Sukses

Fungsi Poster untuk Penyampaian Pesan, Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Fungsi poster memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan secara efektif. Poster adalah salah satu media komunikasi yang sudah digunakan sejak ratusan tahun silam. Poster terdiri dari teks dan gambar yang bertujuan menjampaikan pesan tertentu.

Fungsi poster banyak digunakan untuk mempromosikan produk, acara, atau pemikiran-pemikiran tertentu. Poster bisa ditemukan di mana-mana. Ia terpampang di dinding jalan atau tersimpan di lampiran email. Fungsi poster punya tujuan yang sama yaitu menjadi persuasif dan menarik perhatian.

Sebuah poster ditempatkan di area yang sesuai di ruang publik untuk menyampaikan pesan. Fungsi poster mampu menjangkau audiens yang sangat luas. Kini, poster tersedia tak hanya dalam bentuk cetak, melainkan juga online. Ini membuat fungsi poster jadi semakin luas.

Fungsi poster sangat berguna untuk keperluan promosi dan menyebarluaskan informasi. Berikut fungsi poster, pengertian, jenis, dan tujuannya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(20/1/2021).

2 dari 6 halaman

Pengertian poster

Poster adalah media untuk menyampaikan pesan dengan cara yang lebih informatif dan menarik. Poster adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar atau kecil. Poster adalah promosi sementara dari sebuah ide, produk, atau acara yang dipasang di ruang publik untuk konsumsi massal.

Biasanya, poster mencakup elemen tekstual dan grafis, meskipun poster dapat berupa teks seluruhnya atau seluruhnya. Poster dirancang agar menarik dan informatif. Poster dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Poster juga digunakan untuk reproduksi karya seni, terutama karya terkenal, dan umumnya lebih murah dibandingkan dengan karya seni aslinya.

Menurut Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, Poster adalah kombinasi visual dari rancangan yang kuat, dengan warna, dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang yang lewat tetapi cukup lama menanamkan perhatian orang yang lewat tetapi cukup lama menanamkan gagasan yang berarti di dalam ingatannya.

Menurut Rudi susilana dan Cepi Riana poster yaitu sajian kombinasi visual yang jelas, menyolok, dan menarik dengan maksud untuk menarik perhatian orang yang lewat.

Poster dapat berupa gambar yang memiliki warna yang menarik sehingga dapat menangkap perhatian orang dengan menanamkan suatu makna tertentu yang ingin disampaikan pembuat poster, sesuai dengan tujuan dari makna poster tersebut.

3 dari 6 halaman

Tujuan poster

Poster memiliki tujuan utama menarik perhatian, menginformasikan, meyakinkan dan memprovokasi. Jika audiens merasa terpanggil, poster dapat memengaruhi keputusannya melalui teks dan gambar. Poster yang dirancang secara optimal menarik keingintahuan audiens, dan juga secara tidak sadar sisi emosionalnya.

Reaksi audiens terhadap poster bergantung pada minat, kecenderungan, dan terutama situasi sosialnya. Akibatnya, setiap audiens dapat menafsirkan poster secara berbeda, berdasarkan asalnya, latar belakang, dan realitas sosial serta politik.

4 dari 6 halaman

Fungsi poster

Fungsi utama poster adalah untuk menangkap audiens yang bergerak dengan sebuah pesan. Poster biasanya dirancang untuk menyampaikan pesan, tetapi juga harus secara estetika menarik perhatian orang yang lewat. Fungsi poster secara umum adalah:

- sebagai penggerak perhatian masyarakat

- sebagai petunjuk

- sebagai peringatan

- sebagai pengalaman kreatif

- sebagai alat kampanye

Agar efektif, poster harus menarik perhatian (eye-catching melalui bentuk dan warna optik) dan berkesan (motif dan teks asli). Poster juga harus memiliki desain yang menarik (kombinasi font, gambar dan warna asli). Selain itu, poster harus memiliki pesan atau pernyataan yang terstruktur dengan jelas.

