Sukses

25 Makanan Jepang Populer dan Lezat, Selalu Bikin Ngiler

Liputan6.com, Jakarta Makanan Jepang sudah tak diragukan lagi kepopulerannya. Kuliner satu ini bisa ditemui di belahan dunia mana saja. Cita rasa dan penyajiannya yang khas membuat Makanan Jepang punya banyak penggemar.

Makanan Jepang disebut nihonshoku atau washoku. Makanan Jepang umumnya berbahan dasar nasi, sayuran, hingga makanan laut. Bagi kamu pencinta makanan Jepang, nama-nama makanan Jepang pasti sudah tidak asing lagi di telinga.

Cita rasa makanan Jepang juga bisa diterima dengan mudah di lidah orang Indonesia. Ini sebabnya banyak restoran yang menawarkan beragam jenis makanan Jepang. Berikut 25 makanan Jepang yang populer, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(25/1/2021).

2 dari 8 halaman

Makanan Jepang populer

Sushi

Sushi adalah makanan Jepang yang paling populer di seluruh dunia. Kata 'sushi' mengacu pada hidangan apa pun yang dibuat dengan nasi Jepang yang telah dibumbui dengan cuka beras. Nasi dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak.

Sashimi

Sashimi adalah makanan khas Jepang yang terdiri dari ikan mentah segar atau daging yang diiris tipis-tipis. Sashimi sering disantap dengan kecap asin, parutan jahe, dan wasabi.

Sukiyaki

Suki makanan Jepang atau juga dikenal dengan Sukiyaki merupakan hidangan yang berisi irisan daging sapi, sayuran, dan tahu yang direbus di sebuah panci besi. Panci ini biasanya diletakkan di tengah meja makan lengkap dengan pemanasnya. Dalam sajian Suki biasanya terdapat kuning telur mentah untuk dicelupkan ke daging sapi.

Shabu

Shabu sekilas mirip sukiyaki. Keduanya sama-sama disajikan dengan cara yang sama, direbus pada panci panas. Bedanya, shabu berisi irisan tipis daging sapi atau babi yang direbus bersama kuah kombu yang bening. Jika suki dicelupkan pada kuning telur, daging pada shabu biasanya dicelupkan ke dalam ponzu atau saus wijen.

3 dari 8 halaman

Makanan Jepang populer

Karage

Karage merupakan teknik memasak ala Jepang dengan menggoreng umumnya potongan daging, ayam, dan ikan secara deep-fried. Potongan daging ini dibumbui dengan mirin atau saus rendaman asin yang dibuat dari campuran kecap asin, bawang putih, dan jahe, kemudian dilapisi tepung terigu atau tepung kentang.

Yakitori

Yakitori memiliki arti 'ayam panggang'. Yakitori adalah sate khas Jepang yang terdiri dari potongan daging ayam yang ditusuk lalu dibakar. Potongan ayam biasanya dibumbui dengan garam atau disiram dengan saus, atau tara, anggur beras mirin, kecap, alkohol sake, dan gula.

Tempura

Makanan Jepang yang tak kalah populer adalah Tempura. Makanan ini bahkan sangat mudah dijumpai di Indonesia. Tempura adalah potongan atau irisan daging, ikan, dan / atau sayuran yang telah dibungkus dengan adonan tempura khusus dan digoreng hingga menjadi renyah dan berwarna emas pucat.

Chicken katsu

Chicken katsu, juga dikenal sebagai ayam panko, atau tori katsu adalah hidangan ayam goreng Jepang yang dibuat dengan remah roti panko. Chicken katsu biasanya disajikan dengan saus tonkatsu, saus cokelat berbasis buah vegetarian Jepang yang kental, atau saus tomat yang dibumbui.

Ebi Furai

Ebi furai merupakan makanan Jepang yang juga sangat populer di Indonesia. Ebi furai adalah olahan udang goreng tepung khas Jepang. Makanan Jepang satu ini memiliki rasa yang gurih dan biasa dinikmati bersama cocolan saus.

4 dari 8 halaman

Makanan Jepang populer

Nattō

Nattō merupakan makanan Jepang yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai. Natto memiliki aroma kuat yang mirip dengan keju berjamur, serta tekstur lengket berlendir. Nattō memiliki rasa asin dan gurih umami yang lezat.

Sup miso

Makanan Jepang populer selanjutnya adalah sup miso. Hidangan satu ini disajikan sebagai lauk dengan sarapan, makan siang, dan makan malam bergaya tradisional Jepang. Sup miso berisi kombinasi pasta miso dan kaldu dashi. Isi sup biasanya berupa makanan laut dan sayuran.

Oden

Selain sup miso, olahan berkuah lainnya yang tak kalah nikmat adalah oden. Makanan Jepang ini berisi sayuran, termasuk kue ikan olahan, kue beras mochi, telur rebus, lobak lobak, konjak ubi dan tahu. Isi sup direbus dalam kaldu ringan yang dibumbui dengan kecap dan dashi.

5 dari 8 halaman

Makanan Jepang populer

Ramen

Ramen adalah makanan Jepang berupa mi yang terdiri dari mi gandum, kaldu gurih, topping daging rumput laut nori, daun bawang, rebung, dan lain-lain. Ramen termasuk makanan Jepang favorit orang di seluruh dunia.

