Sukses

12 Cara Memilih Durian yang Bagus dan Manis, Perhatikan Duri dan Batangnya

Liputan6.com, Jakarta Berbagai macam cara memilih durian yang bagus perlu dilakukan agar tidak tertipu dan merugi saat membeli. Tampilan buah durian yang cantik memang terlihat lebih segar dan menarik, tetapi belum tentu rasanya manis dan dagingnya tebal.

King of Fruit ini disebut sebagai salah satu buah yang sangat populer di Asia Tenggara. Memiliki ciri khas aroma kuat karena mengandung 44 senyawa aromatik aktif. Memperhatikan aromanya juga termasuk salah satu cara memilih durian yang bagus dan patut dicoba.

Selain berdasarkan tampilan dan aroma, cara memilih durian yang bagus bisa dengan memperhatikan duri, tangkai, kulit tangkai, getah, goncangan, sampai suaranya. Perhatikan betul dan jangan salah membeli, ya!

Berikut Liputan6.com ulas cara memilih durian yang bagus dari berbagai sumber, Jumat (22/1/2021).

2 dari 7 halaman

Perhatikan Warna dan Bentuknya

Cara memilih durian yang bagus tidak selalu berdasarkan warna. Warna yang cantik tidak menentukan kematangan dan rasa lezat dari durian, jadi hati-hati!

Warna durian ada yang hijau, kuning, dan coklat. Kulit yang berwarna hijau belum tentu tidak matang, karena bisa jadi itu memang warna khas dari jenis durian tersebut.

Cara memilih durian yang bagus adalah dengan memilih yang berbentuk bulat. Umumnya, durian yang berbentuk bulat memiliki daging berwarna kuning dan lebih matang dibandingkan yang berbentuk lonjong.

Biasanya durian dengan bentuk lonjong memiliki daging lebih sedikit. Mulai sekarang jangan terkecoh dengan bentuk lonjong yang cantik dan menarik, pilih yang bulat.

3 dari 7 halaman

Perhatikan Duri dan Batangnya

Duri dari kulit durian memang terkesan seperti pajangan atau hiasan saja. Cara memilih durian yang bagus bisa dilihat dari bentuk duri dari kulit yang dimiliki oleh durian.

Buah durian dengan bentuk duri pendek dan jarang, dipercaya lebih manis dibandingkan duri panjang dan berdempet atau terlalu banyak. Duri tersebut bisa menjadi tanda jumlah daging buah yang sedikit.

Seperti duri pada kulit durian yang seolah tidak ada fungsinya, cara memilih durian yang bagus bisa dari tangkainya. Tangkai durian menentukan tebal dan tipisnya daging buah.

Tangkai kecil dan panjang menujukkan bahwa daging buahnya tipis dan sedikit. Sementara tangkai tebal dan pendek menunjukkan durian tersebut memiliki daging yang tebal dan banyak.

Pada dasarnya, tangkai buah durian memiliki fungsi menyalurkan karbohidrat ke batang pohon. Bila tangkai besar dan pendek, tandanya asupan karbohidrat dalam daging buah sangat banyak.

Cara memilih durian yang bagus perlu diperhatikan pada bagian tangkai atas durian. Jika tangkai tidak bergetak atau sudah kering, maka durian sudah lama diambil dari pohon. Pilih tangkai bergetah sebagai tanda durian masih baru diambil dari pohon.

4 dari 7 halaman

Perhatikan Aroma dan Suaranya

Ciri khas buah durian adalah memiliki aroma menyengat yang bagi sebagian orang sedap dan sebagian lagi mengganggu. Cara memilih durian yang bagus sangat bisa mengandalkan aroma durian, loh.

Aroma buah durian yang harum menandakan ada daging yang kuning dan manis. Cukup angkat durian, lalu dekatkan ke hidung, maka aroma harum bisa tercium tanpa harus menyayatnya.

Selain mencium aromanya, cara memilih durian yang bagus bisa dengan mengetuknya. Jika takut dengan durinya, bisa minta penjual untuk mengetuknya, lalu cermati bunyi yang timbul.

Jika durian sudah matang, maka bunyinya akan terdengar sedikit berat dan terendam seperti "bluk-bluk". Jika suaranya terdengar seperti rongga, tandanya buah durian sudah tidak lagi segar.

5 dari 7 halaman

Perhatikan Berat dan Kerapatannya

Kali ini cara memilih durian yang bagus adalah dengan menimbang beratnya. Bagian buah durian selain kulit dan daging adalah biji. Saat memilih buah durian, coba angkat satu persatu dan bandingkan beratnya.

Dari sekian banyak buah durian yang sudah diperkirakan beratnya, pilihlah buah durian yang beratnya paling ringan. Durian dengan berat lebih ringan, justru memiliki lebih banyak daging buah.

Perhatikan juga bagian tampilan durian dari kerapatannya. Cara memilih durian yang bagus satu ini bisa digunakan untuk menentukan rasanya. Jangan memilih yang sudah terbuka kulitnya.

Buah durian yang sudah terbuka kulitnya menandakan bahwa buah tersebut sudah kemasukkan angin. Perlu diketahui, kulit yang sudah sedikit terbuka menandakan rasa daging buah yang sudah hambar.

6 dari 7 halaman

Perhatikan Kulit Tangkai dan Musim

Membeli buah durian sudah pasti tidak boleh asal-asalan jika tidak mau merugi. Cara memilih durian yang bagus dan tebal perlu mencermati kulit tangkainya. Tangkai tebal menandakan daging buah yang tebal.

Jika diamati lebih teliti, buah durian memiliki juring atau kamar yang terisi dengan biji dan daging buah. Untuk melihat jumlah juring dari durian, lihatlah dari permukaan kulit yang seolah membentuk garis dari atas sampai bagian bawah buah.

Buah durian yang baik, idealnya memiliki jumlah juring sebanyak lima. Durian dengan jumlah juring lima kebanyakan berbuah manis dan berdaging tebal. Pastikan benar, minta bantuan kepada pedagang jika perlu.

Memperhatikan musim termasuk salah satu cara memilih durian yang bagus. Saat musim hujan, biasanya daging buah durian memiliki rasa tidak terlalu manis. Lebih direkomendasikan untuk menikmati buah durian di musim panas atau kemarau, karena terasa lebih manis.

7 dari 7 halaman

Perhatikan Goncangan dan Kulitnya

Cara memilih durian yang bagus bisa dengan mengamati goncangannya. Gunakan tenaga pada lengan untuk mengangkatnya. Coba goncangkan dengan perlahan-lahan. Lakukan lagi dengan sedikit lebih keras.

Jika sudah merasakan getaran kecil, itu artinya isi buah sudah kering dan matang. Isi yang kering akan terpisah dari dinding kulit dalam. Untuk isi yang lembap atau terlalu lunak akan melekat.

Selain menggoncang, cara memilih durian yang bagus bisa dengan memperhatikan tampilan kulitnya. Pastikan kulit luar buah durian tidak cacat.

Jika ada cacat pada kulitnya seperti busuk atau lubang ulat, hindari. Kondisi kulit buah yang demikian memiliki kemungkinan isi di dalamnya sudah busuk dan tidak dapat dinikmati.