Sukses

7 Cara Mengatasi Trauma Masa Lalu, dari Terapi hingga Meditasi

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi trauma psikologis mungkin perlu dikenali setiap orang. Setiap orang tentunya pernah mengalami kejadian pahit yang menyebabkan trauma dalam hidup. Pengalaman tersebut ada yang dapat membaik dengan sendirinya, ada pula yang menetap hingga waktu lama.

Jika dibiarkan, trauma dapat mengganggu kehidupan. Apalagi jika pengalaman buruk yang kamu alami berdampak pada trauma psikis berkepanjangan (post-traumatic stress disorder atau PTSD). Kondisi ini tentunya harus segera ditangani. 

Penanganan trauma psikologis pada seseorang tergantung pada seberapa berat trauma yang dialaminya. Bangkit dari pengalaman buruk atau trauma yang pernah dilami tentunya tak mudah dan membutuhkan proses. Berbagai cara harus kamu coba untuk menanganinya.

Cara mengatasi trauma bisa dilakukan dengan memperhatikan kondisi internal dan eksternal seseorang. Kamu perlu berusaha untuk mengatasinya dengan kekuatan diri sendiri dan bantuan dari lingkungan atau orang lain. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/1/2021) tentang cara mengatasi trauma.

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Trauma

Terapi dengan Psikolog atau Psikiater

Cara mengatasi trauma tentunya bisa berbeda-beda tergantung pada seberapa berat pengalaman yang dilewati. Cara mengatasi trauma yang paling ampuh dan paling dianjurkan tentunya adalah melakukan terapi dengan psikolog atau psikiater. Jika trauma sudah menjadi post-traumatic stress disorder, terapi utamanya adalah psikoterapi. Selain itu, ada kalanya pemberian obat dibutuhkan sebagai bagian dari terapi.

Peduli pada Diri Sendiri

Cara mengtasi trauma berikutnya adalah peduli pada diri sendiri. Lakukan perawatan diri, seperti melakukan hal-hal menyenangkan, memberikan waktu pada diri sendiri, dan melakukan berbagai hal yang menggembirakan. Dengarkan kebutuhan diri sendiri. Sibukkan diri, misalnya dengan menekuni hobi, menjadi relawan kegiatan sosial, atau bergabung dengan suatu komunitas.

Hampir semua orang pernah atau sedang mengalami masalah atau trauma, baik berat maupun ringan. Jika kamu kerap dihantui trauma, silakan coba cara mengatasi trauma dengan peduli pada diri sendiri.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Trauma

Cerita ke Orang TerdekatSelain itu, kamu juga bisa bercerita dengan orang terdekat yang kamu percaya sebagai cara mengatasi trauma. Cara ini dapat membuat kamu merasa lebih baik dan tidak merasa sendiri. Dukungan dari orang terdekat akan cukup berpengaruh dalam meringankan rasa takut dan beban yang kamu rasakan. Kelilingilah dirimu dengan orang-orang yang menenangkan.

MenulisMenuliskan cerita yang kamu alami dan rasakan juga dapat menjadi cara mengatasi trauma yang cukup efektif. Cara ini bisa dijadikan alternatif jika kamu masih sungkan menceritakannya kepada orang lain. Walaupun pada awalnya merasa tidak nyaman, lama-kelamaan kamu akan merasa lebih relaks dan tenang menyampaikan perasaanmu lewat tulisan.

Menulis tidak hanya dapat digunakan sebagai media bercerita saja, tetapi juga sebagai tempat untuk mengeksplorasi pikiran dan perasaan terdalam terkait hal-hal traumatis yang pernah kamu alami.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Trauma

Berusaha Menghadapi Rasa Takut

Takut dan cemas akibat peristiwa traumatis adalah wajar. Akan tetapi, terus-menerus takut dan kadarnya berlebihan akan menurunkan produktivitas. Secara bertahap, kuatkan diri dan jadilah berani dalam menghadapi ketakutan. Jangan biarkan masa lalu menghalangi kamu.

Kamu juga perlu bersabar, karena salah satu kunci untuk mengatasi trauma adalah sabar. Menghilangkan trauma itu butuh waktu yang cukup panjang dan keberanian yang kuat untuk menghadapinya.

Fokus pada Hal Penting

Cara mengatasi trauma psikologis selanjutnya, fokuslah pada apa yang benar-benar perlu dilakukan dalam keseharian, sehingga kamu dapat menghemat energi fisik dan emosional. Sebaiknya, berusaha fokus pada masa kini. Biarlah masa lalu menjadi masa lalu. Jangan sampai masa lalu terus mengendalikan kehidupan kamu.

Semakin kamu berusaha fokus pada apa yang dijalani sekarang, pikiran negatif akan semakin sulit mengontrol. Hal ini akan memberikan kebebasan pada pilihan yang kamu ambil di masa sekarang.

Relaksasi

Kamu juga bisa mencoba untuk bermeditasi dan melakukan peregangan sebagai cara mengatasi trauma. Pusatkan konsentrasi, pikiran, dan perasaan kepada hal-hal positif serta menumbuhkan semangat. Pikirkan peristiwa-peristiwa atau hal yang membuat bahagia.