Sukses

40 Masakan Nusantara dari Seluruh Daerah yang Menggugah Selera

Masakan nusantara selalu menggugah selera dan membuat rindu.

Liputan6.com, Jakarta Masakan nusantara dikenal dengan cita rasa lezat dan menggugah selera. Hampir tiap daerah memiliki makanan khas masing-masing dengan cita rasa yang unik. Uniknya, tiap daerah bisa saja punya lebih dari satu masakan nusantara yang enak dan wajib Anda coba.

Maka tidak heran jika kuliner Indonesia terkenal hingga seluruh dunia. Ini tak lepas dari bumbu rempah-rempah yang digunakan dalam berbagai masakan nusantara tersebut. Bahkan, wisata kuliner menjadi agenda wajib ketika datang ke daerah-daerah tertentu.

Uniknya dari masakan nusantara yang ada, yaitu cita rasanya akan berbeda-beda. Ada daerah yang suka pedas, tapi ada yang tidak. Hal ini tidak lepas dari pengaruh budaya dan kehidupan sosial masyarakatnya secara turun temurun.

Supaya tidak penasaran, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, aneka masakan nusantara yang patut dicoba, Senin (25/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Masakan Nusantara Bagian Barat

1. Mi Aceh

Masakan nusantara khas Aceh ini punya tekstur yang tebal dan dicampur dengan irisan daging serta bumbu rempah yang kuat. Mie Aceh biasa disajikan dengan digoreng, direbus atau ditumis. Tentunya, bisa juga disajikan dengan tambahan seafood seperti kepiting, udang dan cumi.

2. Rendang

Masakan nusantara dari Sumatera Barat ini pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia. Makanan dari daging sapi yang dimasak menggunakan santan kelapa serta bumbu rempah selama berjam-jam ini memang begitu terkenal. Rasanya yang gurih dan juga nikmat, sukses membuat makanan khas daerah Sumatera Barat ini begitu disukai banyak orang.

3. Bika Ambon

Meski namanya Bika Ambon, tapi masakan nusantara ini bukan berasal dari Ambon. Kue ini berasal dari Sumatera Utara dan banyak dijual di Kota Medan sebagai oleh-oleh. Kue berwarna kuning ini punya tekstur yang lembut dan manis.

4. Gulai Belacan

Gulai Belacan adalah masakan nusantara dari Riau. Belacan sendiri adalah nama lain dari terasi yang begitu dikenal oleh orang Sumatera. Makanan khas Riau ini dibuat dari bahan dasar kuah yang dicampur terasi. Di dalamnya ada isian berupa daging, udang atau ikan.

5. Otak-otak

Masakan nusantara lain masih dari Kepulauan Riau yaitu otak-otak. Masakan ini terbuat dari bahan utama seafood dan merupakan makanan hasil laut yang diolah serta dibungkus dengan daun pisang.

6. Pendap

Pendap adalah masakan nusantara dari Bengkulu. Masakan ini berbahan dasar ikan yang dibumbui bumbu khusus.

7. Gulai Ikan Patin

Masakan nusantara dari Jambi ini punya keunikan dari cara memasaknya. Cara masaknya dicampur dengan daging buah durian yang sudah difermentasi atau dikenal dengan tempoyak. Tapi penggunaan tempoyak bisa diganti dengan santan.

8. Mi Bangka

Masakan nusantara dari daerah Bangka ini berbahan dasar mi. Dihidangkan dengan campuran kuah dari bumbu ikan, udang, atau cumi, lalu ditaburi dengan kecambah serta mentimun.

9. Seruit

Seruit adalah masakan nusantara yang berasal dari Lampung. Makanan ini terbuat dari ikan yang dibakar dan disajikan dengan sambal terasi atau tempoyak atau mangga. Jika sedang berkunjung ke Lampung, tak ada salahnya untuk mencicipi kuliner satu ini.

10. Pempek

Makanan khas Sumatera Selatan ini sudah dikenal dengan kelezatannya. Masakan nusantara ini dibuat dari olahan ikan yang dicampur dengan sagu. Dilengkapi kuah cuko atau cuka yang begitu menggoda selera membuat banyak orang menggemarinya.

3 dari 7 halaman

Masakan Nusantara Pulau Jawa dan Bali

11. Kerak Telor

Masakan nusantara ini sudah cukup terkenal, dan tentu sudah tak asing lagi. Kerak telor adalah salah satu makanan nusantara dari Jakarta yang selalu menggoda selera.

