Sukses

16 Makanan Khas Jawa Timur yang Menggugah Selera

Beragam makanan khas Jawa Timur ini sayang jika dilewatkan.

Liputan6.com, Jakarta Ada beragam makanan khas Jawa Timur yang sayang dilewatkan. Biasanya, makanan khas Jawa Timur memiliki cita rasa yang gurih dan cenderung pedas. Tapi tak perlu khawatir, ada beberapa jenis makanan khas Jawa Timur yang masih ramah dikonsumsi bagi yang tidak suka pedas.

Aneka macam makanan khas Jawa Timur tidak lepas dari Indonesia yang kaya ragam budaya di tiap daerahnya. Macam-macam kebudayaan tiap daerah ini ikut andil memengaruhi rasa tiap makanan khasnya, termasuk Jawa Timur.

Dari aneka ragam makanan khas Jawa Timur, ada satu makanan yang sangat terkenal, yaitu rawon. Rawon terbuat dari daging dan disajikan dengan kuah kehitaman. Menyantap rawon sangat nikmat menggunakan nasi panas.

Jika Anda sedang di Jawa Timur tidak ada salahnya mencicipi berbagai makanan khas Jawa Timur lain yang pastinya menggoyang lidah. Berikut Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Senin (18/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Makanan Khas Jawa Timur yang Terkenal

1. Rawon

Salah satu makanan khas Jawa Timur yang paling terkenal, yaitu Rawon. Makanan ini identik dengan kuah hitamnya. Ciri khas warna hitam pada rawon berasal dari kluwek. Makanan khas Jawa Timur ini nikmat disantap dengan nasi putih, kerupuk, serta lauk pelengkap seperti telur asin.

2. Rujak Cingur

Makanan ini berasal dari kota Surabaya. Cingur adalah bagian daging mulut sapi yang direbus, lalu dicampur dengan irisan tempe, tahu, timun, nanas, lontong, sayuran, bumbu kacang serta petis. Meski bagi beberapa orang menu ini sukup ekstrem, namun jangan salah, makanan khas Jawa Timur ini sangat nikmat dan bikin ketagihan.

3. Lontong Kupang

Makanan khas Jawa Timur berikutnya yaitu lontong kupang. Lontong Kupang bisa ditemukan di Surabaya, Pasuruan dan Sidoarjo. Makanan ini dibuat dari kupang putih, sejenis hewan laut seperti kerang. Kupang putih dimasak dengan berbagai bumbu-bumbu yang sangat menggugah selera.

4. Pecel Madiun

Makanan khas Jawa Timur ini dibuat dari berbagai sayuran yang direbus dan dibumbui sambal kacang. Jenis sayuran di dalamnya yaitu kacang panjang, tauge, mentimun, serta daun singkong. Tidak ketinggalan, pelengkap makanan ini yaitu peyek kacang.

3 dari 5 halaman

Makanan Khas Jawa Timur yang Tak Kalah Nikmat

5. Soto Lamongan

Makanan ini hampir sama dengan soto pada umumnya. Tapi, ada satu bahan khas di soto ini, yaitu koya. Koya merupakan sejenis bubuk gurih yang dibuat dari bawang putih dan kerupuk udang.

6. Nasi Tempong

Nasi Tempong sendiri merupakan makanan khas Jawa Timur yang berasal dari Banyuwangi. Isi makanan ini yaitu sayuran rebus, tahu goreng, nasi panas, tempe goreng, ikan asin, dadar jagung, dan dilengkapi sambal mentah. Sambal mentah menjadi ciri khas dari makanan khas Jawa Timur ini.

7. Nasi Tumpang

Selanjutnya nasi tumpang yang merupakan makanan khas Kediri. Istilah tumpang berasal dari sambal yang digunakan. Sambal tersebut dibuat dari tempe basi. Kemudian, tempe tersebut dimasak dengan ayam atau rambak (kerupuk kulit sapi).

