Sukses

9 Manfaat Sencha, Baik untuk Kesehatan Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Manfaat sencha yang merupakan salah satu jenis teh hijau ini ternyata sudah tidak asing lagi. Manfaat sencha salah satunya mampu memerangi berbagai masalah penyakit kronis, membantu proses penurunan berat badan, menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, serta meningkatkan kemampuan kognitif.

Sencha sendiri dikenal menjadi salah satu jenis teh hijau yang sangat populer di Jepang. Bahkan, hampir sekitar 80 persen produksi teh hijau di Jepang merupakan jenis teh sencha. Warna dari seduhan sencha cenderung kuning. Aroma teh ini juga ringan dan punya rasa yang pahit-manis. Jadi tidak heran apabila masyarakan Jepang sangat gemar mengonsumsi minuman ini.

Teh sencha merupakan teh hijau khas Jepang. Di mana melalui proses penyeduhan bersama seluruh bagian dari daun tanaman Camellia sinensis, sehingga dapat memberi manfaat kesehatan yang sangat baik, rasa yang lezat, serta mampu memberikan efek menenangkan.

Salah satu manfaat sencha, yaitu kandungan antioksidannya, juga sangat membantu menjaga kondisi tubuh. Selain itu, di dalamnya terdapat kandungan katekin, vitamin C, beta-karoten, asam folat, saponin, kalium, kalsium, dan fosfor. Selain itu, manfaat sencha juga berasal dari kandungan kafein di dalamnya yang cukup tinggi.

Membahas lebih jauh mengenai manfaat sencha, berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber apa saja manfaat sencha tersebut, Senin (25/1/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Sencha

1. Sebagai Antikanker

Manfaat sencha yang pertam yaitu mampu menjadi sumber antikanker. Antioksidan yang terkandung di dalam sencha akan membantu tubuh dalam melawan radikal bebas yang bisa menjadi salah satu penyebab stres oksidatif.

Lantas, apa bahaya dari stres oksidatif? Melansir Livestrong, menurut Grosche, stres oksidatif bisa membuat tubuh jadi lebih rentan terkena kanker. Dengan konsumsi sencha, maka akan memberi asupan polifenol yang akan mencegah kerusakan sel, bahkan bisa membantu tubuh untuk mencegah perkembangan sel kanker.

 

2. Jaga Kadar Kolesterol

Berdasar studi yang diterbitkan dalam Annals of Epidemiology mengklaim, jika konsumsi setidaknya 10 cangkir teh hijau berjenis sencha tiap hari, bisa membantu untuk turunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, namun sama sekali tidak memengaruhi kadar kolesterol baik. Dengan adanya manfaat sencha tersebut, dapat menjaga tubuh dari penumpukan kolesterol.

 

3. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Mafaat sencha selanjutnya, dapat membantu untuk menjaga kesehatan mulut serta gigi. Pasalnya, manfaat sencha berasal dari kandungan fluornya yang memang sangat berguna dalam mencegah gigi berlubang serta memperkuat gigi. Selain itu, manfaat sencha juga akan sangat baik dalam mencegah bau mulut karena mengandung zat antibakteri.

3 dari 4 halaman

Manfaat Sencha

4. Bantu Menurunkan Berat Badan

Ternyata, manfaat sencha berupa antioksidan, bisa memungkinkan tubuh agar membakar kalori dan pada akhirnya berdampak pada penurunan berat badan lebih cepat. Adanya kandungan kafein di dalam teh sencha juga bisa meningkatkan metabolisme serta membantu dalam membakar kalori berlebih.

 

5. Tingkatkan Energi

Adanya kandungan berbagai vitamin dan mineral yang ditemukan dalam teh sencha, tentunya serta kandungan antioksidan dan kandungan kafein, semakin membuat sencha menjadi sumber dari bertambahnya energi. Dengan bertambahnya energi, maka sangat baik dan akan berfungsi untuk menciptakan pikiran yang jernih, serta membantu meningkatkan fokus. Hal ini tentunya bisa menggantikan peran dari kopi.

 

6. Lindungi Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat sencha selanjutnya berasal dari kandungan vitamin C di dalamnya. Pasalnya, teh hijau sencha sangat kaya vitamin C. Dengan adanya kandungan vitamin C ini sangat ampuh dalam merangsang produksi sel darah putih yang bisa melawan infeksi. Selain itu, kandungan tersebut juga sangat ampuh dalam membantu kemampuan tubuh untuk sembuh lebih cepat serta akan membantu tubuh agar selalu terlindung dari risiko penyakit pilek dan flu.

4 dari 4 halaman

Manfaat Sencha

7. Merangsang Kemampuan Kognitif

Dengan adanya kandungan antioksidan yang dikandung oleh teh sencha, ternyata juga membantu untuk merangsang jalur saraf. Antioksidan tersebut dapat menjaga pikiran agar selalu tajam dan meningkatkan fokus yang biasanya rentan menurun karena adanya pengendapan plak. Manfaat sencha juga mampu melawan adanya perkembangan gangguan kognitif.

 

8. Sumber Detoks

Sencha memiliki warna hijau yang berasal dari Klorofil sehingga akan sangat bermanfaat sebagai detoks yang ampuh. Adanya klorofil dapat bekerja menghilangkan kandungan logam berat dalam tubuh.

Maka tidak heran, apabila makin banyak teh hijau yang dikonsumsi, maka makin kuat pula kondisi tubuh seseorang untuk melawan risiko berbagai serangan penyakit, terutama yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskular.

 

9. Alternatif Kopi

Manfaat secha berupa kandungn antioksidan, beta-karoten, kalsium, katekin, asam folat, fosfor, kalium, serta vitamin C tentu sangat menarik perhatian. Selain itu, dengan adanya kandungan kafein yang cukup besar di dalam sencha, juga menjadi alasan mengapa jenis teh ini cocok dijadikan alternatif pengganti kopi.

Pasalnya, tidak semua orang bisa konsumsi kopi. Padahal, di dalam kopi banyak kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh agar aktivitas sehari-hari dapat terjaga.