12. Sate Bandeng

Sate Bandeng adalah masakan nusantara dari Banten yang dibuat dari ikan bandeng. Uniknya dari sate bandeng ini yaitu tidak memiliki duri serta tekstur dagingnya empuk.

13. Serabi

Serabi adalah salah satu masakan nusantara dari Jawa Barat yang punya rasa manis. Dibuat dari tepung beras yang di panggang dan saat ini banyak dilengkapi aneka pilihan topping.

14. Gudeg

Masakan nusantara dari Jogja wajib dicicipi. Gudeg adalah sayur nangka muda yang dimasak dengan santan tapi melalui proses yang lama. Gudeg biasa disajikan dengan nasi panas, kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur dan serta sambal krecek.

15. Rujak Cingur

Masakan nusantara dari Jawa Timur, yaitu rujak cingur yang sangat terkenal. Rujak dibuat dari campuran cingur (mulut sapi), sayur dan buah-buahan yang disirami dengan bumbu petis.

16. Pecel Madiun

Masakan nusantara dari Jawa Timur ini dibuat dari berbagai macam sayuran yang direbus dan diberi bumbu sambal kacang. Jenis sayuran yang ada di dalamnya antara lain kacang panjang, tauge, mentimun, serta daun singkong. Juga tidak ketinggalan, salah satu pelengkap dalam masakan nusantara ini adalah peyek kacang.

17. Soto Lamongan

Masakan nusantara ini secara tampilan hampir sama dengan soto pada umumnya. Tapi, ada satu bahan yang sangat khas di soto ini, yaitu koya. Koya adalah jenis bubuk gurih yang dibuat dari bawang putih dan kerupuk udang.

18. Rawon

Rawon merupakan masakan nusantara dari Jawa Timur yang paling terkenal. Makanan ini identik dengan kuah hitamnya. Warna hitam pada rawon tersebut tidak lain berasal dari bumbu khas yaitu kluwek. Rasa rawon sangat ramah bagi Anda yang tidak suka pedas. Masakan ini semakin nikmat disantap dengan nasi putih, kerupuk, serta lauk pelengkap seperti telur asin.

19. Lontong Kupang

Kemudian, masakan dari Jawa Timur berikutnya adalah lontong kupang. Lontong Kupang mudah ditemukan di Surabaya, Pasuruan dan Sidoarjo. Makanan ini terbuat dari kupang putih, yang merupakan sejenis hewan laut seperti kerang. Kupang putih tersebut dimasak dengan berbagai bumbu-bumbu yang sangat menggugah selera.

20. Ayam Betutu

Ayam Betutu adalah masakan nusantara dari Bali. Betutu sendiri adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek utuh berisi bumbu, lalu dipanggang dengan api sekam.

4 dari 7 halaman

Masakan Nusantara Pulau Kalimantan

21. Kerupuk Basah

Masakan nusantara dari Kalimantan Barat satu ini terlihat seperti otak-otak atau pempek yang bisa dimakan langsung atau digoreng dengan cocolan saus kacang yang membuat penampilannya semakin lezat. Bentuknya lonjong seperti sosis, tapi lebih panjang dan lebih besar. Kerupuk basah dibuat dari tepung sagu dan olahan ikan. Ikan yang digunakan umumnya ikan belida yang jadi salah satu ikan khas dari Kalimantan Barat.

22. Soto Banjar

Soto Banjar adalah masakan nusantara dari daerah Kalimantan Selatan. Soto Banjar dibuat dari daging ayam yang dicampur dengan bumbu rempah-rempah, biasanya ditambah perkedel dan kentang rebus.

23. Nasi Itik Gambut

Masakan nusantara dari Banjarmasin ini adalah olahan nasi dan itik yang dimasak dengan berbagai bumbu khas. Cara pengolahannya membuat cita rasa pedas manis menyerap hingga ke dalam daging.

24. Juhu Singkah

Juhu Singkah adalah makanan khas masyarakat Dayak di Kalimantan Tengah. Makanan ini menggunakan bahan dasar umbut rotan yang dicampur dengan ikan betook.

25. Ayam Cincane

Di Kalimantan Timur terutama Samarinda, ada masakan yang khas, yaitu Ayam Cincane. Masakan nusantara ini berbahan dasar ayam yang diberi bumbu berwarna merah dan pastinya menggoda selera.

