Sukses

10 Manfaat Dark Chocolate, Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda sudah tidak asing dengan dark chocolate, atau yang dikenal dengan cokelat hitam. Salah satu jenis cokelat dengan rasa cenderung pahit ini ternyata sangat terkenal. Selain rasanya yang khas, ternyata ada beragam manfaat dark chocolate yang tersimpan, dan tentunya baik bagi tubuh.

Manfaat dark chocolate ini juga telah diakui oleh beberapa penelitian yang menyatakan bahwa manfaat dark chocolate baik untuk mencegah penyakit jantung serta orang yang sering mengalami cemas.

Bahkan, di dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Nestle Research Center di Lausanne, Switzerland yang dipublikasikan dalam Journal of Proteome Research menunjukkan, apabila konsumsi dark chocolate tiap hari selama dua minggu, sangat ampuh dalam menurunkan kadar hormon stres kortisol serta katekolamin pada mereka yang diketahui memiliki tingkat kecemasan tinggi.

Lantas apa yang membedakan dark chocolate dengan jenis cokelat lainnya? Di dalam dark chocolate kandungan kakao murni lebih banyak dan tidak dicampur dengan susu serta mengandung lebih sedikit gula. Maka tidak heran, apabila cita rasa dark chocolate jauh lebih kuat dan cenderung pahit dibanding cokelat biasa.

Manfat dark chocolate sendiri tidak lepas dari berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, seperti serat, karbohidrat, protein, kalisum, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium. Bahkan, di dalam dark chocolate juga terdapat theobromine, zinc, kafein, lemak, serta sejumlah vitamin. Tidak sampai situ saja, di dalam dark chocolate juga terdapat berbagai jenis antioksidan seperti polifenol, flavonoid, dan katekin dalam jumlah tinggi.

Dengan tingginya kandungan nutrisi di dalam dark chocolate, maka tidak heran jika manfaat dark chocolate sangat bisa dirasakan tubuh. Membahas lebih jauh mengenai manfaat dark chocolate, berikut ini Liputan6.com telah merangkumnya dari berbaga sumber, Senin (25/1/2021).

2 dari 6 halaman

Manfaat Dark Chocolate

1. Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian yang cukup banyak di Indonesia. Ada berbagai faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung, seperti riwayat tekanan darah tinggi serta kolesterol berlebih.

Manfaat dark chocolate mampu mencegah penyakit ini. Pasalnya, di dalam dark chocolate terdapat kandungan antioksidan dan kalium yang tinggi dan bermanfaat untuk bantu menjaga tekanan darah tetap normal.

Selain itu, adanya kandungan nutrisi serta antioksidan di dalam dark chocolate juga diketahui mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan akan mencegah terjadinya sumbatan pada pembuluh darah (aterosklerosis) di mana menjadi penyebab penyakit jantung juga stroke.

 

2. Turunkan Risiko Stroke

Manfaat dark chocolate lainnya juga yaitu mampu mengurangi risiko terkena stroke. Berdasar sebuah penelitian, orang yang rutin mengonsumsi dark chocolate tiap hari memiliki risiko terkena stroke lebih rendah jika dibanding orang yang jarang atau tidak pernah mengonsumsi dark chocolate sama sekali.

3 dari 6 halaman

Manfaat Dark Chocolate

3. Meningkatkan Kesehatan dan Fungsi Otak

Manfaat dark chocolate selanjutnya, yaitu mampu menjaga serta meningkatkan kesehatan dan fungsi otak. Manfaat dark chocolate ini didapat dari kandungan nutrisi serta antioksidan yang banyak terkandung di dalam dark chocolate.

Kedua senyawa tersebut memiliki peran besar dalam melancarkan aliran darah ke otak serta untuk memelihara fungsi otak. Dari beragam riset juga menunjukkan bahwa mengonsumsi dark chocolate secara rutin bisa bantu pertahankan fungsi kognitif serta daya ingat. Dampaknya, risiko terkena pikun atau demensia bisa semakin berkurang.

 

4. Turunkan Risiko Diabetes

Manfaat dark chocolate juga mampu menjaga gula darah tetap stabil. Manfaat dark chocolate tersebut sudah dibuktikan pada beberapa studi yang menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dan nutrisi pada dark chocolate mampu menjaga gula darah tetap stabil serta memperbaiki kinerja hormon insulin. Dampaknya, tentu sangat baik untuk mengontrol penyakit diabetes. Tapi pastikan jika dark chocolate yang dikonsumsi tidak mengandung gula.

4 dari 6 halaman

Manfaat Dark Chocolate

5. Redakan Stres

Stres bisa diakibatkan berbagai macam penyebab, mulai dari tekanan dalam pekerjaan, masalah keluarga, atau bisa karena hubungan dengan pasangan. Dalam kondisi tersebut, ada baiknya untuk mencoba menenangkan diri atau lakukan relaksasi sembari mengonsumsi dark chocolate.

Pasalnya, dalam sebuah penelitian sudah membuktikan jika mengonsumsi dark chocolate sangat ampuh dalam meredakan stes, bantu menenangkan rasa cemas, serta perbaiki mood. Bahkan, jika mengonsumsi dark chocolate secara rutin tiap hari selama 2 minggu, maka manfaat dark chocolate bisa mengurangi produksi hormon stres, dan stres bisa diatasi.

 

6. Mencegah Radikal Bebas

Dalam berbagai penelitian medis juga menyatakan bahwa tanaman kakao adalah tumbuhan yang banyak mengandung zat antioksidan. Antioksidan punya peran penting dalam melawan radikal bebas yang dipercaya bisa merusak sel-sel tubuh dan menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

5 dari 6 halaman

Manfaat Dark Chocolate

7. Pelihara Kesehatan Kulit

Adanya kandungan antioksidan flavonoid yang merupakan salah satu manfaat dark chocolate, dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan kulit keriput bahkan penuaan dini.

Dark chocolate juga punya kandungan berbagai nutrisi yang ikut berperan untuk memproduksi kolagen. Protein tersebut punya peran penting dalam menjaga kelenturan serta kelembapan kulit, dan akan membuat kulit jadi semakin indah.

 

8. Bersihkan dan Detoks Kulit

Dengan kandungan antioksidan di dalam dark chocolate, bisa bantu menutrisi dan bersihkan kulit. Untuk mendapat manfaat dark chocolate ini, yaitu dengan menjadikannya scrub alami. Perawatan dengan dark chocolate, bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit terlihat lebih bersih, cerah, serta glowing.

6 dari 6 halaman

Manfaat Dark Chocolate

9. Lembapkan Kulit

Manfaat dark chocolate yang berikutnya bisa melembapkan kulit. Ini karena dark chocolate mengandung asam laktat yang fungsinya pertahankan kelembapan kulit. Menggunakan dark chocolate sebagai bahan alami dalam perawatan kecantikan, bisa jadikan kulit lebih lembap.

 

10. Haluskan Kulit

Dengan kandungan antioksidan dan vitamin C yang terkandung dalam dark chocolate, bisa membuat kulit tetap halus. Maka dari itu, jika dirasa kulit kusam dan kering, maka coba untuk melakukan perawatan dengan dark chocolate agar semakin halus.

Itu tadi beragam manfaat dark chocolate yang baik bagi tubuh. Tapi perlu diingat, jika memang akan dikonsumsi, pilih yang tidak mengandung gula berlebihan.