Sukses

6 Jenis Banner Makanan dan Cara Membuatnya Agar Menarik Perhatian

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak jenis banner makanan yang bisa dibuat. Banner merupakan salah satu media promosi yang efektif menarik pelanggan. Selain brosur, flyer, atau iklan lainnya, banner makanan adalah cara jitu mempromosikan usaha kuliner. Banner makanan juga terbilang terjangkau dan bisa ditempatkan di lokasi strategis.

Beragam jenis banner makanan bisa kamu pakai untuk berpromosi. Kamu bisa memilih jenis banner makanan mana yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jenis-jenis banner makanan ini juga tersedia dalam beragam ukuran dan bentuk.

Selain memilih jenis, kamu juga harus menentukan desain banner makanan yang menarik. Pemilihan gambar, font, dan kalimat promosi sangat berpengaruh terhadap nilai dari banner makanan. Banner makanan yang menarik akan menyampaikan maksudnya dengan cepat untuk menarik perhatian terhadap merek atau produk.

Berikut jenis-jenis banner makanan dan tips membuatnya agar menarik perhatian, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(20/1/2021).

2 dari 10 halaman

X banner

X banner termasuk jenis banner makanan yang kini banyak digunakan. Jenis banner ini bisa digunakan secara indoor maupun outdoor. X banner merupakan jenis standing banner yang memiliki penyangga berupa kerangka berbentuk X. Kerangka X banner biasanya terbuat dari pipa aluminium yang bisa dilepas pasang.

X banner makanan bisa digunakan untuk memperkenalkan makanan yang dijual. Jenis banner makanan ini bisa diletakkan di depan warung makan atau stand makanan yang kamu miliki. Ada beragam ukuran X banner di antaranya 25x40 cm, 60x120 cm, 60×160 cm, hingga 80x180 cm.

3 dari 10 halaman

Mini X banner

Mini X banner merupakan versi kecil dari X banner. Kerangka mini X banner sama dengan X banner pada umumnya yang berbentuk X. Ukuran Mini X Banner umumnya sebesar 26×38 cm atau bisa lebih kecil tergantung dengan kebutuhan.

Fungsi mini X banner juga sama seperti banner lainnya yaitu memberi informasi terkait makanan yang dipromosikan. Biasanya mini X banner ditempatkan untuk memberi informasi terkait menu atau promo yang sedang berlangsung.

4 dari 10 halaman

Y banner

Sekilas, Y banner tampak mirip dengan X banner. Jenis banner makanan ini juga termasuk yang sering digunakan dalam promosi. Perbedaan Y banner dengan X banner adalah bentuk kerangka penyangganya.

Y banner memiliki penyangga tambahan di bagian kakinya agar bisa berdiri kuat. Penyangga tambahan inilah yang menyerupai huruf Y. Ukuran standar Y banner biasanya 60×160 cm. Y banner bisa jadi alternatif untuk banner makanan yang simpel dan efektif.

5 dari 10 halaman

Roll up banner

Jenis banner makanan selanjutnya adalah roll up banner. Tak seperti X banner dan Y banner yang mengguakan kerangka aluminium untuk penyangga, roll up banner menggunakan gulungan. Banner ini berbentuk gulungan dan ditarik keatas jika ingin digunakan.

Roll up banner terkenal lebih kokoh dan tidak mudah kusut atau terlipat. Ukuran standar dari jenis banner satu ini berukuran 80×200 cm, 85×200 cm, 120×200 cm hingga 150×200 cm. Roll up banner bisa digunakan di dalam maupun luar ruangan.

6 dari 10 halaman

Giant banner

Selain jenis standing banner, banner makanan yang cukup efektif digunakan adalah giat banner atau banner raksasa. Jenis banner makanan ini biasa ditempatkan di luar ruangan sama seperti baliho atau billboard. Biasanya Giant Banner menggunakan bahan flexi yang jauh lebih kuat ketika diterpa cuaca panas atau hujan.

Giant banner bisa digunakan untuk penanda toko atau menginformasikan tentang promo makanan yang sedang berjalan. Banner ini juga bisa berbentuk horizontal atau vertikal sesuai dengan kebutuhan.

7 dari 10 halaman

Spanduk

Jenis banner makanan yang terakhir adalah spanduk. Spanduk biasanya berbentuk horizontal dengan beragam ukuran. Spanduk biasa dipasang di depan rumah makan sebagai penanda atau memberi informasi terkain makanan yang dijual.

Spanduk biasanya diikat di satu sudut tembok ke tembok lainnya. Banner makanan ini juga termasuk bagian promosi penting jika kamu memiliki usaha kuliner.

8 dari 10 halaman

Tips membuat banner yang menarik

Pilihan warna

Apapun makanan yang kamu jual, warna sangat efektif dalam menyampaikan pesan kepada target pasar. Warna dapat menimbulkan suasana hati, menarik perhatian, dan menghasilkan emosi. Penting juga untuk mengetahui bahwa warna tertentu merangsang nafsu makan.

Misalnya, warna kuning menimbulkan keceriaan dan kebanyakan orang cenderung memiliki nafsu makan yang baik saat mereka bahagia. Hijau seperti warna salad, mencerminkan perasaan sehat. Oranye seperti wortel, labu, atau jeruk bisa membangkitkan sensasi lapar. Sedangkan warna merah bisa memompa darah dan membuat sensasi lapar semakin terasa.

Bermain font

Font yang rapi dan sederhana adalah yang terbaik. Tapi kamu tetap bisa bermain-main dengan font. Bereksperimenlah dengan tipografi dan temukan yang sesuai dengan kebutuhan dan berikan informasi dengan cara terbaik. Kamu dapat menggunakan beberapa font dalam satu banner dan menciptakan dampak yang lebih besar. Kuncinya di sini adalah jangan berlebihan.

9 dari 10 halaman

Tips membuat banner yang menarik

Informasi adalah Kuncinya

Beberapa pemilik usaha mungkin berpikir bahwa meletakkan semua informasi di banner mereka adalah suatu keharusan. Teks yang padat di banner sebenarnya dapat menyebabkan orang bosan dan enggan untuk membaca lebih lanjut. Cobalah untuk meringkas detailnya dan sejelas dan sesingkat mungkin untuk menghindari membingungkan pembaca. Soroti apa yang perlu difokuskan seperti menu, detail kontak atau lokasi dan minimalkan yang lain.

Gunakan foto yang jelas

Pengenalan paling efektif yang dapat kamu gunakan adalah gambar makananmu. Gunakan fotografi kualitas profesional yang paling menggambarkan penawaranmu. Gambar makanan yang jelas dan segar dapat memengaruhi bisnis dengan membuat orang membayangkan diri mereka menikmati makanan tersebut.

10 dari 10 halaman

Tips membuat banner yang menarik

Tambahkan ilustrasi

Ilustrasi dapat menginformasikan, membujuk, dan bahkan memengaruhi audiens dengan cara yang mungkin tidak dapat dilakukan oleh foto. Penggunaan ilustrasi dan grafik dapat membantu menyampaikan pesan promosi.

Buat Penawaran dan Diskon

Membuat promo seperti penawaran dan diskon adalah cara jitu untuk menarik perhatian orang. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari penawaran, kamu harus mengetahui target pasar secara tepat. Misalnya, jika restoranmu dekat dengan kantor perusahaan, kamu dapat menawarkan diskon untuk jam makan siang.