Udon

Olahan mi khas Jepang selanjutnya adalah udon. Udon adalah sejenis mi tepung terigu kental yang sering digunakan dalam masakan Jepang. Udon dapat disajikan dengan berbagai cara seperti dicampur ke dalam tumis, ditambahkan ke panci panas, disajikan dingin dengan basis sup tsuyu atau tentsuyu di samping untuk dicelupkan, tetapi paling sering digunakan dalam sup mie, di mana mereka disajikan dalam kaldu sup gurih.

Soba

Soba adalah salah satu dari tiga jenis mi yang paling sering dimakan di Jepang. Tidak seperti udon dan ramen, mi soba dibuat dari tepung soba. Soba dapat disajikan panas dalam sup dengan topping daun bawang, serpihan agetama tempura, kue ikan kamaboko atau mochi panggan. Soba juga bisa disantap dalam keadaan dingin dengan tambahan tsuyu, daun bawang, irisan rumput laut nori, dan wasabi.

6 dari 8 halaman

Makanan Jepang populer

Nasi kari

Nasi kari dikenal sebagai sebagai kare atau kare raisu. Kari khas Jepang berbeda dengan varietas India. Nasi kari Jepang rasanya lebih manis, teksturnya lebih kental, dan disiapkan lebih seperti rebusan. Berbagai jenis sayuran dan daging digunakan untuk membuat kari Jepang. Sayuran dasar adalah bawang bombay, wortel, dan kentang. Untuk daging, daging sapi, babi, dan ayam adalah yang paling populer.

Nasi Hayashi

Nasi Hayashi atau nasi daging sapi adalah hidangan yang populer di Jepang sebagai hidangan ala Barat atau yōshoku. Biasanya berisi daging sapi, bawang bombay, dan jamur kancing, dalam saus demi-glace kental yang sering kali berisi anggur merah dan saus tomat. Saus ini disajikan di atas atau di samping nasi kukus.

Donburi

Donburi merupakan makanan Jepang berupa rice bowl. Donburi dibuat dengan mengolah (merebus atau menggoreng) berbagai daging, ikan dan sayuran dan disajikan di atas nasi kukus dalam mangkuk besar.

Onigiri

Onigiri merupakan olahan nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat sehingga berbentuk segitiga, bulat, atau seperti karung beras. Di Jepang, onigiri merupakan bekal makan siang sewaktu piknik atau bekal di perjalanan. Nori sering digunakan untuk membungkus agar lebih mudah dimakan tanpa ada nasi yang menempel di tangan.

7 dari 8 halaman

Makanan Jepang populer

Takoyaki

Takoyaki atau "bola gurita" adalah camilan Jepang berbentuk bola yang biasanya berisi gurita cincang. Takoyaki erbuat dari adonan berbahan dasar tepung terigu dan dimasak dalam wajan bundar khusus. Takoyaki biasanya diisi dengan gurita cincang atau potong dadu, sisa tempura, acar jahe, dan daun bawang. Takoyaki merupakan makanan Jepang yang banyak ditemukan di Indonesia dalam bentuk makanan pendamping, atau camilan.

Okonomiyaki

Okonomiyaki adalah hidangan gurih Jepang yang terbuat dari adonan tepung terigu. Nama ini berasal dari kata okonomi, yang berarti "sesukamu" atau "apa yang kamu suka", dan yaki yang berarti "dimasak". Okonomiyaki adalah versi gurih dari panekuk Jepang, dibuat dengan tepung, telur, parutan kubis, dan daging, dan topping dengan berbagai bumbu.

Tamagoyaki

Tamagoyaki adalah sejenis telur dadar Jepang, yang dibuat dengan menggulung beberapa lapis telur dadar. Tamagoyaki sering disiapkan dalam wajan telur dadar persegi panjang yang disebut makiyakinabe atau tamagoyakiki.

8 dari 8 halaman

Makanan Jepang populer

Taiyaki

Taiyaki atau kue ikan adalah kue khas Jepang berbentu ikan. Bagian atas kue dipanggang terpisah dengan bagian bawah kue. Setelah kue hampir matang, keduanya disatukan dengan selai kacang merah. Kue ini juga sering diisi dengan cokelat, vla, keju, atau sosis. Taiyaki juga termasuk camilan Jepang yang banyak ditemui.

Dorayaki

Dorayaki merupakan makanan khas Jepang yang populer berkat serial Doraemon. Dorayaki termasuk ke dalam golongan kue tradisional Jepang. Kue ini bentuknya bundar sedikit tembam, dibuat dari dua lembar panekuk yang direkatkan dengan selai kacang merah.

Mochi

Makanan Jepang yang tak kalah populer adalah mochi. Mochi adalah kue beras Jepang yang terbuat dari mochigome, beras ketan japonica berbiji pendek, gula, dan tepung jagung. Beras ditumbuk hingga menjadi pasta dan dicetak menjadi bentuk yang diinginkan. Mochi memiliki rasa yang kenyal dan sering berisi kacang merah atau isian lainnya.