

Cokelat dikenal sebagai makanan manis yang bisa membuat ketagihan. Namun, kamu bisa tetap mengonsumsi cokelat tanpa mengonsumsi banyak gula di dalamnya. Kamu bisa membuat pilihan yang lebih sehat dengan cokelat hitam.

Cokelat hitam adalah cokelat yang mengandung lebih dari 70% kakao. Jenis ini juga mengandung senyawa polifenol. Efek antioksidan dan anti-inflamasi dari polifenol ini dapat membantu meningkatkan penanda kesehatan jantung. Namun, seperti cokelat biasa, cokelat hitam mengandung gula dan lemak, jadi sebaiknya tetap dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

Buah-buahan

Ketika kebanyakan orang merasakan mengidam gula, mereka biasanya meraih makanan tinggi lemak dan tinggi gula. namun, mengganti makanan ini dengan buah-buahan saat merasa ingin mengonsumsi yang manis-manis bisa membantu mengurangi keinginan gula tersebut.

Buah secara alami manis tetapi juga mengandung banyak senyawa dan serat tumbuhan yang bermanfaat. Ini membantu tubuh menyerap gula alami dan menjaganya tetap sehat. Buah beri adalah pilihan yang sangat baik dan bergizi untuk menghentikan mengidam gula. Rasanya manis, tetapi kandungan seratnya yang tinggi berarti gula tersebut cukup rendah.

3 dari 7 halaman

Makanan untuk Lawan Kecanduan Gula

Sayuran

Sayuran kaya serat dan rendah kalori. Mereka juga mengandung banyak nutrisi bermanfaat dan senyawa tanaman. Konsumsi sayuran setiap hari bisa menurunkan risiko penyakit seperti penyakit jantung dan kanker. Serat dalam sayuran bisa mencegah makan berlebihan.487427

Biji chia

Biji chia adalah sumber nutrisi penting yang baik, termasuk asam lemak omega-3, serat makanan yang dapat larut dan beberapa senyawa tanaman yang sehat. Serat semacam ini dengan mudah menyerap air dan membantu kenyang lebih lama. Ini bisa mencegah mengidam gula yang tidak diinginkan.

4 dari 7 halaman

Makanan untuk Lawan Kecanduan Gula

Permen karet bebas gula

Mengunyah permen karet bisa menjadi cara yang bagus untuk mengontrol keinginan makan gula. Permen karet mint yang dibuat dengan pemanis buatan memiliki rasa manis tetapi mengandung sedikit kalori dan tanpa gula. Meskipun hasilnya beragam, beberapa penelitian juga menemukan bahwa mengunyah permen karet dapat membantu mengendalikan rasa lapar, mengidam, dan asupan makanan berat karbohidrat di kemudian hari. Permen karet tanpa gula ini juga aman untuk kesehatan gigi.

Yogurt

Yogurt adalah camilan sehat yang tinggi protein dan kaya kalsium. Yogurt bisa menjadi camilan yang baik untuk membantu mengatur nafsu makan dan mengendalikan keinginan makan yang tidak perlu. Pilihan paling sehat untuk yogurt adalah yogurt yang mengandung kultur hidup dan bebas gula tambahan.

5 dari 7 halaman

Makanan untuk Lawan Kecanduan Gula

Kurma

Kurma adalah buah kering dari pohon kurma. Mereka sangat bergizi dan sangat manis. Meskipun telah dikeringkan, mereka merupakan sumber serat, kalium, zat besi dan senyawa tanaman yang bermanfaat. Namun, ingatlah bahwa kurma sangat manis, jadi tetap konsumsi kurma dalam jumlah sedang, atau sekitar tiga buah kurma sehari.

Plum kering

Plum kering atau plum, penuh dengan serat dan nutrisi serta rasanya sangat manis. Seperti kurma, buah kering in bisa dijadikan alternatif yang sehat untuk mengemil makanan manis. Kandungan seratnya yang tinggi dan sorbitol yang terbentuk secara alami juga berarti dapat membantu meredakan sembelit.

6 dari 7 halaman

Makanan untuk Lawan Kecanduan Gula

Ubi jalar

Ubi jalar bergizi, manis dan sangat mengenyangkan. Mereka tal hanya mengandung karbohidrat tetapi juga serat dan sejumlah vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, vitamin C dan kalium. Konsumsi karbohidrat dan serat yang cukup bisa membantu melawan ketagihan gula.

Daging, unggas, ikan

Memasukkan sumber protein seperti daging, unggas, atau ikan dalam makanan dapat membantu mencegah keinginan makan gula. Mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup mungkin sangat penting untuk mengelola asupan makanan, keinginan ngemil, dan berat badan. Jika kamu vegetarian, jangan khawatir, sumber protein nabati juga bisa memiliki efek yang sama.

7 dari 7 halaman

Makanan untuk Lawan Kecanduan Gula

Telur

Telur adalah makanan berprotein tinggi lainnya yang dapat membantu mengendalikan nafsu makan dan keinginan mengonsumsi gula. Sarapan tinggi protein seperti telur dapat mengurangi rasa lapar dan membantu orang makan lebih sedikit sepanjang hari.

Makanan fermentasi

Makanan fermentasi seperti yogurt, kimchi, kombucha, dan sauerkraut adalah sumber bakteri menguntungkan. Bakteri menguntungkan yang ditemukan dalam makanan ini dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri "baik" di usus. Bakteri baik ini juga bisa memengaruhi nafsu makan, dan mencegah makan berlebihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini