Sukses

9 Makanan Burung Lovebird, Mudah Didapatkan

Liputan6.com, Jakarta Lovebird merupakan salah satu jenis burung yang dikenal cerdas. Lovebird sendiri sebenarnya adalah jenis burung beo kecil berukuran antara 5,1-6,7 inci (13-17 cm). Burung tersebut punya bentuk paruh besar dan ekor yang berbentuk bulat atau persegi. Rata-rata masa hidup lovebird kisaran 10-12 tahun atau bisa juga lebih lama.

Populernya burung lovebird juga tidak lepas dari kemudahan dalam memeliharanya, bahkan oleh pemula sekalipun. Namun, bukan berarti memelihara burung lovebird tidak butuh perhatian khusus. Selain itu, jenis burung lovebird ada baiknya agar dipelihara secara berpasangan. Sebab, burung lovebird membutuhkan begitu banyak perhatian serta kasih sayang. Unik bukan?

Biasanya, di alam liar burung lovebird sering konsumsi biji-bijian, beri, rerumputan, pucuk daun, serta berbagai tanaman pertanian seperti jagung. Jumlah makanan burung lovebird yang diberikan, biasanya 1 setengah sampai 2 ons (45-60 gram) tiap hari untuk satu ekor burung.

Jika Anda baru saja mulai memelihara burung lovebird, ada baiknya perhatikan dengan benar apa saja jenis makanan burung lovebird tersebut. Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum berbagai makanan burung lovebird yang mudah didapatkan, Rabu (20/1/2021).

2 dari 4 halaman

Makanan Burung Lovebird

1. Kacang-kacangan

Makanan burung lovebird yang pertama yaitu kacang-kacangan. Aneka kacang-kacangan seperti lentil, buncis serta kacang polong sangat baik untuk dijadikan makanan burung lovebird.

Pasalnya, di dalam beragam jenis kacang-kacangan tersebut, sarat akan kandungan protein yang tinggi. Dengan mencukupi kebutuhan protein burung lovebird, maka sangat membantu dalam menjaga kesehatan dan perkembangan burung lovebird.

 

2. Pelet

Selanjutnya, makanan burung lovebird bisa berupa pelet. Pelet sendiri adalah salah satu makanan khusus yang dibuat untuk burung lovebird, burung beo serta masih banyak jenis burung lainnya. Selain mudah dalam pengolahannya, pemberian pelet sebagai makanan burung lovebird menjadi salah satu pilihan dan tambahan yang baik serta sempurna dalam memenuhi nutrisinya.

 

3. Umbi

Berbagai jenis umbi-umbian adalah satu dari sekian banyak makanan burung lovebird yang direkomendasikan. Ada beragam jenis umbi-umbian seperti ubi jalar, zucchini, atau lobak yang bisa Anda berikan sebagai pakan burung lovebird. Selain itu, makanan burung lovebird ini juga relatif mudah ditemukan di sekitar Anda.

3 dari 4 halaman

Makanan Burung Lovebird

4. Buah-buahan

Makanan burung lovebird yang selanjutnya yaitu dari jenis buah-buahan. Anda bisa memberi beragam buah-buahan sepserti apel atau pir kepada burung lovebird peliharaan.

Jangan lupa untuk membersihkan serta membuang biji yang terdapat di dalam buah terlebih dahulu sebelum disajikan ke burung lovebird. Selain itu, ada juga berbagai jenis buah lain yang juga bisa diberi, seperti pisang, buah jeruk segar, beri, mangga, melon, anggur, kiwi, pepaya, persik, plum, atau belimbing.

 

5. Sayuran Hijau

Makanan burung lovebird yang kelima adalah sayur-sayuran dengan daun berwarna hijau. Lovebird juga direkomendasikan untuk diberi makan dari kategori sayuran hijau seperti kubis, kembang kol, brokoli, bok-choy, daun dandelion, bahkan rumput laut. Selain itu ada juga beberapa jenis sayuran dan rumput hijau lain yang bisa Anda temukan dengan mudah di pasar tradisional.

 

6. Edible Flower

Salah satu makanan burung lovebird ini mungkin cukup asing. Edible flower merupakan salah satu bunga yang bisa dimakan. Ada beberapa jenis bunga yang bisa dikonsumsi lovebird, seperti bunga seperti chamomile, anyelir, dandelion, honeysuckle, dan masih banyak lagi yang bisa diubah jadi makanan burung lovebird kesayangan Anda.

Akan tetapi, ada baiknya untuk memastikan keamanan dari bunga yang akan diberikan. Ditakutkan, pada beberapa jenis bunga mungkin ada yang mengandung racun. Racun tersebut tentunya akan sangat berbahaya bagi burung lovebird kesayangan Anda.

4 dari 4 halaman

Makanan Burung Lovebird

7. Gandum

Makanan burung lovebird juga bisa berupa biji gandum utuh. Berbagai jenis biji-bijian gandum seperti barley, oat, quinoa, gandum, serta beras juga dapat diberikan pada burung lovebird peliharaan. Bahkan, jenis biji oat bahkan juga diyakini mampu mempercepat serta bantu menenangkan proses pergantian bulu yang biasa terjadi pada burung lovebird.

 

8. Telur Rebus

Kemudian, jenis makanan burung lovebird ini juga bisa dijadikan pilihan tepat. Pasalnya, kebutuhan akan protein pada burung lovebird perlu dipenuhi. Sedangkan burung lovebird tidak mengonsumsi serangga yang biasanya menjadi sumber protein burung pada umumnya.

Ada beragam jenis telur yang bisa dijadikan makanan burung lovebird. Mulai dari telur ayam, itik, hingga telur puyuh sekalipun.

 

9. Tauge

Tauge memiliki kandungan gizi yang sangat kaya. Di dalamnya terdapat kandungan vitamin A, vitamin C, kalsium, mineral, magnesium, zat besi, kalium, serat, folat, asam amino, serta protein. Makanan burung lovebird ini mampu memberi manfaat berupa menjaga kekebalan tubuh burung, meingkatkan stamina, melancarkan pencernaan burung, serta mampu meningkatkan kesuburan dari indukan burung lovebird itu sendiri.

Namun, tetap sesuaikan nutrisi yang dibutuhkan dengan hati-hati, dan jangan beri makanan burung lovebird secara berlebihan.