Sukses

Tinggalkan Karier di Perbankan, Ikhwan Memulai Usaha Kriya Ternyata Berbuah Manis

Ikhwan pemilik usaha Dekardekor Shop cerita pengalamannya di Konser Amal Kreatif Lokal 2021

Liputan6.com, Jakarta Keterbatasan bukan penghalang bagi seseorang untuk tetap menjalan usaha. Hal inilah yang dilakukan oleh Ikhwan pemilik usaha Dekardekor Shop. Usaha kreatif ini memproduksi hiasan dinding berupa poster kayu, menggunakan bahan kayu MDF yang dipadukan dengan design kreatif, sehingga tercipta produk yang bernilai seni tinggi namun ekonomis.

Dengan inovasi yang diberikan, Dekardekor Shop didapuk menjadi juara pertama Kreatif Lokal Award 2020 dengan kategori Kriya. Kini, Dekardekor Shop ingin membagikan pengalamannya dalam membangun bisnis di acara Konser Amal Kreatif Lokal 2021 yang digelar oleh Adira Finance, Sabtu (16/1/2021).

Dalam sesi sharing season Konser Amal Kreatif Lokal 2021, Ikhwan menceritakan bahwa sangat bangga telah menjadi juara dalam kompetisi Kreatif Lokal Award 2020.

“Setelah menjadi juara, banyak sekali exposure dari berbagai media. Jadi makin banyak yang tahu Dekardekor Shop itu juara,” ujar Ikhwan.

Sebelum berbisnis, lanjut Ikhwan bahwa pernah bekerja di dunia perbankan. ia mengaku tak nyaman saat berkarier di sana. Walaupun demikian, Ikhwan memulai bisnisnya.

“Usai kuliah 2011, saya bekerja di salah satu bank swasta. Saya jalanin, karena saya penyandang disabilitas dan tak akan menyiayiakan kesempatan tersebut. Akhirnya selama 4 tahun bekerja, saya memilih untuk berbisnis karena sudah tak nyaman,” ujar Ikhwan.

Sebelum menjalankan bisnisnya, Ikhwan tak gegabah untuk langsung terjun ke dunia bisnis bahkan saat menjalankan bisnisnya tersebut, ia masih tetap bekerja.

“Ketika saya rasa penghasilan bisnis lebih besar ketimbang pekerjaan utama, saya putuskan untuk resign. Intinya jangan gegabah, perlu dipikirkan matang-matang,” tutur Ikhwan.

Dalam menjalankan bisnisnya, Ikhwan mengaku banyak tantangan yang harus dihadapi. Apalagi Ikhwan disabilitas. Tapi ia menyadari bahwa ia memiliki peluang untuk mengembangkan bisnisnya dengan berkolaborasi.

"Saya tunanetra, tentu banyak tantangan dalam membangun bisnis. Pokoknya yang harus disadari, era sekarang adalah era kolaborasi, bukan sekadar kompetisi," imbuh Ikhwan.

Kini, setelah menang dalam ajang Kreatif Lokal Award 2020, Ikhwan mengembangkan usahanya dengan baik. Adapun produk Dekardekor Shop, seperti produksi hiasan dinding dari bahan kulit kayu.

"Kita menyediakan desain yang bisa disesuaikan dengan ruangan konsumen, bisa untuk rumah, apartemen atau restoran, sesuai tema ruangan konsumen, makanya namanya dekardekor shop karena bisa disesuaikan keinginan teman-teman," ujar Ikhawn.

Dalam sesi tersebut,  Ikhwan mengimbau untuk pentingnya berkolaborasi dalam merintis usaha.

“Manfaatkan komunitas, dengan melakukan sesuatu secara kolaboratif hasilnya akan beda, daripada melakukannya sendiri," pungkasnya.

Selain Ikhwan, ada pula para pemenang kategori lain yang ikut dalam sharing session tersebut. Mulai dari Dewi Home Crab sebagai pemenang juara satu dalam kategori kuliner dan Ezmour sebagai pemenang dalam kategori fashion.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.