26. Kepiting Soka

Kepiting soka adalah makanan khas daerah Kalimantan Utara. Semua bagian kepiting ini bisa dimakan bahkan cangkangnya. Pasalnya, seluruh bagian tubuh kepiting soka ini sangat lunak.

27. Bingke

Bingke adalah makanan khas Kalimantan Barat yang terbuat dari telur dan tepung, serta bisa dengan mudah ditemui di Pontianak. Kue Bingke ini divariasikan dengan campuran lain seperti keju, coklat, atau durian.

5 dari 7 halaman

Masakan Nusantara Pulau Sulawesi

28. Lapa-lapa

Lapa-lapa adalah masakan nusantara dari daerah Sulawesi Tenggara. Cita rasanya gurih, dan sangat cocok disantap bersama ikan asin. 

29. Sup Ikan Jantung Pisang

Masakan nusantara ini dari Sulawesi Tengah. Masakan ini terbuat dari ikan yang dijadikan sup. Cita rasanya pedas dan segar. Maka jangan sampai terlewat saat mengunjungi daerah ini.

30. Sop Konro

Sop konro merupakan masakan nusantara dari daerah Sulawesi Selatan. Sup konro mirip sup iga sapi yang disajikan dengan kuah berwarna coklat.

31. Binte Biluhuta

Masakan ini khas dari daerah Gorontalo. Masakan ini dikenal dengan sebutan Milu Siram. Bahan utamanya dari jagung yang disiram dengan bumbu khas dan dicampur dengan udang, belimbing sayur dan juga topping pelengkap lainnya.

6 dari 7 halaman

Masakan Nusantara Indonesia Bagian Timur

32. Ayam Taliwang

Masakan nusantara dari daerah Nusa Tenggara Barat ini berbahan dasar daging ayam. Daging ayam akan dibakar dan diberi bumbu cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah serta garam. Kemudian, ayam akan diberi bumbu tambahan, dan menu tambahan seperti plecing kangkung.

33. Catemak Jagung

Di Nusa Tenggara Timur ada Catemak Jagung. Masakan nusantara ini berbahan dasar jagung, biasanya disajikan sebagai penutup makanan.

34. Gohu Ikan

Sedangkan di Maluku Utara, ada masakan nusantara yang khas yaitu Gohu Ikan. Masakan ini berbahan dasar ikan tuna mentah, yang dicampur dengan bumbu gohu.

35. Ikan Bakar Manokwari

Ikan bakar ini dari Papua Barat. Beda dengan ikan bakar pada umumnya, karena ikan bakar ini memiliki bumbu khusus yang memberikan sensasi rasa berbeda di lidah.

36. Kue Sagu

Kue sagu atau Bagea merupakan makanan khas dari Papua Tengah. Dibuat dari tepung sagu, dan memiliki tekstur cukup keras saat digigit. Tapi, jika sudah di dalam mulut kue ini akan melunak.

37. Papeda

Papeda merupakan salah satu masakan nusantara dari Papua yang dibuat dari sagu. Papeda harus dimasak selama beberapa menit hingga tekstur makanan berubah jadi bubur. Bubur putih dengan tekstur lengket seperti itu akan terasa hambar. Sebagai pelengkap, masakan nusantara ini diberi ikan kuah pedas dan sayur-sayuran.

7 dari 7 halaman

Masakan Nusantara Lainnya

38. Gado-gado

Masakan nusantara lainnya yaitu gado-gado. Masakan ini terdiri dari sayur-sayuran, seperti kacang panjang, bayam, jagung, toge, timun, tempe, kentang, serta telur, yang semuanya dicampur dalam satu piring dan kemudian diberi saus kacang.

39. Nasi Goreng

Nasi Goreng merupakan masakan nusantara yang sangat populer di Asia. Sesuai namanya, cara membuat nasi goreng dengan menggoreng nasi putih yang diberi bumbu tambahan, seperti kecap manis, garam, merica, saus tiram, serta akan diberi tambahan telur dadar.

40. Bakso

Masakan nusantara yang terakhir ini tentu tidak asing lagi. Hampir di semua pelosok daerah ada penjual bakso. Masakan nusantara dengan isi bola-bola daging ini tentu jadi makanan favorit masyarakat Indonesia, bahkan di seluruh dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini