Sukses

11 Fungsi Microsoft Power Point, Ketahui Fitur Andalan dan Cara Menggunakannya

Fungsi Microsoft Power Point yang paling utama adalah mengolah data untuk presentasi.

Liputan6.com, Jakarta Microsoft Power Point adalah bagian dari Microsoft Office. Fungsi Microsoft Power Point yang paling utama adalah sarana presentasi. Fungsi ini sangat berguna dalam bidang pendidikan, ekonomi, bisnis, dan masih banyak lagi.

Selain digunakan untuk presentasi, fungsi Microsoft Power Point sangat berperan menjaga lingkungan loh. Produksi kertas menjadi minimal karena banyak presentasi hanya mengandalkan softfile. Power Point juga dikenal sangat memudahkan penggunanya untuk memengaruhi audiens untuk presentasi. 

Apabila sudah mengetahui fungsi Microsoft Power Point, pahami juga cara membuat presentasi dengan Power Point. Ada banyak sekali fitur andalan pada Power Point yang bisa menyingkat waktu pembuatan presentasi.

Berikut Liputan6.com ulas fungsi Microsoft Power Point, fitur andalan, dan cara menggunakannya dari berbagai sumber, Selasa (26/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Microsoft Power Point

Microsoft Power Point merupakan aplikasi presentasi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Fitur dari aplikasi yang dibuat oleh Microsoft ini cukup lengkap.

Micorosoft Power Point menjadi satu paket dengan Microsoft Office. Penggunaannya juga cukup mudah tanpa harus mengaktifkan internet.

Kelebihan Microsoft Power Point yang bisa didapatkan adalah aplikasi powerpoint ini mempunyai tampilan interface yang user friendly dan mudah digunakan oleh para pemula. Dari setiap versi powerpoint memiliki penambahan fitur yang lebih lengkap.

Untuk kekurangan Microsoft Power Point adalah karena satu paket dengan Microsoft office maka untuk menggunakan aplikasi power point harus membeli lisensinya terlebih dahulu.

3 dari 5 halaman

Fungsi Microsoft Power Point

1. Fungsi Microsoft Power Point adalah sebagai sarana untuk mempermudah melakukan sebuah presentasi.

2. Fungsi Microsoft Power Point adalah membuat materi presentasi berbentuk softcopy sehingga dapat diakses oleh berbagai perangkat gawai.

3. Fungsi Microsoft Power Point adalah memudahkan pembuatan presentasi dalam bentuk slide yang menarik dengan fitur audio, video, gambar dan animasi serta template yang akan dipergunakan.

4. Fungsi Microsoft Power Point adalah mempermudah dalam proses pemembuatan, pengaturan, dan mencetak berbagai slide.

5. Fungsi Microsoft Power Point adalah memberikan materi pembelajaran agar mudah dipahami pendengar atau audiens.

6. Fungsi Microsoft Power Point adalah membuat bahan presentasi lebih hemat karena menggunakan softcopy dan tidak boros kertas.

7. Fungsi Microsoft Power Point adalah menuturkan sebuah cerita menjadi lebih sederhana dan mudah dipahami audiens.

8. Fungsi Microsoft Power Point adalah memengaruhi audiens atau pendengar dengan suatu gagasan teks, audio, dan visual.

9. Fungsi Microsoft Power Point adalah memotivasi dan menginspirasi audiens agar tujuan penyampaian gagasan bisa lebih mudah dimengerti.

10. Fungsi Microsoft Power Point adalah membuat audiens atau pendengar bisa mencetuskan ide atau gagasan baru sesuai keinginan yang melakukan presentasi.

11. Fungsi Microsoft Power Point adalah menyampaikan permasalahan, solusi, dan cara kerja menjadi lebih sederhana.

4 dari 5 halaman

Fitur Andalan Microsoft Power Point

Slide Master

Cara membuat power point dengan fitur yang satu ini dapat membuatmu lebih hemat waktu. Slide Master adalah fitur yang menjaga konsistensi elemen-elemen slide seperti gaya tulisan (font), warna latar belakang slide, gambar, dan lain-lain.

