Sukses

12 Cara Mengusir Tikus yang Aman dan Efektif, Gunakan Bahan Berikut

Liputan6.com, Jakarta Tikus dikenal sebagai hewan yang kotor dan jorok. Hewan pengerat ini gemar merusak, memakan, dan mengotori rumah. Bahkan pada beberapa kasus, tikus jadi penyebab utama rusaknya kabel, pakaian, dan benda-benda lain. Maka tidak heran jiak berbagai cara mengusir tikus dilakukan demi menghindari hadirnya hewan pengerat tersebut di dalam rumah.

Hadirnya tikus juga jadi pemicu penyakit berbahaya. Meski mengusir tikus bukan perkara mudah, bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Ada sejumlah cara mengusir tikus yang bisa dilakukan, seperti dengan racun tikus, lem tikus, bahkan menggunakan jasa pembasmi tikus.

Selain itu ada juga cara mengusir tikus di rumah yang bisa dilakukan dengan bantuan berbagai bahan yang mudah didapatkan. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, cara mengusir tikus yang bisa dicoba, Minggu (24/1/2021).

2 dari 7 halaman

Cara Mengusir Tikus

1. Bawang

Penggunaan bawang merupakan cara mengusir tikus yang efektif. Bau bawang tidak disukai tikus. Caranya mudah, cukup letakkan irisan bawang di tempat yang sering didatangi tikus, atau bisa juga di sarang tikus bersembunyi. Cara ini dijamin tikus ampuh mengusir tikus dari rumah.

 

2. Minyak peppermint

Menggunakan minyak peppermint bisa jadi salah satu cara mengusir tikus yang efektif. Tikus tidak tahan bau menyengat. Caranya cukup celupkan beberapa bola kapas dalam minyak peppermint dan tempatkan di daerah rawan tikus. Selain minyak ini, bisa juga juga menggunakan serai atau minyak jarak.

3 dari 7 halaman

Cara Mengusir Tikus

3. Kulit telur

Kemudian, menggunakan kulit telur juga ampuh mengusir tiks. Caranya dengan haluskan kulit telur hingga jadi bubuk. Lalu, tabur bubuk kulit telur di tempat yang sering dilewati tikus.

 

4. Kantung teh

Ternyata, cara mengusir tikus bisa juga dengan kantung teh. Caranya cukup letakkan beberapa bekas kantung teh di dekat sarang tikus atau area yang sering didatangi tikus.

4 dari 7 halaman

Cara Mengusir Tikus

5. Lada bubuk

Cara mengusir tikus dengan lada bubuk dikenal sangat efektif. Dengan menaruh lada bubuk di tempat persembunyian tikus atau di tempat yang sering didatangi, maka senyawa piperin pada lada yang dikenal sangat menyengat akan membuat tikus merasa terganggu hingga akhirnya pergi.

 

6. Kulit durian

Ternyata, kulit durian adalah bahan yang bisa mengusir tikus. Tidak hanya sebagai cara mengusir tikus, bahkan bisa untuk mengusir hewan pengerat lainnya. Caranya dengan menggunakan bagian kulitnya, dan letakkan di tempat-tempat yang sering didatangi oleh tikus. Selain terdapat duri tajam, aroma buah durian yang menyengat juga salah satu penyebab tikus pergi.

5 dari 7 halaman

Cara Mengusir Tikus

7. Daun sirsak

Daun sirsak merupakan salah satu cara mengusir tikus yang ampuh. Pasalnya, di dalam daun sirsak terdapat zat perangsang yang menghasilkan bau tak disukai tikus. Caranya hanya dengan potong kecil-kecil daun sirsak dan letkkan di area yang sering didatangi tikus.

 

8. Daun mint

Cara mengusir tikus yang mudah dan aman yaitu dengan menggunakan daun mint. Tikus tidak tahan dengan aroma mint yang menyengat, sehingga saat menciumnya tikus-tikus bisa mabuk dan terkulai lemas.

Cara mengusir tikus dengan mint, pertama-tama dengan menyiapkan seikat daun mint dan ambil sarinya saat dilarutkan dalam air. Jika sudah mulai larut, semprotkan cairan mint ke area yang sering terdapat tikus.

6 dari 7 halaman

Cara Mengusir Tikus

9. Larutan bubuk cabai, deterjen, dan air

Cara mengusir tikus selajutya dengan larutan bubuk atau jika tidak bisa dengan saus cabai. Kemudian larutkan dengan deterjen dan air. Tuang campuran tersebut ke botol semprotan. Kemudian semprotkan cairan tersebut saat tikus muncul. Cairan ini efektif sebagai cara mengusir tikus karena tikus bisa merasa panas hingaa akhirnya pergi.

 

10. Mengkudu

Buah mengkudu jadi salah satu cara mengusir tikus yang ampuh. Pertama-tama, hancurkan buah mengkudu dan larutkan pada air. Semprot larutan tersebut ke area yang sering dilalui tikus atau semprot pada lubang tikus. Cara mengusir tikus ini dijamin membuat mereka pergi dan tak kembali.

7 dari 7 halaman

Cara Mengusir Tikus

11. Baking soda

Baking soda juga salah satu cara mengusir tikus yang ampuh. Cara mengusir tikus dengan menggunakan baking soda pertama-tama dengan mencampur baking soda ke makanan yang kerap diincar tikus. Dengan konsumsi makanan yang diberi soda, bisa menyebabkan badan tikus menggembung dan mereka tidak bisa mengeluarkan gas yang dihasilkan soda. Untungnya, tikus tidak akan langsung mati di tempat, tapi mereka memilih lari ke ruang terbuka sebelum mati karena menahan gas yang dikandung.

 

12. Kamper

Lalu, cara mengusir tikus yang terakhir dengan bantuan kamper. Kamper juga efektif mencegah serangga masuk ke rumah serta mencegah sudut-sudut ruangan jadi lembap, di mana biasanya jadi lokasi favorit tikus. Cukup sebarkan kamper ke sudut-sudut ruang yang lembap dan biasa dilalui tikus. Maka, tikus akan pergi dengan sendirinya.