Sukses

Viral Detik-Detik Air Laut Meluap hingga Masuk Mal di Manado

Gelombang pasang air laut Manado sebabkan banjir hingga masuk dalam pertokoan mal.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu terakhir cuaca ekstrem memang tengah melanda di beberapa wilayah Indonesia. Salah satunya ialah adanya gelombang pasang air laut yang menerjang kota Manado, Sulawesi Utara.

Bahkan, di media sosial beredar luas mengenai video air laut yang meluap atau gelombang air rob ke jalanan hingga masuk ke sebuah mal. Video meluapnya air laut tersebut terjadi di kawasan Mega Mas Manado pada Minggu (17/1/2021) petang.

Beredarnya video mengani gelombang air rob di Manado tersebut menjadi trending di media sosial. Dalam video yang beredar terlihat beberapa pengendara mobil yang turut terkena terjangan gelombang pasang tersebut.

Gelombang air rob tersebut tak hanya terlihat di jalanan pinggir pantai saja. Banjir air rob juga mulai memasuki sebuah tempat parkir restoran cepat saji serta pusat perbelanjaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ketinggian mencapai betis orang dewasa

Dalam sebuah video yang diunggah oleh akun Twitter @94AVV, pada Minggu (17/1/2021) memperlihatkan adanya gelombang tinggi air laut yang melewati pembatas jalan. Tak hanya itu saja, video berdurasi 30 detik tersebut bahkan memperlihatkan cukup banyak orang yang berlari serta para pengendara yang menghindari banjir air rob.

Dalam video lain yang diunggah oleh akun @94AVV juga memperlihatkan banjir yang mulai memasuki kawasan pusat perbelanjaan. Terlihat di depan toko furniture banjir yang terjadi memiliki arus cukup kencang. Bahkan, beberapa perlengkapan furniture serta pembatas jalan terlihat ikut terbawa arus.

3 dari 4 halaman

Perahu dan sampah hanyut ke jalanan

Akun Twitter @94AVV juga mengunggah beberapa foto kondisi kota Manado di pagi ini (18/1/2021) pasca terjadinya banjir air rob. Dalam foto yang diunggah terlihat beberapa perahu nelayan yang ikut terseret oleh ombak pasang air laut sehingga menyebabkan perahu-perahu tersebut justru perparkir di pinggir jalan hingga depan pertokoan.

Tak hanya perahu yang terseret gelombang pasang saja yang menjadi sorotan publik. Namun, kondisi jalanan yang sempat dilanda banjir air rob tersebut juga terlihat penuh dengan sampah dan bebatuan. Pemandangan pasca banjir air laut ini pun membuat justru membuat miris banyak netizen lainnya.

4 dari 4 halaman

Respons netizen

Video yang viral di media sosial dan diunggah oleh akun @94AVV, hingga saat ini (18/1/2021) telah ditonton lebih dari 1,3 juta kali. Tak sedikit pula para netizen yang merasa prihatin dengan peristawa banjir air rob di Manado tersebut. Namun, tak sedikit pula netizen yang menyoroti kondisi kota Manado pasca banjir pasang air laut yang dipenuhi dengan sampah.

"Stay safe semuanya semoga kalian dalam lindungan tuhan, liat video ini jd keinget film aquaman yg air pasang trs ngebalikin sampah2 makhluk darat yg ada di laut" tulis akun @pilcachu.

"Ada berapa banyak tong sampah kecil di tiap toko/rumah? Itu tongnya tebalik kehajar arus air, makanya berserakan.. ga semata 100% dari jalan semua." ujar akun @vastradiant.

"dari manusia, dan untuk manusia huhu itulah kenapa sebenernya makhluk yg paling buruk itu kita kita yg rusak, alam pasti akan memberi ganjaran atas apa yg kita perbuat" tulis akun @kyungbyunie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini