Sukses

Worksheet adalah Kolom dan Baris Lembar Kerja Excel, Pahami Lebih Jauh

Liputan6.com, Jakarta Microsoft Excel merupakan bagian dari Microsoft Office yang memiliki fungsi utama mengolah data berupa angka. Perangkat lunak ini bekerja dengan bantuan worksheet dan workbook. Hal ini yang mendefisiniskan worksheet adalah kolom dan baris lembar kerja Excel.

Jumlah worksheet dalam Microsoft Excel tidak hanya satu, tetapi banyak. Istilah sederhana dari kumpulan lembar worksheet adalah workbook. Dalam worksheet ada kolom dan baris yang dapat digunakan untuk menginput data dalam sel yang dimilikinya. 

Selain digunakan untuk menginput data dengan sejumlah formula, fungsi worksheet adalah membuat tabel, membuat chart, dan masih banyak lagi lainnya. Tanpa worksheet, mungkin workbook dalam Microsoft Excel tidak akan berguna.

Berikut Liputan6.com ulas worksheet adalah kolom dan baris lembar kerja Excel dan cara kerjanya dari berbagai sumber, Rabu (20/1/2021).

 

2 dari 6 halaman

Mengenal Worksheet dalam Microsoft Excel

Microsoft Excel memiliki sistem kerja dengan mengandalkan workbook. Dalam workbook inilah pengguna bisa menemukan worksheet. Bisa dikatakan worksheet adalah bagian dari workbook.

Isi worksheet adalah kolom dan baris yang digunakan untuk mengerjakan sesuatu dalam Microsoft Excel. Kolom dan barisnya berbetuk kecil-kecil dan berupa sel. Biasanya digunakan untuk mengolah data dengan rumus tertentu.

Selain digunakan untuk mengolah data dengan rumus, fungsi worksheet adalah membuat tabel, membuat chart, dan masih banyak lagi lainnya. Tanpa worksheet, mungkin workbook dalam Microsoft Excel tidak akan berguna.

Apabila dikaitkan dengan workbook, maka worksheet adalah kumpulan lembar kerja yang bisa disebut workbook. Koleksi data atau kumpulan worksheet dokumen Microsof Excel bisa disebut workbook.

Berbeda dengan workbook yang jumlahnya tidak bisa ditambah. Worksheet adalah lembar kerja yang jumlahnya bisa ditambah sesuai dengan yang dibutuhkan. Sesuai penjelasan sebelumnya, worksheet adalah bagian yang bisa dikumpulkan untuk dijadikan workbook.

3 dari 6 halaman

Penggunaan Worksheet dalam Microsoft Excel

Worksheet bisa langsung digunakan oleh pengguna untuk mengolah data. Letak worksheet adalah pada bagian bawah formula bar dan di atasnya status bar.

Bagian-bagian worksheet dalam Microsoft Excel terdiri dari kumpulan sel yang biasa digunakan untuk menginput dan mengolah data. Pada sel inilah angka, teks, dan beberapa formula bisa dimasukkan untuk dilakukan pengolahan.

Untuk bisa menambahkan worksheet adalah meng-klik tab Sheet pada bagian pojok kiri bawah lembar kerja. Jika ingin cara yang lain, bisa dengan menambahnya di sebelah kanan tab Sheet. Bisa juga dengan Shift + F11 pada keyboard.

Tidak hanya bisa ditambahkan, tetapi bisa dikurangi dan diganti namanya. Untuk menghapus worksheet adalah klik kanan tab Sheet dan pilih Delete. Bisa juga dengan pilih Sheet > Home > Delete > Delete Sheet.

Penggantian nama worksheet bisa dengan klik dua kali nama Sheet pada bagian tab Sheet. Cara yang lain bisa dengan klik kanan tab Sheet > Rename > Tulis Nama Baru.

Duplikat worksheet bisa dilakukan dengan klik tab Sheet, lalu Move atau Copy. Pilih Create a Copy dan Ok. Bila ingin memindahkan bisa dengan shortcut Ctrl + PgUp atau Ctrl + PgDn. Jika ingin memberi warna khusus penanda, pilih Tab Color.

