Sukses

10 Manfaat Anggur Hitam untuk Kesehatan, Turunkan Risiko Diabetes

Liputan6.com, Jakarta Buah anggur adalah satu dari sekian banyak jenis buah yang mudah ditemui. Buah ini sendiri memiliki beberapa varian yang berbeda, salah satunya jenis anggur hitam. Anggur jenis ini tidak kalah bermanfaat dibanding jenis anggur lainnya.

Melansir Klikdokter, menurut dokter Devia Irine Putri menjelaskan, bahwa sama halnya dengan anggur hijau dan merah, anggur hitam juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan baik untuk tubuh. Anggur merupakan salah satu jenis buah yang mampu mencegah kanker.

Sebenarnya, beragam manfaat anggur hitam ini tidak lepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Ada beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam buah anggur hitam, seperti kalori, karbohidrat, gula, potassium, vitamin C, vitamin K, magnesium, dan tembaga

Untuk mengulas lebih dalam mengenai apa saja manfaat anggur hitam tersebut, berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/1/2021).

2 dari 6 halaman

Manfaat Anggur Hitam

1. Cegah Radikal Bebas

Melansir Klikdokter, menurut keterangan dr. Devia, kandungan antioksidan di dalam buah anggur hitam lebih banyak dibandingkan buah anggur merah dan anggur hijau. Maka tidak heran, jika buah anggur hitam sangat baik dalam mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh akibat paparan radikal bebas.

 

2. Turunkan Risiko Kanker

Selanjutnya, manfaat anggur hitam mampu menurunkan risiko kanker. Hal ini tidak lain karena anggur hitam memiliki kandungan antioksidan yang disebut dengan resveratrol. Zat resveratrol dalam anggur hitam tersebut, ternyata sangat efektif dalam mencegah penyebaran sel kanker.

3 dari 6 halaman

Manfaat Anggur Hitam

3. Menjaga Berat Badan

Lalu, melansir LiveStrong, adanya kandungan resveratrol di dalam anggur hitam, ternyata juga memiliki sifat antiinflamasi yang menjadi sumber untuk mencegah obesitas. Pasalnya, kandungan tersebut mampu menghambat pembentukan metabolisme lemak. Selain itu, kandungan resveratrol tersebut juga mampu meningkatkan pembakaran kalori, yang mana akan berdampak pada proses penurunan berat badan dengan lebih cepat dan efektif.

 

4. Bantu Meningkatkan Daya Ingat

Kemudian, masih melansir Klikdokter, menurut dr. Devia, adanya kandungan resveratrol dalam anggur hitam juga mampu meningkatkan daya ingat seseorang. Percobaan pada hewan menunjukan adanya kandungan resveratrol pada anggur yang bisa meningkatkan fungsi otak. Selain itu, kandungan ini juga memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan jantung serta menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

4 dari 6 halaman

Manfaat Anggur Hitam

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat anggur hitam untuk menyehatkan jantung tidak lain berasal dari kandungan resveratrol di dalamnya. Senyawa tersebut, sangat ampuh dalam memperlancar aliran darah.

Kemudian, adanya fitokimia yang dikandung anggur hitam juga sangat efektif untuk mencegah kerusakan otot jantung serta bisa menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Dampak jangka panjangnya, konsumsi anggur hitam secara rutin dapat mencegah serangan jantung serta risiko timbulnya penyakit kardiovaskular lain yang berbahaya bagi tubuh.

 

6. Penuhi Kebutuhan Vitamin K

Berdasar keterangan dari National Institutes of Health (NIH), konsumsi vitamin K sangat penting dalam membantu pembekuan darah serta menjaga kesehatan tulang. Kecukupan akan kebutuhan vitamin K pada tiap orang tentu berbeda-beda. Hal tersebut dipengaruhi beberapa faktor, mulai dari usia hingga jenis kelaminnya.

Pemenuhan kebutuhan vitamin K pada pria dewasa berusia 19 tahun ke atas, membutuhkan 120 mikrogram vitamin K per hari. Tentu hal ini berbeda dengan wanita dewasa 19 tahun ke atas yang hanya membutuhkan 90 mikrogram per hari.

Apa dampak kekurangan vitamin K? Jika tubuh kekurangan vitamin K, maka bisa menyebabkan perdarahan dan pembekuan darah lebih lambat. Hal ini sering dialami oleh bayi atau wanita hamil. Bahkan, lebih parahnya lagi, konsumsi obat-obatan pada masa kehamilan, seperti heparin dan karbamazepin, juga bisa menjadi faktor yang mencegah metabolisme vitamin K.

5 dari 6 halaman

Manfaat Anggur Hitam

7. Menjaga Kesehatan Janin

Kemudian, dengan konsumsi anggur hitam secara rutin, bisa membantu kesehatan janin tetap terjaga. Hal ini tidak lain dari kandungan vitamin K di dalam anggur hitam. Jika kekurangan asupan vitamin K, sangat memengaruhi kesehatan janin atau bayi baru lahir. Bahkan, jika tidak diperhatikan asupan vitamin K pada bayi dan anak-anak, berpotensi menyebabkan kelainan tulang atau risiko perdarahan intrakranial.

 

8. Menyehatkan Mata

Selain itu, manfaat anggur hitam juga mampu menyehatkan mata. Hal ini tidak lepas dari kandungan lutein dan zeaxanthin yang merupakan golongan karotenoid, di mana memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan mata. Apabila dikonsumsi secara rutin dengan porsi tepat, manfaat anggur hitam mampu mencegah kerusakan oksidatif serta mencegah kebutaan.

6 dari 6 halaman

Manfaat Anggur Hitam

9. Turunkan Risiko Diabetes

Manfaat anggur hitam ini masih berasal dari resveratrol yang ada di dalamnya. Kandungan tersebut ternyata juga memiliki peran penting dalam mencegah dan menurunkan risiko diabetes. Pasalnya, kandungan resveratrol dipercaya sangat ampuh dalam meningkatkan sensitivitas insulin.

Hingga akhirnya, kandungan tersebut akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengatur glukosa dan akan menurunkan kadar gula darah. Resveratrol juga akan meningkatkan jumlah reseptor glukosa membran sel serta berkhasiat dalam membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

 

10. Antimikroba

Melansir Klikdokter, berdasar artikel penelitian yang diterbitkan dalam Indian Journal of Pharmacology, pil yang berasal dari anggur hitam memiliki kandungan  senyawa antimikroba polifenol dalam jumlah besar.

Adanya kandungan senyawa polifenol sangat dipercaya ampuh untuk mengontrol perkembangbiakan mikroorganisme patogen. Dalam studi tersebut juga didapatkan fakta, bahwa anggur hitam bisa mencegah jenis bakteri mematikan dan jamur yang bisa memengaruhi kondisi dari kesehatan tubuh.