Sukses

Pengertian Pemanasan Global dalam Perubahan Iklim, Penyebab, dan Cara Mencegahnya

Liputan6.com, Jakarta Pengertian pemanasan global sangat berkaitan dengan perubahan iklim. Pemanasan global saat ini menjadi masalah yang dihadapi bumi. Pemanasan global atau juga dikenal dengan global warming menyebabkan serangkaian perubahan bagi lingkungan.

Pengertian pemanasan global penting untuk memerangi masalah ini. Pemanasan global akan memengaruhi dunia dalam beberapa cara besar. Pengertian pemanasan global sudah semestinya dipahami dengan baik.

Mengetahui pengertian pemanasan global juga bisa membuatmu membuka mata tentang kondisi perubahan iklim di bumi. Dengan lebih memahami pengertian pemanasan global, kesadaran akan perubahan iklim akan meningkat. Pengertian pemanasan global bisa membuat masyarakat tergerak untuk menyelamatkan bumi.

Berikut pengertian pemanasan global dan cara mencegahnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(22/1/2021).

2 dari 8 halaman

Pengertian pemanasan global

Pengertian pemanasan global secara umum adalah kondisi di mana bumi mengalami kenaikan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan. Pemanasan global mulai meningkat pada pertengahan abad ke-20 karena meningkatnya produksi gas rumah kaca.

Menurut NASA, pengertian pemanasan global adalah pemanasan jangka panjang sistem iklim Bumi yang diamati sejak periode pra-industri (antara 1850 dan 1900). Ini terjadi akibat aktivitas manusia, terutama pembakaran bahan bakar fosil yang meningkatkan tingkat gas rumah kaca yang memerangkap panas di atmosfer bumi.

Menurut LAPAN, pemanasan global adalah akibat dari meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca. Semakin banyak gas rumah kaca, maka semakin banyak konsentrasi ozon atau O3 yang bereaksi dengan gas rumah kaca tersebut. Akibatnya adalah suhu bumi menjadi naik.

Menurut National Geographic, pengertian pemanasan global adalah adalah pemanasan jangka panjang dari suhu planet secara keseluruhan. Meskipun tren pemanasan ini telah berlangsung lama, kecepatannya telah meningkat secara signifikan dalam seratus tahun terakhir karena pembakaran bahan bakar fosil.

3 dari 8 halaman

Pemanasan global dan perubahan iklim

Pemanasan global kerap dikaitkan dengan perubahan iklim. Keduanya memang saling terkait karena pemanasan global merupakan salah satu penyebab perubahan iklim.

Pemanasan global mengacu pada pemanasan jangka panjang di bumi. Sementara perubahan iklim mengacu pada perubahan yang lebih luas yang terjadi di bumi. Perubahan iklim bisa mencakup proses alami seperti letusan gunung berapi atau perubahan sirkulasi laut dan efek yang disebabkan oleh manusia seperti pembakaran bahan bakar fosil yang disebut dengan pemanasan global.

 

4 dari 8 halaman

Penyebab pemanasan global

Penyebab pemanasan global secara umum adalah meningkatnya produksi gas rumah kaca. Semakin banyak gas rumah kaca, maka semakin banyak konsentrasi ozon (O3) yang bereaksi dengan gas rumah kaca tersebut. Akibatnya konsentrasi O3 di stratosfer berkurang. Lubang ozon sebenarnya adalah istilah untuk menyatakan penurunan konsentrasi O3 di stratosfer. Adanya lubang O3 mengakibatkan radiasi ultraviolet dari matahari semakin besar intensitasnya memasuki bumi. Akibatnya adalah suhu bumi menjadi naik.

Penggunaan bahan bakar fosil menjadi penyebab utama pemanasan global. Produksi nilon dan asam nitrat, penggunaan pupuk di bidang pertanian, dan pembakaran bahan organik juga melepaskan gas rumah kaca Nitrous Oxide. Ini adalah proses yang telah berkembang sejak pertengahan abad ke-20.

5 dari 8 halaman

Cara mencegah pemanasan global

Menerapkan Reduce, Reuse, Recycle

Reduce, reuse, recycle adalah langkah sederhana mengurangi pemanasan global. Reduce adalah kegiatan menggunakan produk kemasan, terutama plastik seminimal mungkin. Reuse adalah langkah menggunakan kembali benda-benda bekas seperti kantong plastik atau botol plastik. Sementara recycle adalah kegiatan mendaur ulang barang yang sudah tidak terpakai menjadi berguna lagi.

Kurangi penggunaan AC

Senyawa organik Hydrofluorocarbon (HFC) adalah pendingin utama yang digunakan dalam unit pendingin udara. HFC adalah gas rumah kaca yang jauh lebih kuat daripada karbon dioksida. Selain itu, unit pendingin udara menggunakan listrik yang bergantung terutama pada bahan bakar fosil untuk menghasilkan tenaga.

6 dari 8 halaman

Cara mencegah pemanasan global

Mengganti bola lampu

Ganti bola lampu biasa dengan lampu LED. Lampu jenis LED bahkan lebih baik daripada lampu fluorescent kompak (CFL). Mengganti hanya satu bola lampu pijar 60 watt dengan LED yang digunakan 4 jam sehari dapat menghasilkan penghematan lebih besar per tahun. LED juga akan bertahan lebih lama dari lampu pijar.

Kurangi penggunaan kendaraan bermotor pribadi

Mengurangi berkendara dengan kendaraan pribadi berarti lebih sedikit emisi. Selain menghemat bensin, berjalan kaki dan bersepeda adalah bentuk olahraga yang menyehatkan.

Beli barang hemat energi

Peralatan rumah sekarang hadir dalam berbagai model hemat energi. Sebut saja lampu LED yang dirancang untuk memberikan cahaya yang tampak lebih alami dengan menggunakan energi yang jauh lebih sedikit daripada bola lampu standar. Beberapa produk elektronik seperti AC, dan mesin cuci juga banyak tersedia dalam bentuk hemat energi.

7 dari 8 halaman

Cara mencegah pemanasan global

Jadi pembeli bijak

Berbelanja lebih cerdas dengan pembelian yang bijaksana untuk meminimalkan pemborosan. Gunakan produk-produk ramah lingkungan dari produsen yang juga mendukung keberlanjutan pelestarian lingkungan.

Kurangi penggunaan pemanas air

Cara mencegah pemanasan global yang paling sederhana adalah menghemat listrik. Atur pemanas air pada 120 derajat untuk menghemat energi. Beli pancuran rendah untuk menghemat air panas dan sekitar 350 pon karbon dioksida per tahun.

Matikan lampu saat tidak dibutuhkan

Mematikan lampu saat meninggalkan ruangan bisa menghemat listrik dan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Matikan juga barang elektronik lainnya seperti televisi, kipas, stereo, dan komputer saat kamu tidak menggunakannya.

8 dari 8 halaman

Cara mencegah pemanasan global

Menanam pohon

Tanamlah pohon sebisa mungkin. Kamu bisa menanam pohon di halaman rumah atau menaruk tanaman-tanaman kecil di teras. Selama fotosintesis, pohon dan tanaman lain menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen.

Ajak orang lain untuk melakukan pelestarian lingkungan

Bagikan informasi tentang daur ulang dan konservasi energi dengan teman, tetangga, dan rekan kerja. Beri contoh yang baik untuk pelestarian lingkungan dengan kebiasaan-kebiasaan yang kamu lakukan. Kamu juga bisa turut serta dalam komunitas pecinta lingkungan.