Fungsi poster dapat menarik perhatian khalayak. Selain itu fungsi poster bisa digunakan untuk bahan diskusi. Poster juga termasuk media promosi yang murah dan bisa dibuat dengan mudah.

5 dari 6 halaman

Syarat poster yang baik

Mudah dilihat

Seperti diketahui dari fungsi poster, pesan dalam poster harus mampu mencapai khalayak luas. Poster harus dibuat agar audiens tertarik melihatnya. Poster harus secara estetika menarik perhatian orang yang lewat. Poster harus secara estetika menarik perhatian orang yang lewat. Setelah audiens tertarik, isi dari poster akan tersampaikan.

Komunikatif dan informatif

Poster haruslah komunikatif dan informatif. Bahasa dalam poster harus sesuai dengan target khalayak. Sementara iformasi yang disampaikan harus sesederhana mungkin dan tidak berbelit-belit.

Mudah dipahami

Poster yang baik harus mudah dipahami oleh audiensnya. Gambar dan teks harus jelas sehingga tidak ada kesalahan penafsiran. Pesan dari poster juga harus dibuat dengan bahasa dan visual yang mudah dipahami.

Terstruktur

Isi dan informasi harus mudah dan cepat dipahami serta mudah diingat dan persuasif. Oleh karena itu, pesan tersebut harus singkat dan ringkas. Poster yang baik harus memperhatikan tata letak yang benar. Pastikan untuk tidak menempatkan teks di tepi lembar poster. Pilih warna dan font yang menarik agar poster dapat menarik mata.

6 dari 6 halaman

Jenis poster berdasarkan tujuannya

Poster iklan

Poster iklan biasanya digunakan oleh sebuah brand dengan berbagai ukuran untuk tujuan promosi. Poster iklan dirancang untuk menjadi pemukul berat dalam hal memicu emosi pada audiens untuk memicu tindakan. Baik itu untuk melakukan pembelian, meningkatkan opini, memberikan donasi untuk suatu tujuan, atau bahkan perubahan gaya hidup.

Tidak seperti poster lain, yang biasanya lebih terbuka dalam tujuannya, poster iklan biasanya dirancang untuk menampung pesan subliminal, sarat dengan simbolisme dan dimaksudkan untuk memprovokasi, menginspirasi, dan bahkan tekanan.

Poster infomatif

Poster informatif berfungsi untuk memberi informasi dengan baik. Mereka dapat bervariasi dalam hal desainnya, karena beberapa akan terlihat seperti infografis sementara yang lain hanya berisi visual, tetapi tujuan mereka tetap sama, memberi informasi.

Poster infomatif berisi banyak informasi faktual yang bertujuan untuk mendidik audiens sebanyak mungkin. Tidak seperti poster lainnya, poster informatif selalu berbasis fakta dan berfungsi untuk membantu audiens menjadi lebih terinformasi data.

Poster motivasi

Poster penegasan atau motivasi adalah poster yang memiliki tujuan tunggal untuk menginspirasi. Mereka biasanya berisi kutipan motivasi atau salinan yang cerdas dan menarik yang diwakili dengan tipografi yang besar dan tebal, dihamparkan pada gambar latar belakang yang menginspirasi yang bekerja untuk menarik hati hati penonton. Poster ini selalu positif, dan bertujuan untuk membuat penonton merasa senang.

Poster penelitian

Poster penelitian atau poster riset biasanya digunakan oleh komunitas akademis untuk memajang temuan mereka di konferensi. Poster ini berisi teks, banyak data, tetapi juga memanfaatkan bagan dan grafik dan visualisasi data lainnya untuk menyampaikan maksud mereka.

Tidak seperti poster informatif, poster penelitian lebih bersifat serius dan seringkali berisi jargon dan dibuat khusus untuk audiens sasaran yang sudah memiliki latar belakang pengetahuan tentang topik tersebut.