Sukses

10 Makanan yang Berbahaya untuk Kucing, Bisa Timbulkan Penyakit

Makanan yang berbahaya untuk kucing bisa beracun dan menyebabkan timbulnya berbagai masalah kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang berbahaya untuk kucing bisa beracun dan menyebabkan timbulnya berbagai masalah kesehatan. Memberikan makanan pada kucing secara sembarangan tanpa memperhatikan manfaat kesehatan untuknya harus dihindari.

Kucing tentunya membutuhkan nutrisi yang berbeda dengan manusia. Dengan sifat kucing yang sering kali penasaran dengan apa yang dimakan oleh majikannya, kamu harus benar-benar selektif dalam pemilihan makanan untuknya.

Makanan yang berbahaya untuk kucing merupakan santapan sehari-hari yang mungkin secara tidak sengaja pernah kamu berikan. Mengenali berbagai makanan tersebut bisa membuat kamu lebih berhati-hati dan menghindari  kucing mengonsumsinya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/1/2021) tentang makanan yang berbahaya untuk kucing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Makanan yang Berbahaya untuk Kucing

Cokelat

Salah satu makanan yang berbahaya untuk kucing adalah cokelat. Ada 2 bahan dalam cokelat yang bisa sangat berbahaya bagi kucing, yaitu kafein dan theobromine yang dapat dengan mudah diserap oleh tubuh manusia, tetapi tidak terlalu banyak oleh kucing.

Setelah kucing makan cokelat, bahan-bahan itu menjadi beracun bagi mereka dan dapat menyebabkan gagal hati. Selain cokelat, permen juga tidak dianjurkan untuk diberikan karena kandungan gulanya bisa berbahaya bagi kucing. Beberapa permen bahkan dapat meracuni kucing serta membuatnya tersedak.

Daging dan Ikan Mentah

Daging dan ikan mentah dapat mengandung bakteri dan parasit yang resisten terhadap antibiotik dan dapat menyebabkan penyakit parah. Lemak berlebih mereka juga dapat menyebabkan kondisi yang disebut pankreatitis, yang merupakan peradangan pankreas.

Makanan mentah untuk hewan peliharaan masih menjadi perdebatan. Di satu sisi, ini adalah sumber protein yang baik, tetapi di sisi lain, daging mentah memiliki bakteri yang dapat mengganggu pencernaan hewan peliharaan.

Jenis bakteri tertentu dapat menyebabkan penyakit. Masalah lain dari daging mentah adalah kemungkinan adanya tulang-tulang kecil yang kemungkinan akan membuat tersedak.

3 dari 6 halaman

Makanan yang Berbahaya untuk Kucing

Produk yang Mengandung Susu

Kebanyakan kucing dewasa memiliki intoleransi terhadap laktosa. Meskipun kucing mungkin menyukai rasa susu dan produk susu, itu tidak boleh diberikan karena sangat berbahaya bagi perutnya. Konsumsi susu dapat menyebabkan muntah dan diare.

Memberi susu dalam jumlah banyak bisa menimbulkan masalah yang berarti bagi hewan peliharaan. Pada akhirnya, produk ini mengandung lemak yang dapat memicu terjadinya obesitas. Jika kucing haus, beri air saja.

Telur Mentah

Makanan yang berbahaya untuk kucing selanjutnya adalah telur mentah. Telur mentah tidak boleh diberikan pada kucing. Telur mentah mungkin memiliki bakteri di dalamnya yang dapat mempengaruhi usus.

Juga, ada protein di dalam telur mentah yang sangat sulit bagi kucing untuk menyerap dan yang dapat menyebabkan kekurangan vitamin. Jika ingin memberi makan telur ke kucing, beri makan telur yang sudah dimasak dan, lebih baik, campur dengan makanannya.

4 dari 6 halaman

Makanan yang Berbahaya untuk Kucing

Anggur dan Kismis

Anggur dan kismis mungkin memiliki manfaat kesehatan untuk manusia. Namun, buah-buahan ini merupakan makanan yang berbahaya untuk kucing. Camilan sehat ini dapat menyebabkan masalah serius pada kucing.

Anggur dan kismis sangat beracun bagi kucing dan dapat menyebabkan gagal ginjal, yang nantinya bisa berkembang menjadi penyakit ginjal yang serius. Alasan untuk reaksi ini masih belum diketahui.

Kacang

Kacang sangat tinggi lemak dan bisa membuat kucing bertambah gemuk dengan mudah. Kacang mengandung protein dan lemak yang sehat bagi kita manusia, tapi tidak dengan kucing, mereka tidak bisa mencernanya dengan mudah. Tingginya kadar lemak juga dapat menyebabkan masalah perut yang dapat menyebabkan muntah.

Jenis kacang-kacangan yang paling berbahaya adalah kacang kalengan lantaran mengandung bahan pengawet dan garam, yang berbahaya bagi hewan peliharaan. Misalnya, setengah cangkir kacang kalengan mengandung sekitar 400 hingga 500 miligram natrium. Tetapi toleransi natrium hewan peliharaan sangat rendah.

5 dari 6 halaman

Makanan yang Berbahaya untuk Kucing

Bawang 

Makanan yang berbahaya untuk kucing selanjutnya yaitu bawang. Kucing tidak boleh makan bawang bombay, bawang putih, bawang merah, daun bawang, atau makanan lain yang mengandung tiosulfat, senyawa yang dapat menyebabkan masalah serius bagi mereka.

Ketika dimakan dalam jumlah sedang, tiosulfat bisa menyebabkan kerusakan sel darah merah, suatu kondisi yang disebut anemia hemolitik. Meskipun, sebagian besar kucing tidak akan berburu bawang merah atau bawang putih, tetapi mereka bisa secara tidak sengaja memakan makanan yang kamu berikan, yang dimasak dengan bawang.

Kafein

Kafein juga termasuk makanan yang berbahaya untuk kucing. Meskipun kopi bisa menjadi pembuka hari yang baik untuk kamu, namun hal tersebut tidak berlaku bagi kucing. Jumlah kafein yang diminum di pagi hari, lebih dari cukup untuk membahayakan kucing.

Toksisitas kafein pada kucing dapat menyebabkan hiperaktif, denyut jantung meningkat, gemetar, sulit bernapas, hingga kejang.

6 dari 6 halaman

Makanan yang Berbahaya untuk Kucing

Adonan Roti Mentah

Adonan roti mentah yang mengandung ragi dapat menyebabkan keracunan pada hewan peliharaan. Adonan bisa mengembang di perut anjing dan menyebabkan perut kembung.

Saat ragi berfermentasi, etanol darah dapat meningkat ke tingkat racun. Sel ragi akan menghasilkan etanol yang menyebabkan kurangnya koordinasi sehingga mengakibatkan muntah.

Tuna Kaleng

Pencinta ikan tuna terbesar adalah kucing, tetapi bahkan anjing terkadang menganggapnya sebagai suguhan. Meskipun kucing sangat menginginkan jenis makanan tersebut, mereka tidak boleh diberi makan tuna kalengan setiap hari karena dapat menyebabkan keracunan akibat merkuri, terutama jika mengandung garam atau minyak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.