Sukses

Contoh Brosur Makanan Menarik, Ketahui Tips Membuatnya

Liputan6.com, Jakarta Contoh brosur makanan yang bagus harus mampu menarik perhatian konsumen. Bagi kamu yang sedang memulai usaha kuliner, promosi adalah hal penting untuk memperkenalkan makananmu. Brosur merupakan salah satu cara promosi yang efektif.

Saat membuat brosur, penting mencari contoh brosur makanan yang menarik. Contoh brosur makanan ini bisa menjadi referensi ketika membuat brosur yang bisa menarik pelanggan. Contoh brosur makanan yang menarik ini bisa kamu gunakan untuk membuat brosur cetak maupun online.

Brosur makanan telah menjadi metode strategis untuk mempengaruhi pelanggan mencoba makananmu. Brosur yang menarik harus mencerminkan tema, merek, dan kualitas yang kuat.

Ada banyak contoh brosur makanan menarik yang bisa kamu gunakan. Contoh brosur makanan yang baik pastinya harus menampilkan makanan dan informasi penting dari makanan yang kamu jual. Berikut contoh brosur makanan yang menarik, dirangkum Liputan6.com dari Freepik, Selasa (19/1/2021).

2 dari 8 halaman

Tips membuat brosur makanan

Buat brosur tetap singkat

Menu yang panjang dengan terlalu banyak halaman dapat membingungkan orang, dan tak lama kemudian, mereka akan bosan harus membuat pilihan. Akan lebih efektif untuk mempersempit penawaran terbaik, menyoroti hidangan terbaik, dan memamerkan item yang paling populer. Contoh brosur makanan yang menarik membantu pelanggan membuat keputusan yang lebih mudah dan membuat mereka memilih item menu yang ingin mereka beli.

Idealnya, brosur kafe dan bistro terdiri dari satu hingga dua halaman, sedangkan layanan katering biasanya lebih panjang. Ingat, bukan menu restoran yang kamu tulis. Kamu hanya perlu memamerkan makanan terbaik dari setiap kategori. Mencantumkan semua hidangan akan membuat brosurmu terlihat ramai, tidak teratur, dan murah.

Perhatikan audiens

Ini alasannya penting melakukan riset calon pelanggan sehingga kamu bisa mendapatkan gambaran tentang siapa pelanggan potensialmu. Memahami basis pelanggan memungkinkanmu mengetahui preferensi mereka, yang akhirnya memengaruhi cara membuat brosur.

Misalnya, jika restoranmu menyajikan makanan set untuk keluarga dengan anak kecil, brosur restoran - serta hidanganmu - harus mudah dipahami bahkan untuk seorang anak.

3 dari 8 halaman

Tips membuat brosur makanan

Perhatikan penempatan

Contoh brosur makanan yang efektif tidak ada artinya tanpa penempatan dan desain yang tepat. Di sinilah kamu akan membutuhkan layouter profesional untuk merancang brosur yang sesuai dengan tema. Saat membuat konten brosur, kamu harus sudah mengetahui berapa banyak ruang yang akan kamu gunakan. Untuk memberi gambaran tentang penempatan teks, berikut dua hal yang perlu diperhatikan:

- Item yang ditempatkan di sisi kanan brosur biasanya menjual lebih banyak daripada item di sebelah kiri.

- Hidangan pertama dan terakhir pada halaman biasanya merupakan hidangan yang paling banyak dipesan.

Beri identitas restoran atau makanan yang dijual

Apa pun itu, identitas harus mencerminkan bagaimana kamu mendeskripsikan hidangan di menu. Misalnya, jika kamu memiliki usaha kuliner makanan Jawa, kamu bisa mengisinya dengan gambar atau desain yang bernuansa Jawa. Cara ini bisa meningkatkan pengalaman bersantap, membenamkan pelanggan dalam konsep yang kamu miliki.

 

4 dari 8 halaman

Tips membuat brosur makanan

Sorot yang terbaik

Contoh brosur makanan yang menarik harus memberi sorotan yang menarik pula. Menyorot menu khusus atau penawaran dengan waktu terbatas adalah cara cerdas untuk melihat bagaimana hidangan akan diterima oleh pelanggan. Namun, kamu tidak boleh menyoroti terlalu banyak hal. Menyoroti terlalu banyak hidangan membuat setiap hidangan kehilangan nilai spesialnya. Jika semuanya tampak eksklusif, maka tidak ada yang benar-benar eksklusif.

Buat calon pelanggan ngiler

Di sinilah kamu memerlukan penulisan kreatif. Meskipun kamu harus memastikan bahwa gaya menulismu tidak terlalu rumit, kamu juga harus menggunakan beberapa istilah menggoda yang akan menggelitik selera pelanggan. Sasarannya adalah membuat pelanggan lapar bahkan ketika mereka tidak lapar.

Contoh brosur makanan harus memuat kata-kata yang bisa menarik selera pelanggan. Kata-kata yang menggoda ini harus sesuai dengan indera pelanggan. Misalnya seperti garing, halus, lembut, krispi, lezat, gurih, kaya, dan masih banyak lagi.

 

5 dari 8 halaman

Contoh brosur makanan menarik satu muka

Contoh brosur makanan satu muka merupakan brosur yang menampilkan satu lembar informasi tentang makanan tersebut. Jenis brosur ini termasuk brosur yang paling simpel dan murah. Kamu cukup memerlukan biaya cetak pada satu sisi kertas.

Contoh brosur makanan satu muka yang menarik harus menampilkan gambar makanan yang dijual. Gambar makanan inilah yang menjadi fokus dari brosur agar terlihat menarik. Jangan lupa menambahkan informasi dan kata-kata promosi di dalamnya.

6 dari 8 halaman

Contoh brosur makanan menarik dua muka

Contoh brosur makanan yang masih bisa dibilang terjangkau adalah brosur dua muka. Brosur ini masih berupa selembar kertas, namun dengan dua gambar di tiap mukanya.

Dengan brosur dua muka ini kamu bisa lebih banyak mempromosikan tentang makananmu. Kamu bisa menambahkan detail tentang menu, promosi yang diberikan, hingga informasi detail tentang usaha kulinermu.

7 dari 8 halaman

Contoh brosur makanan menarik tiga lipatan

Contoh brosur makanan ini cukup efektif bagi kamu yang ingin memberi detail menu makananmu. Brosur ini terdiri dari tiga lipatan kertas, bolak-balik. Di tiap lipatannya kamu bisa menyisipkan informasi dan gambar tentang makananmu.

Brosur makanan tiga lipatan ini cocok bagi kamu yang ingin memberi informasi singkat terkait makananmu. Kamu bisa mengombinasikan gambar makanan, informasi makanan, dan kalimat-kalimat menarik yang persuasif.

8 dari 8 halaman

Contoh brosur makanan menarik berbentuk voucher

Voucher makanan termasuk cara jitu untuk menarik pelanggan. Dengan memberi voucher secara cuma-cuma, calon pelanggan akan tertarik untuk mencoba makananmu. Voucher makanan juga perlu desain yang menarik.

Contoh brosur makanan berupa voucher ini harus dibuat semenarik mungkin. Kamu bisa menyisipkan gambar makanan dan promo menarik yang akan mendatangkan pelanggan.