Sukses

10 Manfaat Air Rebusan Daun Sukun untuk Kesehatan Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Manfaat air rebusan daun sukun dipercaya ampuh mengatasi beragam penyakit. Daun sukun didapatkan dari pohon sukun, yang merupakan tumbuhan berbunga dalam keluarga mulberry dan nangka. Tumbuhan sukun sendiri banyak ditemui di daerah Asia Tenggara, India Selatan, serta sebagian besar pulau di Samudra Pasifik.

Biasanya, buah dari pohon sukun kerap dijadikan camilan lezat seperti gorengan atau keripik. Namun, bagian daun dari sukun ini punya berbagai manfaat yang baik bagi tubuh. Manfaat air rebusan daun sukun bisa memberi efek menyehatkan bagi tubuh. Bahkan, pada tradisi pengobatan tradisional Cina juga banyak yang meyakini manfaat air rebusan daun sukun untuk menyembuhkan penyakit.

Manfaat air rebusan daun sukun sendiri tidak lain berasal dari kandungan di dalamnya. Dalam daun sukun terkandung kalium. Kandungan ini memiliki peran besar untuk menghancurkan batu ginjal dengan mengencerkan batu sehingga akan dibuang melalui urin. Manfaat air rebusan daun sukun lain juga bisa didapatkan dari kandungan asam amino esensial, riboflavin, hidrosianat, asetilkolin, tanin, dan polifenol di dalamnya

Untuk mendapat manfaat air rebusan daun sukun bisa didapat dengan mengonsumsinya secara rutin. Jadi, apa saja manfaat air rebusan daun sukun bagi kesehatan? Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum manfaat air rebusan daun sukun yang sudah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (18/1/2021).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Manfaat Air Rebusan Daun Sukun

1. Menjaga kadar kolesterol

Manfaat air rebusan daun sukun, yaitu mampu menjaga dan menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Air rebusan daun sukun akan mengikat kolesterol dari darah lalu mengeluarkannya lewat urin serta feses.

 

2. Mencegah penyakit ginjal

Penyakit yang menyerang ginjal seperti gagal ginjal, rentan terjadi apabila ginjal kehilangan kemampuan untuk cukup menyaring limbah dari darah. Kemudian, hal tersebut akan menyebabkan tubuh terlalu banyak dipenuhi dengan racun, terutama jika ginjal tidak dapat melakukan fungsinya dengan optimal. Jika sudah begitu, penderita gagal ginjal harus melakukan hemodialisis secara teratur.

Sayangnya, proses hemodialisis punya beberapa efek yang tidak diinginkan seperti hipotensi, kelelahan, infeksi, serta sepsis. Konsumsi air rebusan daun sukun tentu bisa membantu optimalkan kerja ginjal dengan bertindak sebagai diuretik.

3 dari 6 halaman

Manfaat Air Rebusan Daun Sukun

3. Turunkan risiko penyakit jantung

Ternyata, masyarakat Jamaika banyak yang mengonsumsi air rebusan daun sukun secara teratur untuk mencegah penyakit jantung. Senyawa dalam daun sukun akan membuat tekanan darah jadi normal dan meningkatkan aliran darah. Selain itu, daun sukun mengandung senyawa flavonoid, riboflavin, dan sirosterol, di mana sangat bermanfaat untuk menjaga jantung dari kerusakan sistem kardiovaskular.

 

4. Mengobati sakit gigi

Manfaat air rebusan daun sukun ini berasal dari kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang akan berguna dalam menjaga kesehatan mulut. Dengan menggunakan air rebusan daun sukun, maka bisa meredakan nyeri akibat sakit gigi.

Sakit gigi bisa disebabkan karena berbagai sebab, satu di antaranya karena ada infeksi di mulut yang disebabkan oleh adanya bakteri.

4 dari 6 halaman

Manfaat Air Rebusan Daun Sukun

5. Obat maag

Kemudian, manfaat air rebusan daun sukun juga ampuh dalam menetralkan asam lambung. Ini tidak lain karena daun sukun mengandung kalium di dalamnya. Kandungan kalium tersebut diketahui punya berbagai manfaat untuk mengatasi penyakit ini. Efek antiinflamasinya juga dipercaya bisa mengatasi kondisi lambung yang meradang tersebut.

 

6. Redakan asam urat

Konsumsi air rebusan daun sukun bisa meredakan asam urat secara bertahap. Sifat anti-inflamasi dalam air rebusan daun sukun, sangat baik untuk mengurangi peradangan pada sendi. Sebenarnya, asam urat bisa terkumpul dalam tubuh karena beberapa faktor, seperti pola makan, genetik, obesitas, dan stres.

5 dari 6 halaman

Manfaat Air Rebusan Daun Sukun

7. Mengatasi alergi

Salah satu manfaat air rebusan daun sukun bisa untuk menyembuhkan alergi. Konsumsi secangkir teh daun sukun dengan rutin bisa mengurangi timbul dan reaksi alergi. Alergi merupakan respon sistem kekebalan terhadap zat asing yang biasanya tidak berbahaya bagi tubuh.

 

8. Mengatasi kandidiasis vagina

Kandidiasis vagina merupakan infeksi vagina karena ragi Candidia sp. Hal ini sering terjadi pada wanita dengan obesitas, diabetes, serta wanita dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah, seperti kanker, TBC serta pasien HIV.

Cukup konsumsi air rebusan daun sukun satu gelas per hari dan gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci vagina 2-3 kali sehari.

6 dari 6 halaman

Manfaat Air Rebusan Daun Sukun

9. Mencegah pembesaran limpa

Air rebusan daun sukun mengandung anti-toksin, yang tidak lain karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Air rebusan daun sukun mampu bantu detoksifikasi dan menghilangkan racun dari tubuh, dan hal ini akan meringankan kerja limpa. Konsumsi teh satu cangkir air rebusan daun sukun tiap hari bisa menyembuhkan penyakit tersebut.

 

10. Sembuhkan luka

Manfaat air rebusan daun sukun yang terakhir, yakni bisa menyembuhkan luka. Daun sukun ampuh digunakan sebagai obat penyembuh luka karena sifat antioksidan tinggi di dalamnya. Pasalnya, di dalam daun sukun kaya senyawa polifenol, flavonoid, tanin, dan alkaloid.

Kandungan tersebut sangat berguna untuk membantu proses penyembuhan luka agar semakin cepat. Tidak hanya sifat antioksidan, manfaat air rebusan daun sukun juga punya sifat antiperadangan dan antibakteri yang akan sangat berguna dalam mempercepat proses sembuhnya luka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.