4 dari 6 halaman

Mencetak Worksheet dalam Microsoft Excel

Satu Worksheet

1. Siapkan lembar worksheet yang akan dicetak secara fisik.

2. Klik File > Print.

3. Bisa juga dengan langsung menekan Ctrl + P pada keyboard.

4. Sesuaikan terlebih dahulu pada menu Setting.

5. Jika sudah, langsung klik Print.

Banyak Worksheet

1. Siapkan lembar worksheet yang akan dicetak secara fisik.

2. Klik File > Open.

3. Tidak langsung cetak, tetapi tahan dulu dengan menekan tombol Ctrl sambil memilih judul workbook yang akan dicetak.

4. Jika sudah, barulah klik Print.

Semua Worksheet

1. Siapkan lembar worksheet yang akan dicetak secara fisik.

2. Klik Sheet yang akan dicetak, lalu pilih range dengan centang dari data yang dibutuhkan.

3. Klik File > Print.

4. Perhatikan pada bagian Setting, pilih anak panah ke bagian Print Activate Sheets.

5. Langsung pilih Print lagi.

5 dari 6 halaman

Fungsi Umum Microsoft Excel

Mengolah Data

Apakah Anda harus menjumlahkan banyak data dalam waktu yang singkat? Atau Anda ingin mengetahui bagaimana nilai rata-rata dari kumpulan data yang ada?

Hal ini tidak akan menjadi suatu masalah jika Anda menggunakan aplikasi Excel.

Anda hanya perlu menggunakan Statistical Function yang terdapat pada tab Formulas. Berikut adalah Statistical Function yang dapat Anda gunakan :

1. Sum: Digunakan untuk menjumlahkan keseluruhan data

2. Average: Digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dari keseluruhan data

3. Count Numbers: Digunakan untuk menghitung jumlah cell yang memuat angka

4. Max: Digunakan untuk mencari nilai terbesar

5. Min: Digunakan untuk mencari nilai terkecil

Basic Template

Ketika menggunakan Microsoft Excel, Anda dapat menggunakan berbagai basic template yang sudah tersedia sesuai dengan kebutuhan ketika membuka Microsoft Exel, basic template ini bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Kita dapat membuat berbagai laporan yang lebih menarik, disertai dengan chart dalam menggunakan Microsoft Excel seperti financial budgeting, daily schedule, list, dan berbagai laporan lainnya dengan mudah sesuai kebutuhan pekerjaan kita.

Meminimalisir Kesalahan

Pada saat pekerjaan membutuhkan input data yang begitu banyak, dan penglihatan membuat sulit. Bisa menggunakan fungsi Microsoft Excel dari untuk menutup sebagian data yang sudah dibuat agar mempermudah penginputan data selanjutnya. Fungsi Freezes ini terdapat pada tab View.

6 dari 6 halaman

Fungsi Umum Microsoft Excel

Number Formating

Aplikasi Microsoft Excel seringkali digunakan untuk mengolah angka-angka statistik. Fungsi Microsoft Exel juga dapat mengatur format angka yang terdapat pada sheet.

Praktikkan dengan menggunakan Numbers Format yang terdapat pada tab Home. Di sini terdapat beberapa bentuk Numbers Formatting yang dapat digunakan untuk memformat tanggal, mata uang, waktu, pecahan, dan keperluan lainnya.

Merapikan Data

Pada umumnya, jumlah data yang terdapat di Microsoft Excel cukup banyak. Namun, terkadang data yang ada sangatlah banyak, dan penulisannya masih bisa salah tidak sesuai kaidah PUEBI.

Misalnya, ada beberapa kata yang belum tertulis menggunakan huruf kapital yang seragam. Akan tetapi, Anda tidak perlu takut harus merapikannya satu-persatu karena Anda dapat mengetikkan formula khusus di bawah ini :

1. Trim: Untuk merapikan tulisan dan menghapus space yang tidak diinginkan. Formulanya adalah =TRIM(CELL)

2. Proper Case: Dengan menggunakan formula ini, setiap kata yang tertulis akan diawali huruf kapital. Cocok digunakan untuk penamaan nama. Formulanya adalah =PROPER

3. Upper Case: Seluruh karakter yang ada di tulisan tersebut akan tertulis menggunakan huruf kapital. Formulanya adalah =UPPER

4. Lower Case: Seluruh karakter yang ada akan tertulis menggunakan huruf kecil. Formulanya adalah =LOWER

5. Len: Untuk menghitung jumlah karakter yang terdapat pada kata tersebut. Formulanya adalah =LEN