8. Bakso Malang

Makanan ini mungkin banyak ditemukan di tiap kota. Tapi, berbeda dengan bakso Malang. Bakso khas kota Malang punya cita rasa yang unik. Keunikan bakso khas Malang ada pada bahan mi yang digunakan. Mi pada bakso Malang sekilas mirip mi soun. Tapi, warna dari mi ini cenderung berwarna biru kehijauan.

4 dari 5 halaman

Makanan Khas Jawa Timur yang Patut Dicoba

9. Nasi Krawu

Masih dari kategori nasi, makanan ini berasal dari Gresik dan disajikan dengan daun pisang. Dalam nasi krawu terdapat isian berupa daging sapi, seperti semur daging, jeraoan sapi, sambal terasi serta dilengkapi serundeng.

10. Bebek Sinjay

Makanan ini wajib dicoba saat ke Bangkalan, Madura. Apa bedanya dengan olahan bebek lainnya? Bebek ini punya tekstur daging empuk dan tidak amis. Bebek ini semakin nikmat jika dimakan dengan nasi putih panas dan sambal mangga yang jadi pendamping dari makanan ini.

11. Lontong Balap

Lontong balap berisi lontong yang diiris dan diberi irisan tahu, remasan lentho, serta taoge. Tapi, mengapa namanya lontong ‘Balap’? Pada dahulu kala, penjual lontong saling berebut pembeli yang ada di pasar. Akhirnya, para penjual lontong ini terkesan ‘balapan’ untuk mencapai tujuan akhirnya yaitu pasar Wonokromo, Surabaya.

12. Pecel Semanggi

Pecel semanggi adalah salah satu makanan khas Jawa Timur tepatnya dari Surabaya. Semanggi sendiri merupakan tumbuhan sejenis paku air yang sangat mudah ditemukan di pematang sawah atau tepi saluran irigasi. Pecel semanggi ini dibuat dari daun semanggi yang dikukus dan dinikmati bersama sambal pedas dan menggugah selera.

Pecel semanggi biasa dihidangkan dengan kecambah, kangkung, kerupuk uli yang terbuat dari beras dan bumbu yang terbuat dari ketela rambat. Bumbu yang digunakan dalam makanan khas Jawa Timur ini punya rasa yang unik dibanding jenis pecel lainnya.

5 dari 5 halaman

Makanan Khas Jawa Timur yang Terakhir

13. Rujak Soto

Makanan khas Jawa Timur ini berasal dari Banyuwangi. Rujak Soto adalah perpaduan rujak dan soto kuning. Rujak Soto jadi makanan khas jawa timur yang disukai banyak orang. Jadi jangan sampai terlewat.

14. Lodho Ayam

Jika sedang mengunjungi Tulungagung, jangan lewatkan kesempatan mencicipi makanan khas dari daerah tersebut yaitu Lodho Ayam. Makanan khas Jawa Timur ini punya dua jenis cara masak, yakni lodho dengan kuah encer dan lodho kuah kental.

15. Bebek Songkem

Selain bebek sinjay, Madura punya kuliner namanya bebek songkem. Masakan ini diklaim sebagai bebek yang sehat dan bebas kolesterol. Pasalnya, bebek songkem diolah dengan dikukus menggunakan pelepah pisang. Penggunaan pelepah tersebut dapat mengurangi kandungan lemak dan kolesterol pada bebek songkem.

16. Brem

Brem adalah makanan khas Jawa Timur yang bisa menjadi oleh-oleh untuk sanak saudara dan kerabat. Makanan ini bisa dengan mudah ditemukan di kota Madiun, Jatim.

Brem dibuat dari sari ketan yang dimasak dan dikeringkan. Sari kentan tersebut melalui fermentasi selama satu malam. Proses tersebut yang membuat cita rasa brem semakin nikmat. Nah, jangan lupa mencoba aneka makanan khas Jawa Timur di atas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini