Sukses

Buktikan Kuliah Tak Menghambat Bisnis, Kisah Perjuangan Wanita Ini Bikin Salut

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang mempunyai kisah perjuangannya masing-masing. Tak jarang saat masih duduk di bangku sekolah, banyak orang yang sudah bisa membagi waktu antara sekolah dan membuka usaha. Walaupun hanya bisnia kecil-kecilan, namun jika ditekuni tentunya akan menjadi suatu usaha yang besar.

Memiliki passion di bidang bisnis tak sedikit orang yang mencoba mengepakkan sayapnya di bidang tersebut walaupun tengah menjalankan studinya. Selain itu, banyak orang yang sudah membuktikan bahwa menjalani usaha dan studi dalam waktu yang bersamaan tidak membuat salah satu terbengkalai, melainkan berhasil mencapai titik kesuksesan.

Belum lama ini viral di TikTok seorang wanita yang membagikan cerita perjuangannya yang sudah membuka usaha kecil-kecilan sejak ia duduk di bangku Sekolah Dasar. Mulai mencoba mengepakkan sayap di bidang bisnis sejak duduk di bangku SD membuat wanita ini kini bisa meraih kesuksesan di bidang bisnis dan studinya.

Video yang diunggahnya menuai pujian dari warganet, bahkan tak sedikit warganet yang salut dengan perjuangannya yang sejak duduk di bangku SD sudah bisa menghasilkan uang sendiri. Video yang diunggahnya pada 9 Januari 2021 ini sudah ditonton lebih dari 400 ribu kali.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang kisah perjuangan wanita yang buktikan jika kuliah tak menghambat usaha dari laman TikTok @zoe_vana, Jumat (22/1/2021).

 

2 dari 4 halaman

Studi dan Usaha

Saat duduk di bangku sekolah ataupun kuliah, banyak orang yang mulai membagi fokus antara studi dan bisnis. Setiap orang tentunya memiliki alasan tersendiri kenapa pada akhirnya memilih untuk menjalankan usaha dan kuliah dalam waktu yang bersamaan. Walaupun terbilang sulit untuk mengatur waktu antara studi dan bisnis, namun tak sedikit yang berhasil mencapai titik kesuksesan.

Setiap orang tentunya berbeda, tak sedikit juga orang yang sulit mengatur wakttu antara bisnis dan kuliah sehingga fokus untuk menyelesaikan satu mimpi terlebih dahulu. Orang yang sudah sukses di bidang bisnis, kerap kali mengadakan sebuah seminar untuk mengajak para anak muda mulai bergerak untuk berbisnis walaupun hanya bisnis kecil.

Banyak orang yang sudah membuktikan bisa sukses di usia muda dengan perjuangan yang sudah ia lalui sebelumnya. Tekun dan gigih tentunya adalah kunci untuk mencapai sebuah kesuksesan yang diimpikan. Seperti yang belum lama ini viral di TikTok seorang wanita yang membuktikan bisa sukses di usia muda dengan menjalani bisnis dan studi di waktu yang bersamaan.

@zoe_vana

kuliahmu, sekolahmu, tidak mengalangi kesuksesan usahamu. #inspiration #pengusaha #sukses

♬ original sound - Clint

Dalam video tersebut sang pemilik akun yang bernama Zoevana Anandra ini membuktikan tentang kisah perjuangannya yang sudah mulai berbisnis sejak duduk di bangku SD. Dalam video tersebut ia menuliskan bahwa saat duduk di bangku SD ia sudah menjalani usaha membuat kue sendiri sampai dijajakan ke toko kelontong.

Tak hanya saat duduk di bangku Sekolah Dasar, saat duduk di bangku SMP ia juga mencoba untuk kembali menjalani usaha kecil-kecilan yakni membuka usaha ngeprint untuk teman-teman. Mengambil celah untuk membuka usaha saat duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama adalah suatu hal yang luar biasa.

Dalam video yang diunggahnya tersebut, sang pemilik akun menuliskan bahwa saat duduk di bangku SMA ia fokus untuk belajar agar bisa mencapai mimpi kuliah di jurusa Kedokteran Gigi. Ia pun membuktikan hal tersebut, dengan fokus kuliah di bangku SMA ia bisa buktikan berhasil masuk Fakultas Kedokteran Gigi.

Tak sampai disitu, pada unggahannya ini ia menambahkan bahwa saat kuliah ia kembali membuka usaha online shop dan selalu banyak yang memesan. Dalam video tersebut ia menambahkan bahwa ia sudah mempunyai 2 mobil dan rumah impian di usia 25 tahun.

3 dari 4 halaman

Rumah Impian

Tak hanya satu video, wanita ini membagikan tentang cerita suksesnya pada video lainnya. Ia membuktikan bahwa tak mengapa mimpi setimggi-tingginya namun harus selalu doa dan usaha. Sang pemilik akun bernama Zoevana ini memperlihatkan tentang rumah impian yang saat bisa dicapai dengan usaha dan kerja kerasnya. Video tersebut bahkan sudah ditonton lebih dari 500 ribu kali, tak heran jika video tersebut dilihat sampai 500 ribu kali pasalnya video tersebut sukses memberi inspirasi dan semangat untuk orang lain meraih mimpinya.

 

@zoe_vana

my dream comes true #dreamer #motivation #kisahsukses #fyp #foryou

♬ Celebrate the Good Times - Mason
4 dari 4 halaman

Komentar Warganet

Video yang diunggah pada 9 Januari 2021 ini menuai ragam komentar dari warganet. 2000 komentar dibubuhkan warganet bahkan video tersebut sudah dibagikan lebih dari 900 kali. Video tentang cerita perjuangan yang bikin salut ini mendapatkan 113 ribu likes dari para pengguna TikTok. Bahkan sang pemilik akun berharap video yang diunggahnya bisa menjadi inspirasi untuk banyak orang.

“Semoga yang menonton ini bisa termotivasi, bisa sukses pendidikan maupun segala usaha. Mempunyai kehidupan bahagia di masa depannya. Aamiin.” tulis sang pemilik akun.

Ragam komentar warganet pun dibubuhkan warganet. Banyak yang berharap jika kesuksesan yang dicapai oleh Zoevana Anandra ini juga bisa dicapai oleh siapapun yang melihat video tersebut.

“Mulus banget ya hidupnya semoga Allah selalu melimpahkan rezeki serta kedamaian kepadamu mbak.” tulis koleas.

“Dari SD udah mulai jualan? Wih hebat.” komentar 15 February Ayura Ultah disertai emot sedih.

“Keren! Semoga menular ya suksesnya.” timpal Rani Gray.

“Bener2 motivasi bangetttt! Ini cita2 gue kalo udah kerja pengen nabung buat bikin usaha butik/make up. Doain gue.” imbuh ANI DEWI disertai emot nangis.

“Orangtuanya pasti seneng banget.” tambah kakegurui mash00.