Sukses

Software adalah Bagian Penting dari Komputer, Ketahui Jenis-Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Saat ini keberadaan komputer menjadi hal yang penting dalam kehidupan manusia. Salah satu bagian penting dari komputer ialah hardware dan software. Berbeda dari hardware, software adalah pengontrol atau penggerak perangkat keras. 

Kehadiran komputer tidak akan berguna tanpa adanya software. Software adalah bagian penting yang tidak terpisahkan dari komputer. Ibarat mobil tanpa roda yang tidak akan berfungsi semestinya, komputer tanpa software adalah sebongkah plastik yang tak berguna lagi.

Jika dilihat secara umum, software adalah program komputer yang berfungsi untuk melakukan tugas-tugas khusus, contohnya membuat dokumen dengan bantuan aplikasi seperti Microsoft Word, edit foto dengan Photoshop, dan berbagai aplikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Sebenarnya ada beragam jenis software yang mungkin perlu diketahui. Untuk membahas lebih jauh mengenai software, berikut Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai hal tersebut, Selasa (19/1/2021).

 

2 dari 7 halaman

Pengertian Software

Sebelum lebih jauh membahas berbagai jenis software yang ada, penting untuk memahami apa sebenarnya software itu sendiri. Jika melihat pengertian dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) perangkat lunak atau yang dikenal dengan software adalah perangkat program, prosedur, dan dokumen yang berkaitan dengan suatu sistem (misalnya sistem komputer).

Atau, bisa juga diartikan jika software adalah bagian dari alat (komputer dan sebagainya) yang berfungsi sebagai penunjang alat utama. Selain itu, bisa juga diartikan, software adalah pengontrol atau penggerak perangkat keras atau yang biasa disebut dengan hardware.

Dalam hal ini software adalah penafsir setiap perintah software lain ke dalam bahasa mesin dan mengidentifikasi program sehingga mampu diterima oleh hardware. Sedangkan, hardware adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau berbentuk nyata.

Fungsi hardware adalah untuk mendukung proses komputerisasi seperti komputer, mouse, keyboard serta kelengkapan lainnya.

3 dari 7 halaman

Macam-Macam Software Komputer

Sistem Operasi

Sistem operasi atau operating system (OS) adalah bagian dari komputer sebelum adanya software lain. Sistem operasi ini berguna untuk mengendalikan, mengontrol/memberikan koneksi dengan perangkat keras komputer. Sistem operasi ini biasanya berupa Windows, Linux, Mac, Android dan masih banyak lagi. Masing-masing sistem operasi memiliki kekurangan dan kelebihannya yang berbeda.

 

Pengolah Kata

Pengolah kata dikenal dengan nama word processing. Software ini berhubungan dengan pembuatan dokumen, penyuntingan, dan penyusunan dokumen. Manfaat dari software ini adalah memudahkan pembuatan surat lamaran kerja, proposal, hingga naskah pidato.

Bahkan, data dalam bentuk grafik, gambar, dan tabel juga bisa disajikan dengan software ini. Beberapa contoh software pengolah kata yaitu Microsoft Word, Open Office Writer, LibreOffice, Lotus World, WordPerfect dan lain sebagainya.

4 dari 7 halaman

Macam-Macam Software Komputer

Pengolah Gambar

Software pengolah gambar ini berhubungan erat dengan desain grafis. Pengguna bisa membuat, mengolah, dan melakukan penyuntingan pada gambar. Perangkat ini juga akan sangat memudahkan pemasaran dan perikalanan. Software ini bisa mendatangkan banyak peluang bisnis jika bisa memanfaatkan dengan maksimal. Perangkat ini adalah Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Freehand, dan masih banyak lagi.

 

Presentasi

Software presentasi bisa memudahkan pengguna membuat poin-poin penyajian data. Software ini akan berguna untuk kepentingan sekolah, kuliah, dan perkantoran. Proses penyampaian ide atau gagasan juga menjadi lebih menarik dan interaktif. Tentunya, ini akan membuat audiens menjadi lebih tertarik untuk mendengarkan dan mudah memahaminya.

Pengguna juga bisa menambahkan objek seperti gambar, video, dan suara pada presentasinya. Perangkat ini seperti Microsoft PowerPoint, Open Office Impress, KPresenter, iWork KeyNote, Macromedia Authorware dan masih banyak lagi.

5 dari 7 halaman

Macam-Macam Software Komputer

Browser

Browser sangat membantu pengguna menjelajahi atau mengakses informasi melalui internet. Pengguna juga semakin dimudahkan dengan layanan search engine. Pengguna menjadi lebih mudah melakukan pencarian data dengan menulis kata kunci pada kolom pencarian yang disediakan. Software browser ini berupa Mozilla, Chrome, Safari, Internet Explorer, dan Opera.

 

Desain Grafis

Software komputer ini cocok digunakan pengguna yang suka atau memiliki pekerjaan di bidang desain. Fungsi dari perangkat ini adalah untuk komunikasi visual dalam menyampaikan informasi secara interaktif. Hampir sama dengan software pengolah gambar. Perangkat ini juga bisa mendatangkan peluang besar untuk binis. Software ini berupa Photo Scape, Adobe Indesign, Adobe Frame Maker, Picture Manager, dan banyak lagi.

6 dari 7 halaman

Macam-Macam Software Komputer

Pengolah Angka

Software pengolah angka sangat berkaitan dengan data dalam bentuk angka. Perangkat ini akan memudahkan pembuatan tabel, pengolahan data grafik, perhitungan, dan menyimpan data angka. Software pengolah angka ini seperti Microsoft Excel, KSpread, Open Office Calc, Star Office.

 

Chatting

Software ini berguna untuk mendukung aktivitas komunikasi antara satu pengguna dengan pengguna lainnya. Fungsi utamanya sama dengan software pada ponsel. Pengguna bisa saling bertukar pesan dengan lebih mudah. Software ini berupa Yahoo Messenger, Facebook, LINE, WhatsApp, dan lain sebagainya.

7 dari 7 halaman

Macam-Macam Software Komputer

Jaringan komputer

Software jaringan komputer dirancang untuk membantu perangkat keras menjalankan fungsinya lebih baik. Perangkat ini dikembangkan dengan tujuan untuk mengelola, mengawasi, dan melakukan pemeliharaan jaringan komputer. Perangkat ini biasanya digunakan di perkantoran, sekolah, dan perguruan tinggi. Software ini berupa Microsoft Network Monitor, Angry IP Scanner, OpenNMS, Wireshark, dan lain sebagainya.

 

Pengolah Data

Software ini berkaitan erat dengan pengelolaan data dalam jumlah cukup besar (database). Perangkat ini akan memudahkan pengguna dalam membuat data, menyunting, menyeleksi data, dan membuat laporan. Jadi, pengguna tidak perlu repot-repot membuatnya secara manual karena sudah ada software yang mengaturnya secara otomatis. Software pengolah data ini berupa Microsoft Access, Foxbase, SPSS, MySQL, dBas, dan lain sebagainya.