Sukses

11 Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sambiloto, Pahami Efek Sampingnya

Liputan6.com, Jakarta Ada segudang manfaat minum air rebusan daun sambiloto yang belum banyak diketahui orang. Daun sambiloto dikenal memiliki sejumlah senyawa kimia yang cocok digunakan untuk bahan baku obat tradisional.

Berdasarkan hasil uji fitokimia yang dilakukan Universitas Kristen Indonesia dari laman repository.uki.ac.id, bahwa ekstrak tanaman sambiloto (Andrographis paniculata) bagian daun mengandung alkaloid, saponin, dan flavonoid.

Sejumlah kandungan dari ekstrak daun ini yang menjadikan manfaat minum air rebusan daun sambiloto bisa diandalkan. Meskipun sebenarnya, sudah banyak suplemen sambiloto yang bisa dijadikan pilihan.

Dari segudang manfaat minum air rebusan daun sambiloto, perhatikan juga efek sampingnya. Mengonsumsi sambiloto dengan porsi yang tepat mungkin tidak akan menimbulkan dampak berbahaya.

Namun bila dikonsumsi lebih dari dosis, efek samping seperti mual, muntah, diare, sakit kepala, ruam, dan lain sebagainya bisa terjadi. Untuk konsumsi amannya, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat minum air rebusan daun sambiloto dari berbagai sumber, Rabu (20/1/2021).

2 dari 7 halaman

Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sambiloto

Diabetes

Manfaat minum air rebusan daun sambiloto sudah banyak dikenal dapat membantu mencegah diabetes. Penelitian pada tikus yang diberi asupan lemak dan gula tinggi telah menunjukkan bahwa A. paniculata dapat menurunkan kadar glukosa, trigliserida, dan kolesterol LDL.

Selain itu, penelitian yang diterbitkan oleh Indian Journal of Pharmacology tahun 2012 menyimpulkan bahwa senyawa andrographolide aktif yang terdapat dalam A. paniculata mempunyai efek hipoglikemik dan hipolipidemik. Efek ini mampu mencegah dari masalah diabetes.

Osteoartritis

Osteoartritis (OA) merupakan penyakit sendi degeneratif yang berkaitan dengan kerusakan sendi. Penyakit ini terjadi akibat proses pelemahan dan disintegrasi tulang rawan sendi yang disertai dengan pertumbuhan tulang dan tulang rawan baru pada sendi. Kelainan pada sendi ini dapat mengenai satu sendi atau lebih sendi.

Osteoartritis biasanya menyerang di usia 40- 50an. Penyakit ini bisa menyerang wanita maupun pria. Namun osteoartritis yang menyerang di usia muda lebih banyak terjadi pada pria dibandingkan wanita. Biasanya disebabkan karena faktor trauma akibat cedera.

Untuk bisa mengatasinya, manfaat minum air rebusan daun sambiloto bisa diandalkan. Penelitian membuktikan bahwa konsumsi ekstrak daun sambiloto setiap hari dapat mengurangi nyeri dan kekakuan sendi lutut pada mereka yang mengalami osteoartritis ringan maupun sedang.

3 dari 7 halaman

Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sambiloto

Pencernaan

Memiliki masalah pencernaan rasanya sudah biasa. Padahal gangguan ini kerap mengganggu kualitas hidup penderitanya. Tak ada yang menyangka jika manfaat minum air rebusan daun sambiloto bisa mengatasinya.

Berbagai masalah pencernaan yang dimaksudkan adalah masalah diare, sembelit, kolik, gas dalam usus, dan sakit perut. Manfaat ini diperkuat dengan keberadaan A. paniculata.

A. paniculata dapat membantu memperkuat organ hati dan mengatasi masalah hati. Mulai dari pembesaran hati, sakit kuning, dan kerusakan hati akibat obat.

Infeksi Sinusitis

Sambiloto dikenal mempunyai sifat antibakteri, antivirus, dan antiparasit yang membuatnya mampu menyembuhkan penyakit infeksi. Salah satu manfaat minum air rebusan daun sambiloto adalah untuk menyembuhkan infeksi sinusitis.

Sambiloto dapat membantu menghentikan proses bakteri yang menyebabkan sinusitis menempel pada lapisan sinus. Mengonsumsi air rebusannya dapat mempercepat pemulihannya.

Selain sinusitis, air rebusan sambiloto dapat meredakan masalah herpes, kusta, pneumonia, tuberkulosis, gonore, sifilis, malaria, leptospirosis, dan rabies.

Sambiloto juga baru-baru ini dikenal dapat membantu mengobati HIV/ AIDS. Tanaman ini dapat meningkatkan jumlah sel darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada pasien HIV.

4 dari 7 halaman

Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sambiloto

Radang Usus

Radang usus, atau secara medis disebut colitis, merupakan suatu kondisi ketika terjadi peradangan atau inflamasi di usus. Penyakit ini ditandai dengan adanya kerusakan sel-sel di usus akibat infeksi, gangguan imunitas, dan beberapa sebab lain.

Penyakit ini melliputi dua kondisi utama, yaitu kolitis ulseratif dan penyakit Crohn. Kolitis ulseratif merupakan penyakit radang usus yang menyebabkan terjadinya peradangan kronis dan perlukaan pada lapisan terdalam usus besar dan rektum.

Sedangkan penyakit Crohn, peradangan yang terjadi biasanya menyebar hingga ke dalam jaringan yang terkena dan sering mengenai area yang berbeda pada saluran pencernaan.