Fitur ini membuat pengguna tak perlu mengeluarkan energi lebih untuk menyunting setiap slide secara satu per satu karena sudah seragam dari awal. Cara membuat power point dengan fitur ini dapat ditemukan di menu “view” dengan detail.

Morph

Cara membuat Power Point dengan Morph dapat ditemukan di seri Microsoft PowerPoint 2016 ke atas. Fitur ini bekerja untuk mengubah teks, gambar, bahkan bentuk 3D menjadi animasi. Hasil yang ditampilkan membuat slide menjadi lebih hidup dan menarik.

Aksesibilitas

Cara membuat Power Point dengan fitur yang satu ini tersedia di seri Microsoft Power Point 2016 ke atas. Sebelum mengirim dokumen presentasi, fitur ini akan membantu pengguna menemukan kesalahan pada presentasi.

Sehingga dapat disunting kembali dengan lebih mudah. Selain menyebutkan kesalahan, fitur ini juga menyiapkan alasan mengapa pengguna harus memperbaiki dokumen presentasi.

Insert

Beberapa pekerjaan membutuhkan presentasi yang lebih banyak berisi foto-foto, misal arsitek ketika menampilkan rancangan bangunan. Jika seperti itu, pengguna bisa membuat kumpulan foto di Power Point.

Caranya, yaitu arahkan kursor ke menu “insert”, lalu klik “image group”, kemudian buat album. Semua foto terpilih otomatis akan masuk ke slide. Mudah sekali bukan?

Theme Custom

Theme custom dari Power Point. Tentunya Microsoft memiliki tema built-in yang bisa pakai secara gratis. Tetapi jika pengguna bosan dan ingin beda, pengguna bisa gunakan tema premium ataupun tema gratis dari web penyedia tema Power Point.

Tema-tema yang ada selain pada Power Point mengandung banyak gagasan. Tidak hanya sekedar seperangkat warna dan font pilihan yang menarik, tema-tema ini juga hadir dengan gagasan untuk desain slide.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Presentasi dengan Microsoft Power Point

Menguasai Materi

Cara membuat presentasi dengan Microsoft Power Point yang pertama adalah menguasai materi yang akan disampaikan. Untuk bisa mencapai hal tersebut maka pengguna harus membaca dan mempelajari materi terlebih dahulu.

Menentukan Kata Kunci

Cara membuat presentasi dengan Microsoft Power Point yang kedua adalah menentukan kata kunci. Setelah materi dikuasai, buatlah rangkuman dari materi. Tujuannya untuk memudahkan kamu dalam mengingat hal penting yang akan disampaikan.

Poin tersebut biasanya berupa kata kunci yang dapat membantumu dalam mengingat dan menjelaskan materi secara singkat dan padat. Tujuan utama dari power point adalah menyampaikan "poin" maka sorotlah inti dari materi tersebut.

Menentukan Desain

Cara membuat presentasi dengan Microsoft Power Point yang ketiga adalah menentukan desain menarik. Carilah inspirasi desain power point agar bisa memiliki gambaran bagaimana bentuk desain yang akan dibuat.

Inspirasi desain bisa didapatkan dari internet atau beberapa situs web misalnya, pinterest.com, canva.com, weheartit.com, pptwork.com, dan lain sebagainya. Jika sudah cocok, tinggal unduh dan edit, bisa juga langsung membuatnya sendiri.

Perhatikan Isi dan Tata Letak

Cara membuat presentasi dengan Microsoft Power Point yang keempat adalah memperhatikan isi dan tata letak. Pastikan isi presentasi mudah dipahami dengan font, warna, dan background yang sudah dipilih. Letakkan secara sederhana agar mudah dipahami audiens.

Sesuaikan Ukuran Slide

Cara membuat presentasi dengan Microsoft Power Point yang kelima adalah menyesuaikan ukuran slide. Ketika membuka Microsoft PowerPoint, pasti terlihat tampilan slide berukuran 4:3.

Ubah ukurannya dengan cara arahkan kursor ke menu “file”, lalu pilih “page setup”, ketik tinggi dan lebar slide yang diinginkan, terakhir klik “ok”. Maka dengan begitu ukurannya akan berubah sesuai keinginan dan siap diisi dengan informasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini