Sukses

Cari Tahu di Sini, Ini Tanda Kucingmu Tak Bahagia!

Pencinta kucing tahu bahwa hal ini sulit dibedakan, kapan saat kucingmu malas atau tengah bersemangat.

Liputan6.com, Jakarta Tahukah kamu bahwa kucing adalah hewan penuh dengan 'perasaan'. Yup, dia akan mendengkur ketika ada dipelukanmu dan artinya kucing bahagia. Namun dia 'mendesis' jika sedang marah. Namun semua emosinya akan cepat berlalu. 

Nah sekarang pertanyaannya, tanda seperti apa yang menunjukkan bahwa kucingmu nggak bahagia? Dikutip laman I Heart Cats, berikut tanda-tandanya: 

1. Lebih Malas dari Biasanya

Pencinta kucing tahu bahwa hal ini sulit dibedakan, kapan saat kucingmu malas atau tengah bersemangat. Nah yang harus diketahui bahwa anak kucing cenderung tidur 12-16 jam dalam sehari. Jadi wajar karena kamu menilai bahwa kucingmu bermalas-malasan. 

Jadi, apapun jenis kucing yang dirawat dan terlihat nggak bahagia, apalagi saat bangun dari tidur dan hanya berbaring saja bukan aktif layaknya kucing yang penasaran. Ketidakbahagiaan itu kemungkinan terjadi karena si kucing merasa bosan. 

Nah yang harus ketahui bahwa kucing adalah hewan yang suka memanjat atau memainkan sesuatu. Oleh karena itu, agar kucingmu tetap terhibur, cobalah untuk mengajaknya bermain. 

2. Mengamuk

Ya, tanda yang paling utama adalah kucing enggan disentuh. Biasanya ketika akan disentuh, dia akan mengeluarkan suara seperti mendesis atau bahkan mengayunkan tangannya ke arahmu sebagai tanda penolakan. 

Jika hal ini terjadi dengan intensitas yang sering, coba cek ke dokter hewan. Bisa jadi agresi yang terjadi pada kucing karena dia mengalami penyakit gigi, osteoartritis, atau ada gangguan pada sistem saraf pusat. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Berhenti Merawat Diri

Vest West Animal Hospitals menjelaskan bahwa kucing menghabiskan 30 persen waktunya untuk perawatan. Ya, kucing sering membersihkan diri dengan menjilati tubuhnya. Namun jika aktivitas ini sudah jarang terjadi, berarti ada yang membuatnya nggak nyaman dan bikin nggak happy. 

Coba cek, hal apa yang membuat kucingmu nggak bahagia, apakah karena stres, cemas, atau ada masalah iritasi kulit.

4. Lihat Gestur Tubuh

Bahasa tubuh memang memberi tahu kita banyak hal tentang perasaan kucing. Itu normal. Kucing akan mengamuk saat marah atau berguling dan mendengkur saat bahagia. Tapi itu hanyalah reaksi sesaat.

Alih-alih memberitahumu secara lisan, dia menggunakan tubuhnya untuk berbicara. Perhatikan bahasa tubuhnya untuk mencari petunjuk. Bulu berdiri, telinga ke arah belakang, atau ekor yang terus-menerus bergerak maju mundur hanyalah beberapa cara kucing mengomunikasikan perasaannya yang nggak nyaman. Namun pastikan perilaku ini adalah reaksi atau tindakan konstan dan bukan tindakan sesaat. 

5. Cek dari Suara

Kucing cenderung dramatis dan mengeong panjang yang menandakan ketidaksenangan mereka. Terkadang suara mengeong yang panjang bukan berarti dia lapar. Coba cek jika sudah diberikan makananan namun si kucing enggan memakannya, bisa jadi kucingmu hanya butuh perhatian dan membuatnya merasa nggak bahagia karena kurang waktu bermain bersamamu. 

Nah ngomong-ngomong tentang makanan, sudahkah kamu memberikan asupan yang tepat? Untuk kucing dewasa, coba berikan Muezza. Ini merupakan brand makanan kucing yang terserifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand.

 

 

Muezza mengandung protein tinggi, karbohidrat kompleks, taurin, dan ekstrak Yucca Schidigera yang dibutuhkan kucinguntuk menjaga kesehatannya. 

Menariknya, selain halal, kandungan ekstrak Yucca Schidigera dalam Muezza aampuh mengurangi bau dan membantu kotoran kucing terbentuk menjadi gumpalan, sehingga kesehatan kucing lebih terjamin. 

Nah ada empat pilihan varian rasa Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Dari empat varian itu, kamu bisa memilih rasa yang paling disukai oleh si kucing kesayangan. Jangan ditunda, tentukan pilihan variannya sekarang karena Muezza lagi ada promo bundling yang dijamin bikin hemat kantong. 

Ada beberapa pilihan bundling hemat. Mulai dari beli dua, tiga, atau empat sekaligus biar lebih hemat. Kamu juga bisa bebas pilih varian lho! Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia. 

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.