Manfaat minum air rebusan daun sambiloto ini dapat membantu mengatasi radang usus yang dimaksudkan. Pada sebuah studi, tim peneliti mendapati bahwa konsumsi ekstrak daun sambiloto setiap hari selama delapan minggu dapat mengurangi tingkat keparahan gejala radang usus.

Beberapa studi mengenai penyakit kolitis ulseratif dan penyakit Crohn membuktikan bahwa ekstrak sambiloto lebih unggul daripada plasebo dalam memicu remisi gejala.

Pilek dan Flu

Mengalami infeksi saluran pernapasan tidak hanya sinusitis yang akan menyerang, melainkan pilek dan flu. Masalah pernapasan ini mudah dialami oleh manusia. Nah, manfaat minum air rebusan daun sambiloto dapat diandalkan untuk mencegah dan mengobatinya.

Sebagai bentuk pengobatan, penelitian menemukan daun sambiloto dalam bentuk ekstrak yang dikombinasikan dengan ginseng, bisa meringankan gejala pilek seperti bersin-bersin, nyeri tenggorokan, hidung tersumbat kemudian beringus, dan batuk-batuk.

Biasanya, gejala akan berkurang setelah dua hingga lima hari mengonsumsi sambiloto. Meski sebenarnya masih diperlukan pengujian lebih lanjut. Jika ingin mencoba mencegah pilek dengan tanaman ini, disarankan menggabungkan dengan sambiloto yang dikombinasikan dengan ekstrak ginseng.

5 dari 7 halaman

Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sambiloto

Sistem Kekebalan Tubuh

Menghindari berbagai masalah penyakit, kuncinya ada pada sistem kekebalan tubuh yang kuat. Selain mengonsumsi makanan bergizi, manfaat minum air rebusan daun sambiloto bisa dijadikan pilihannya.

Daun sambiloto dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Ekstrak tanaman ini bersifat imunostimulan, yaitu meningkatkan kinerja organ-organ yang berhubungan dengan sistem imun.

Sifat ini terutama bekerja pada infeksi saluran pernapasan atas dan infeksi HIV. Selain itu, sambiloto dapat digunakan untuk meredakan peradangan (antiinflamasi) dan mengurangi keluhan-keluhan yang berkaitan dengan organ hati.

Penyakit Jantung

Manfaat minum air rebusan daun sambiloto dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung. Tanaman ini dapat mencegah pembentukan gumpalan darah serta dapat membantu memecah gumpalan darah.

Penelitian yang diterbitkan oleh Chinese Medical Journal tahun 1994 telah membuktikan bahwa ekstrak A. paniculata dapat mengulur waktu pembentukan gumpalan darah dan mencegah penyempitan pembuluh darah.

Tidak heran jika kemudian tanaman ini mampu membantu melancarkan peredaran darah dan mencegah penyakit jantung. Selain itu, sambiloto juga berkhasiat melemaskan otot-otot dinding pembuluh darah, sehingga membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

6 dari 7 halaman

Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sambiloto

Kanker

Hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa daun sambiloto memiliki kemungkinan mencegah masalah kanker. Dalam penelitian tersebut diketahui sambiloto menghambat pembelahan sel kanker.

Meski demikian perlu diingat, ini adalah hasil penelitian yang dilakukan di laboratorium. Sel kanker yang ada di dalam tubuh, meskipun sudah mengonsumsi ekstrak sambiloto secara teratur, kondisinya bisa berbeda. Hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Multiple Sclerosis

Multiple sclerosis (MS) adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh mengeluarkan reaksi abnormal dan menyerang sistem saraf pusat.

Kondisi ini biasanya terjadi terutama pada otak dan saraf tulang belakang atau spinal cord. Penyakit ini lebih sering menyerang wanita daripada pria. Bila cukup parah, multiple sclerosis dapat menyebabkan cacat.

Ekstrak tanaman sambiloto dapat mengurangi kelelahan pada pasien multiple sclerosis berdasarkan studi yang dipublikasikan oleh BMC Neurology.

Namun, tidak menunjukkan perbedaan signifikan pada angka kekambuhan, pengukuran inflamasi, dan status disabilitas. Setidaknya manfaat minum air rebusan daun sambiloto dapat dijadikan pilihan meredakan.

7 dari 7 halaman

Efek Samping Minum Air Rebusan Daun Sambiloto

Meskipun air rebusan daun sambiloto memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, memperhatikan beberapa kondisi sebelum mengonsumsi daun sambiloto. Jika dikonsumsi dengan dosis yang tepat dan dalam jangka waktu yang pendek, umumnya sambiloto tidak berbahaya.

Namun, mengonsumsi daun sambiloto juga berisiko memiliki beberapa efek samping. Mulai dari masalah diare, muntah, sakit kepala, hidung berair, ruam, kelelahan, dan kehilangan nafsu makan.

Jangan mengonsumsi sambiloto melebihi dosis dan dalam jangka panjang untuk menghindari reaksi alergi serius, pembengkakan kelenjar getah bening, maupun peningkatan enzim hati. Ikuti aturan pemakaian yang benar, jika perlu konsultasikan dengan dokter.

Selain itu, beberapa orang dengan kondisi tertentu seperti sedang hamil dan menyusui, memiliki tekanan darah rendah, mengidap penyakit autoimun, hingga memiliki kondisi gangguan darah sebaiknya menghindari konsumsi air rebusan daun sambiloto ini.

Manfaat Sambiloto meringankan atau mengobati penyakit, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Sebaiknya konsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi air rebusan daun sambiloto atau suplemen sambiloto.