Sukses

6 Cara Membuat Artikel yang Baik dan Benar, Pahami Tekniknya

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat artikel yang baik dan benar harus sistematis serta sesuai fungsinya. Artikel adalah karya tulis yang fungsinya untuk menyampaikan opini, fakta, berita, dan informasi tertentu.

Tujuan pembuatan artikel adalah mendidik, memengaruhi, menginformasikan, meyakinkan, sampai mengibur pembacanya. Setelah mengetahui fungsi dan tujuannya, cara membuat artikel bisa langsung disesuaikan dengan pemilihan topik yang menarik minat. 

Semua orang bisa membuat artikel, tetapi tidak semua bisa mempraktikkan cara membuat artikel ada teknik yang benar. Mulai dari menentukan tema, ide, judul, mengumpulkan informasi, menulis, perbaikan, sampai publikasi.

Menulis artikel dengan teknik yang benar, akan membuat hasil tulisan lebih menarik dan berkualitas. Berikut Liputan6.com ulas cara membuat artikel dari berbagai sumber, Jumat (22/1/2021).

2 dari 7 halaman

Menentukan Tema

Cara membuat artikel harus dimulai dengan menentukan tema. Pastikan sudah menentukan tema yang sesuai keinginan. Selain itu, usahakan untuk mencari tema yang mudah dipahami oleh kalangan masyarakat luas.

Agar mudah menentukan tema, lakukan observasi atau penelitian terlebih dahulu. Hal ini menjadi salah satu cara efektif supaya artikel yang ingin ditulis memiliki dasar atau landasan kuat, sekaligus dapat menarik minat banyak orang.

Memilih tema sesuai keinginan akan memudahkan cara membuat artikel. Terutama bagi pemula yang jarang membuat artikel dan jarang menulis. Tema yang diinginkan akan menjadikan penulis lebih bersemangat menggali ide lebih menarik.

Perlu diketahui juga bahwa tema yang sudah dikuasai, membuat penulis lebih percaya diri menuliskannya kembali. Entah itu tema yang berdasar secara literatur atau berdasar pada hasil observasi lapangan.

Namun untuk bisa mengembangkan kemampuan menulis artikel, pilihlah tema yang belum pernah diketahui sebelumnya atau tidak disuka. Lakukan pemilihan dengan maksud membuat kemampuan menulis lebih berkembang.

3 dari 7 halaman

Menentukan Angle

Setelah menemukan tema dan mencetuskan ide, cara membuat artikel selanjutnya menentukan angel. Pilihlah satu aspek dari ide yang paling menarik dan paling penting untuk dibahas. Angle adalah membidik suatu persoalan hanya dari satu sudut pandang.

Memilih angel adalah kunci cara membuat artikel yang memudahkan penentuan judul. Buat judul sesuai dengan topik yang diinginkan. Meski judul bisa dibuat di akhir penulisan, sebenarnya pembuatan judul di awal dapat mengarahkan penulis untuk tidak melenceng dari artikelnya.

Syarat angle harus jelas, jernih, dan tajam. Rumus yang bisa digunakan angle adalah unsur 5W (What, When, Who, Where, Why) + 1H (How).

Jika perlu, pahami juga kompleksitas persoalan, dan menguraikannya secara sistematis supaya bisa merumuskan angle dengan tepat. Hal ini mungkin membutuhkan data yang kuat dan lengkap.

4 dari 7 halaman

Mengumpulkan Bahan

Cara membuat artikel selanjutnya mengumpulkan bahan yang dibutuhkan. Penulis biasa menggunakan tiga hal untuk mengumpulkan bahan, yakni riset, observasi, dan wawancara. Bisa memilih salah satu dan memadukan ketiganya.

Apabila bahan sudah dirasa cukup dan matang, cara membuat artikel bisa dilanjutkan dengan menyusun kerangka tulisan. Langkah ini perlu dilakukan agar tulisan bisa tersusun secara sistematis. Kerangka tulisan dibuat sebagai perencanaan garis besar dan poin penting yang ingin diinformasikan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat kerangka tulisan ialah analisis masalah, teori, dan hasil penelitian. Selain itu, untuk menempatkan isi dari artikel tersebut ke dalam beberapa sub judul.

Menggunakan teknik sub judul akan memudahkan penulis menjabarkan suatu informasi ketika mempraktikkan cara membuat artikel. Begitu juga memudahkan pembaca untuk memahami informasi yang disampaikan dan hendak dimengerti.

5 dari 7 halaman

Perhatikan Isi

Saat pembuatan kerangka tulisan sudah diselesaikan, cara membuat artikel selanjutnya fokus pada isi. Usahakan untuk menulis isi secara sistematis. Semakin sistematis tulisan yang dibuat, maka artikel tersebut akan menarik dan mudah dipahami oleh pembaca. Hindari penggunaan kata yang bersifat ambigu atau susah dimengerti oleh pembaca umum.

Ketika menulis bagian isi, lengkapi dengan analisis masalah, teori, fakta, dan hasil penelitian yang telah dilakukan. Artikel ilmiah bersifat objektif dan harus didasari dengan pemikiran ilmiah pula. Maka dari itu penulis harus menuliskannya secara logis dan empiris.

6 dari 7 halaman

Menulis

Cara membuat artikel yang terakhir adalah mulailah menulis. Mulai buat saat semua bahan sudah terkumpul, berdasarkan ide, dan angle yang tajam.

Tuliskan dengan bantuan kerangka yang telah dibuat agar tulisan tidak berantakan. Perhatikan betul bagian isinya agar mudah dimengerti oleh pembaca dan tidak melelahkan saat dikerjakan.

Kupas dengan pernyataan yang dapat menguatkan penemuan serta sampaikan dengan bahasa yang lugas dan mudah dimengerti. Hemat kata seefektif mungkin agar pembaca tidak pusing saat membacanya.

7 dari 7 halaman

Perbaikan

Apabila sudah selesai menulis, jangan langsung dipublikasikan. , Cara membuat artikel setelah menulis adalah editing. Tujuannya untuk memperkuat isi artikel dengan gaya bahasa tertentu, namun artikel tetap menarik.

Syarat editing adalah sebuah artikel harus memenuhi persyaratan media, artikel enak dibaca, dan serasa perlu dibaca. Setelah itu, cek aspek kebahasaannya dan kesalahan penulisan (typo).

Salah satu aspek terpenting dalam membuat artikel ialah menutup artikel dengan paragraf yang kuat dan meyakinkan. Misalnya bisa menuliskan rangkuman singkat dari keseluruhan isi artikel tersebut serta meminta saran kepada pembaca jika menemukan kekurangan pada artikel ilmiah.