Sukses

7 Jenis-Jenis Kucing Berbulu Pendek yang Menggemaskan dan Cara Merawatnya

Liputan6.com, Jakarta Bermain dengan kucing bisa jadi hiburan tersendiri saat suntuk dengan aktivitas padat. Apa saja jenis-jenis kucing yang dimiliki, pasti rasa ingin bermain dengan kucing kesayangan sangat sulit dibendung.

Dari banyaknya jenis-jenis kucing yang ada, salah satunya jenis-jenis kucing dengan bulu pendek. Ragam jenis-jenis kucing yang punya bulu pendek bisa jadi pilihan tepat apabila kamu ingin pelihara kucing dengan perawatan yang mudah.

Perawatan dari jenis-jenis kucing dengan bulu pendek tidak serumit perawatan harian layaknya jenis kucing berbulu panjang. Kamu hanya perlu secara berkala menyikat bulunya agar tubuh kucingmu tetap sehat dan bulunya tidak rontok.

Meski berbulu pendek, jenis-jenis kucing ini tidak kalah menggemaskan dengan kucing berbulu lebat seperti kucing Persia. Bahkan ada beberapa jenis kucing bulu pendek yang sangat populer, seperti British Shorthair. Salah satu dari jenis-jenis kucing ini memiliki bentuk yang sangat menggemaskan dan bulunya cukup lembut.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber aneka jenis-jenis kucing dengan bulu pendek yang tentunya menggemaskan dan layak kamu masukkan ke daftar calon hewan peliharaan, Senin (18/1/2021).

2 dari 8 halaman

Jenis Kucing Russian Blue

Satu dari beragam jenis-jenis kucing ini, dari namanya mungkin sudah bisa ditebak, ya, kucing ini berasal dari Russia. Selain nama yang mengindikasikan asal negara, kucing ini punya bulu berwarna biru. Tapi, kalau kamu perhatikan dengan seksama, warna bulu kucing ini tampak abu-abu.

Bulu pada salah satu dari jenis-jenis kucing bulu pendek ini cenderung berkilau dengan corak keperakan. Bulu tersebut membuat jenis kucing ini semakin terlihat mewah. Keuntungan dari memelihara jenis kucing ini adalah bulunya yang mudah dirawat. Bahkan bulu dari jenis kucing ini cenderung tidak mudah rontok. Kamu cukup menyikat bulu kucing ini sesekali supaya bulunya tetap lembut dan halus.

3 dari 8 halaman

Jenis Kucing British Shorthair

Jenis-jenis kucing selanjutnya dari jenis British Shorthair. Jenis kucing ini adalah salah satu jenis kucing tertua yang berasal Inggris. Jenis kucing ini punya ciri khas yaitu kepala bulat, mata bulat cerah, pipi tembem, cakar bulat, lalu bagian ekor dengan ujung yang membulat.

Jenis kucing British Shorthair sebenarnya tidak terlalu menuntut dalam hal perawatan atau perhatian. Selain itu, jenis kucing ini adalah jenis kucing yang tidak cenderung vokal.

Salah satu keuntungan jika kamu memiliki jenis kucing ini, perawatannya sangat mudah. Bahkan cukup dengan menyikat beberapa kali dalam seminggu sudah cukup. Tujuannya untuk menghilangkan bulu yang rontok.

4 dari 8 halaman

Jenis Kucing Siam

Kemudian, salah satu dari aneka jenis-jenis kucing bulu pendek ini memiliki ukuran sedang, ramping, dilengkapi bulu pendek yang halus. Kemudian, salah satu ciri yang paling mencolok dari kucing siam yaitu ada pada pola warna yang lebih gelap di telinga, muka, ekor, tungkai, serta kaki.

Kucing Siam adalah satu dari jenis-jenis kucing yang punya bulu pendek dengan perawatan standar. Kamu cukup menyikat bulu kucing jenis siam ini setiap minggu untuk mengurangi risiko terjadinya hairball.

5 dari 8 halaman

Jenis Kucing Devon Rex

Devon Rex adalah satu dari jenis-jenis kucing yang memiliki mata lebar dan telinga segitiga. Bulu dari jenis kucing ini cenderung tipis. Kemudian, jenis kucing ini senang meringkuk dan suka bergaul. Tapi salah satu yang disayangkan, bulu kucing ini mudah rontok. Itu mengapa, kamu hanya perlu menyeka bulu kucing ini dengan kain lembap tiap minggu.

6 dari 8 halaman

Jenis Kucing Oriental Shorthair

Oriental Shorthair adalah jenis kucing langsing yang memiliki bentuk dan bagian tubuh elegan serta bulu warna-warni. Bahkan, diperkirakan jika warnanya kemungkinan sampai berjumlah 300 kombinasi. Di sisi lain, kondisi bulunya yang pendek tidak perlu perawatan khusus. Oriental Shorthair juga dapat melakukan perawatan diri sendiri dengan sangat baik.

Ternyata, salah satu jenis-jenis kucing bulu pendek ini juga suka apabila sesekali disikat untuk membantunya dalam menghilangkan bulu yang rontok dan akan membantu menstimulasi kulit tubuhnya.

7 dari 8 halaman

Jenis Kucing Manx

Kemudian, kucing manx dikenal dengan ekornya yang pendek bahkan sampai tampak tak punya ekor. Kucing ini asalnya dari Pulau Man, yakni sebuah pulau di Laut Irlandia antara Inggris dan Irlandia.

Ada pun ciri dari jenis kucing ini memiliki mata, pantat, dan kepala yang bulat. Kemudian, dengan tubuh yang cenderung besar dan gempal membuat jenis kucing ini menjadi salah satu jenis kucing yang kuat.

Jenis kucing manx bisanya punya bulu pendek dan bulu luar sedikit keras tapi mengkilap. Untuk menyikatnya cukup sekali atau dua kali dalam seminggu, di mana fungsinya untuk menghilangkan bulu mati.

8 dari 8 halaman

Jenis Kucing Bengal

Kucing ini terkenal cantik, pintar, dan tampak liar. Bulu kucing ini pendek serta tidak perlu perawatan khusus. Kamu cukup menyisir bulunya setiap minggu untuk menghilangkan bulu mati serta membantu mencegah adanya bola bulu.

bulu pendek yang terakhir adalah jenis kucing Bengal. Kucing ini dikenal cantik, pintar, dan tampak liar. Bulu kucing ini pendek dan keuntungannya adalah tidak perlu perawatan khusus. Kamu cukup menyisir bulunya setiap minggu agar bulu matinya hilang serta membantu mencegah adanya bola bulu.